10 Rekomendasi Situs Jurnal Internasional Yang Terpercaya

Bagi yang sedang menyusun peran selesai, karya ilmiah, ataupun riset lainnya, tumpuan yang relevan dan terpercaya sangatlah diharapkan untuk memperkuat argumen dalam penelitian. Referensi tersebut bisa bersumber dari buku, skripsi, tesis, disertasi, jurnal dan lain sebagainya.

Jurnal kerap dijadikan pilihan untuk mencari acuan sebab alurnya yang ringkas, topiknya yang lebih bermacam-macam serta up to date. Namun sayangnya, terkadang ada beberapa topik yang belum ter-cover oleh jurnal nasional.

Jika topik yang kalian butuhkan tidak mampu ditemukan di jurnal nasional, maka jurnal internasional bisa menjadi solusi. Lantas, situs apa saja yang dapat dipakai untuk mencari jurnal internasional? Berikut yakni 10 rekomendasi situs jurnal internasional terpercaya yang mampu dijadikan sumber tumpuan.

1. Sage Journal

Sage Journal

* sumber: us.sagepub.com

SAGE Journal merupakan salah satu situs yang menyediakan publikasi jurnal internasional. Web ini sudah mempublikasi lebih dari 1000 jurnal dari aneka macam disiplin ilmu, mulai dari humaniora hingga ilmu kesehatan.

Sage Journal juga memiliki fitur SAGE Open yang membuat kamu dapat mengakses jurnal internasional secara cuma-cuma. Semua jurnal yang terdapat SAGE Journal mematuhi high production standards dan sudah sesuai dengan peer review policy untuk jurnal. Sehingga, jurnal yang dipublikasi oleh SAGE Journal sudah dipastikan kredibel dan terpercaya.

2. JSTOR

JSTOR

* sumber: journal.ipb.ac.id

JSTOR merupakan platform perpustakaan digital yang menyediakan lebih dari 12 juta koleksi dari 75 kategori disiplin ilmu. Koleksi dari JSTOR mencakup jurnal internasional yang diproses dalam peer-review, jurnal literatur terpercaya, monografi akademik, laporan penelitian dari institusi terpercaya dan sumber acuan primer. Sehingga, kredibilitas jurnal yang disediakan oleh JSTOR tidak perlu dipertanyakan lagi.

JSTOR menyediakan kanal jurnal dengan harga yang terjangkau dan juga secara gratis kepada lebih dari 1500 institusi di dunia. Makara, kalau institusi kamu bekerjasama dengan JSTOR, kamu bisa lebih gampang mencari sumber rujukan di JSTOR.

Namun, jikalau institusi kamu tidak berafiliasi dengan JSTOR, kau tidak perlu khawatir. Karena, JSTOR menyediakan individual account, sehingga kau bisa membaca 3 jurnal artikel selama 30 hari. Selama pandemi Covid-19, JSTOR mendukung para peneliti dengan menambahkan jumlah artikel yang bisa di akses menjadi 6-100 artikel hingga dengan tanggal 30 Juni 2020.

3. ScienceDirect

ScienceDirect

* sumber: ntelt.com

ScienceDirect merupakan situs yang menyediakan online resources untuk keperluan riset. Hingga dikala ini, ScienceDirect sudah memiliki koleksi sampai lebih dari 16 juta artikel ilmiah dan 1,2 juta di antaranya temasuk artikel open access, 2500 jurnal, 250 jurnal dengan full open access dan 39.000 buku.

Semua riset open access yang dipublikasikan oleh ScienceDirect sudah melalui proses peer-reviewed. Sehingga, pengguna dapat mengakses penelitian yang relevan dan terpercaya dengan bebas.

Meskipun rata-rata koleksi penelitian yang dimiliki ScienceDirect ialah penelitian dibidang teknik ataupun medikal, namun koleksi penelitian ihwal ilmu sosial dan humaniora yang mereka sediakan juga cukup banyak.

4. ProQuest

ProQuest

* sumber: www.proquest.com

ProQuest merupakan platform yang menyediakan layanan jalan masuk banyak sekali sumber penelitian ilmiah yang mampu dipakai untuk para akademisi, institusi maupun peneliti dari banyak sekali macam bidang ilmu pengetahuan.

Koleksi dari ProQuest mencakup disertasi, tesis, ebook, jurnal ilmiah, arsip surat kabar, koleksi sejarah berbentuk digital dari museum serta perpustakaan dan masih banyak lagi. Hingga kini koleksi tersebut diestimasi mencapai 6 miliar digital pages.

Selain itu, ProQuest juga menyediakan fitur open access, yaitu PQDT Open. Layanan ini mampu menunjukkan kamu kebebasan untuk mengakses tesis dan disertasi dengan gratis.

5. Taylor & Francis

Taylor & Francis

* sumber: www.neliti.com

Taylor & Francis Group menyediakan dua layanan, yaitu publikasi buku serta jurnal ilmiah yang mampu memfasilitasi kau untuk mendapatkan referensi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Taylor & Francis eBooks menyediakan jalan masuk ebook untuk banyak sekali macam bidang ilmu pengetahuan.

Lalu, Taylor & Francis Online merupakan database untuk mengakses berbagai jurnal ilmiah. Semua jurnal yang mereka publikasikan sudah melalui peer-reviewed yang dibawahi oleh Routledge dan Taylor & Francis. Selain itu, mereka juga menyediakan full open access juga.

6. Springer

Springer

* sumber: www.springernature.com

Springer merupakan perusahaan penerbit global yang menyediakan buku, ebook, jurnal ilmiah dalam berbagai bidang mulai dari sains hingga ilmu sosial. Springer dapat diakses oleh akademisi, institusi, korporasi atau siapapun yang membutuhkan tumpuan yang berkualitas.

Springer merupakan salah satu penyedia koleksi ebook dan arsip jurnal terbaik terutama dalam bidang STM (Science, Technology and Medicine) dan HSS (Hospital for Special Surgery). Hingga ketika ini koleksi Springer tercatat sudah mencapai lebih dari 2.900 jurnal dan 300.000 buku. Selain itu, mereka juga turut menyediakan open access baik untuk jurnal maupun buku.

7. Directory of Open Access Journals

Directory of Open Access Journals

* sumber: www.mgi.esdm.go.id

DOAJ atau Directory of Open Access Journals ini didirikan pada tahun 2003 di Universitas Lund, Swedia. Mereka menyediakan database open access journal yang meliputi berbagai macam subjek ilmu pengetahuan, seperti sains, teknologi, medis, ilmu sosial sampai humaniora.

Semua jurnal yang terindeks di sini merupakan jurnal yang sudah di peer-reviewed, berkualitas dan terpercaya. Directory of Open Access Journals hingga kini tercatat memiliki koleksi artikel ilmiah sebanyak 4,8 juta dan sekitar 14.500 jurnal yang mampu diakses secara bebas.

8. EBSCO

EBSCO

* sumber: www.ebsco.com

EBSCO menyediakan layanan untuk mengakses database riset ilmiah, ejurnal, ebook, disertasi dan publikasi lainnya. Selama 70 tahun mereka sudah berhubungan dengan berbagai perpustakaan untuk menyebarkan kualitas konten riset yang mereka sediakan. Sehingga, pengguna mampu mencari data atau gosip yang mereka inginkan dengan maksimal.

Selain itu, mereka juga menunjukkan open access di mana pengguna dapat mengakses riset-riset ilmiah terbaik dengan bebas. Riset-riset yang sudah terindeks di sini merupakan riset peer-reviewed dari berbagai disiplin ilmu. Sehingga, riset yang mereka sediakan sudah pasti terpercaya.

9. Wiley Online Library

Wiley Online Library

* sumber: www.wiley.com

Wiley Online Library menyediakan kanal database riset ilmiah, jurnal, ebook dan publikasi lainnya agar penggunanya mampu membaca dan menerima berita yang mereka butuhkan untuk menguatkan data atau riset mereka. Di sini tersedia online resources dari berbagai ilmu pengetahuan, seperti ilmu kesehatan, sains, ilmu sosial, humaniora dan lain-lain.

Tercatat sampai sekarang, Wiley Online Library sudah bekerja sama dengan 850 ilmuwan dari bidang sains dan sosial dan sudah menyediakan 7,5 juta artikel ilmiah, 1.600 jurnal, lebih dari 21.000 ebook dan online resources lainnya. Mereka juga menyediakan fitur open access yang dapat memudahkan para pengguna untuk mengakses peer-reviewed jurnal secara cuma-cuma.

10. Emerald

Emerald

* sumber: www.alumni.cam.ac.uk

Emerald Publishing merupakan global publisher yang menerbitkan jurnal ilmiah dan buku dari banyak sekali bidang ilmu pengetahuan. Selain itu, mereka juga menyediakan layanan Emerald Insight di mana pengguna dapat mengakses lebih dari 255.000 artikel, 300 jurnal, 3000 buku serta studi masalah.

Tidak hanya itu, mereka juga memberikan fitur open access baik untuk jurnal maupun buku. Semua penelitian yang tersedia di open access sudah melalui proses peer-reviewed, semoga memastikan seluruh kontennya berkualitas dan relevan.

Nah, itu ia 10 rekomendasi situs jurnal internasional yang dapat kau jalan masuk baik untuk memperkuat penelitian ataupun untuk menerima ilmu baru. Semoga bahasan ini bisa membantumu menyelesaikan peran-tugas yang sedang kau kerjakan ya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online