10 Rekomendasi Game Wii Terbaik Yang Mesti Dimainkan

Nintendo Wii hadir menjadi penerus dari seri terdahulunya, adalah Nintendo GameCube. Konsol ini telah bersaing dengan PlayStation dan Xbox sebagai platform video game yang sering dimainkan. Berbeda dari dua konsol tersebut, Wii lebih berfokus pada pengalaman dalam bermain dibandingkan dengan grafis beresolusi tinggi.

Konsol ini lalu memiliki joystick dengan sebutan Wiimote sebagai ciri khas yang tidak dimiliki oleh platform video game saingannya. Nintendo Wii mempunyai game-game unik yang mungkin sudah kalian kenal sebelumnya. Mereka di antaranya yaitu Mario Bros, Donkey Kong, Rayman, The House of the Dead, dan masih banyak lagi.

Meskipun era kejayaan Wii telah lewat, namun bagi sebagian gamer, konsol ini menghadirkan pengalaman bermain yang tak terlupakan. Untuk mengingat kembali romantisme tersebut, Carisinyal akan menunjukkan rekomendasi game terbaik dari Nintendo Wii. Berikut ialah ulasan lengkapnya.

1. Donkey Kong Country Returns (2010)

Donkey Kong Country Returns

* sumber: www.covercentury.com

Dalam game ini dikisahkan bahwa sekelompok makhluk jahat berjulukan Tikis yang berasal dari Suku Tiki Tak tiba di Pulau Donkey Kong. Di sana, mereka melakukan kejahatan dengan menghipnotis hewan-binatang untuk mencuri pisang.

Karena hal tersebut, Donkey Kong meminta pinjaman sahabatnya, Diddy Kong untuk mengambil kembali semua pisang yang telah dicuri. Para pemain selanjutnya mengendalikan Donkey Kong yang menjadi karakter utama di game ini. Selama permainan berlangsung, ia tentunya akan dibantu oleh Diddy Kong dalam situasi tertentu.

Donkey Kong Country Returns tetap menghadirkan kontrol klasik mirip berayun di antara flora merambat dan mencari serpihan puzzle The Golden Kong.

Permainan yang satu ini lalu mendapatkan respon yang baik secara kritik maupun finansial. Donkey Kong Country Returns telah terjual lebih dari 6,53 juta keping di seluruh dunia, dan menjadikannya sebagai salah satu game terlaris yang ada di Wii.

2. Xenoblade Chronicles (2010)

Xenoblade Chronicles

* sumber: steamcommunity.com

Xenoblade Chronicles memperlihatkan prosedur gameplay action role-playing video game (RPG), di mana para pemain mampu mengontrol satu aksara dalam sebuah kelompok yang terdiri dari tiga prajurit. Untuk mengendalikannya, pemain mampu memakai Wii Remote atau Classic Controller yang terdapat di Nintendo Wii ini.

Selain itu, game ini juga menggunakan konsep open world, dan pemain dapat menjelajahi peta yang tersedia di dunia Xenoblade Chronicles. Ada siklus waktu siang dan malam yang dapat menghipnotis peristiwa dalam permainan. Berhati-hatilah di malam hari, sebab tak jarang berbagai musuh-musuh yang kuat bermunculan.

Dalam game ini, pemain mengendalikan seorang ilmuwan muda yang tinggal di Colony 9 Bionis berjulukan Shulk. Ia yakni pemilik sebuah pedang bernama Monado. Dirinya bersama temannya, Reyn, berjuang bantu-membantu untuk berperang melawan pasukan tentara Mechonis.

3. New Super Mario Bros Wii (2009)

New Super Mario Bros Wii

* sumber: www.icollectmedia.com

Ini yakni sebuah game klasik yang tentunya hampir semua orang pernah memainkannya. Dalam versi Wii ini, para pemain akan diajak berpetualang di delapan dunia untuk melawan kaki tangan King Koopa demi menyelamatkan Putri Peach.

Para pemain pastinya dapat mengendalikan Mario dan harus menyelesaikan banyak sekali level dengan rintangan berbahaya. Game ini juga memperlihatkan fitur multiplayer yang mampu dimainkan sampai empat orang. Pemain dapat menentukan Mario, Luigi, dan dua jamur humanoid berwarna warni yang berjulukan Toad.

Seperti game Mario Bros pada umumnya, kamu dapat mengumpulkan koin emas untuk menerima nyawa embel-embel. Selain itu, Super Mushroom membuat Mario menjadi lebih besar, sedangkan Mini Mushroom akan membuatnya mengecil.

Terdapat juga Bunga Api yang dapat dipakai sebagai senjata api, dan Bunga Es yang memberi kemampuan untuk menembakkan bola-bola es yang membekukan musuh.

4. The Legend of Zelda: Skyward Sword (2011)

The Legend of Zelda

* sumber: www.gametdb.com

Skyward Sword merupakan edisi pertama dari seri game The Legend of Zelda. Dalam game ini, pemain berperan sebagai seorang cowok bernama Link. Ia yaitu penduduk dari sebuah kota terapung yang disebut dengan Skyloft.

Link mempunyai misi untuk menyelamatkan sahabat masa kecilnya, Zelda, yang telah diculik dan disekap di ruang bawah tanah Skyloft. Di game ini, pemain akan dihadapkan dengan monster-monster, puzzle, eksplorasi dungeon, dan tentunya akan berada dalam situasi boss battle.

Selama permainan berlangsung, pemain akan dibekali sebuah senjata yang disebut dengan The Goddess Sword, dan dibantu oleh sosok roh berjulukan Fi. Pedang tersebut memiliki kemampuan khusus, adalah mampu menawarkan karakteristik musuh sekaligus kelemahannya.

5. The House of the Dead: Overkill (2009)

The House of the Dead

* sumber: vistapointe.net

Game klasik tembak menembak zombie memang sangat seru untuk dimainkan. Salah satu yang menjadi rekomendasi ialah The House of the Dead: Overkill. Di sini pemain akan berperan menjadi Agen G ataupun seorang detektif pemabuk berjulukan Isaac Washington.

Sama seperti edisi sebelumnya, game ini tetap mengusung prosedur first-person rail shooter gun. Pergerakan abjad telah ditentukan, akibatnya pemain hanya cukup menggerakan dan membidik senjata untuk ditembakan kepada zombie dan makhluk mengerikan lainnya.

Setelah dirilis, The House of the Dead: Overkill menerima tanggapan yang umumnya menguntungkan dari para kritikus, dengan skor ulasan rata-rata 81% di GameRankings dan 79 di Metacritic.

6. Muramasa: The Demon Blade (2009)

Muramasa

* sumber: www.covercentury.com

Muramasa: The Demon Blade mengambil insiden selama Periode Edo di Pulau Honshu, Jepang. Di waktu tersebut, hiduplah shogun Tokugawa Tsunayoshi yang tamak akan kekuasaan. Ia memiliki sebilah pedang samurai iblis yang dipakai untuk membunuh lawan-lawannya. Selanjutnya, dalam game ini pemain mampu menentukan dua abjad utama, adalah Momohime dan Kisuke.

Momohime yakni seorang wanita yang dirasuki oleh r┼Źnin Jinkuro Izuna yang penuh dengan dendam. Sedangkan, Kisuke merupakan ninja yang terkena amnesia. Dirinya sedang dalam pelarian sebab kejahatannya yang terhubung dengan keluarga Momohime.

Dalam game ini, keduanya dipersenjatai dua bilang pedang, yaitu Blade (Katana), dan Long Blade (Nodachi). Katana sendiri sangat cepat untuk dipakai untuk bertempur, sedangkan Nodachi dapat menghasilkan kerusakan yang lebih tinggi untuk musuh.

7. Silent Hill: Shattered Memories (2009)

Silent Hill

* sumber: www.gametdb.com

Silent Hill: Shattered Memories yakni sebuah game survival horror yang merupakan remake dari edisi pertamanya di PlaySation 1. Dikisahkan bahwa Harry Mason pergi menuju Kota Silent Hill untuk menemukan putrinya yang hilang di sana. Meski mengambil premis yang sama, alur ceritanya diubah sehingga berbeda dari sebelumnya.

Game ini membagi gameplay-nya dalam dua mode yang berbeda. Di bab pertama pemain diajak untuk masuk dalam prosedur first person dengan latar daerah berada di sebuah kantor psikoterapis. Di sini, pemain akan menyelesaikan tes psikologis yang hasilnya akan besar lengan berkuasa kepada mode kedua di permainan selanjutnya.

Di bagian kedua, pemain memakai prosedur over the shoulder dan mulai melaksanakan penjelajahan di Kota Silent Hill untuk menemukan anaknya. Layaknya game survival horror, pemain tentunya akan dihadapkan dengan misteri-misteri dan makhluk-makhluk seram yang menyelimuti kota tersebut.

8. Rayman Origins (2011)

Rayman Origins

* sumber: www.gametdb.com

Permainan ini memakai konsep gameplay side-scrolling platform video game yang sama mirip seri terdahulunya. Game ini berfokus kepada Rayman, Globox dan dua temannya yang berusaha melawan Darktoons beserta pasukannya sebab sudah menginfeksi Glade of Dreams.

Rayman Origins mampu dimainkan sampai empat orang yang bisa masuk kapan saja. Pemain nantinya dapat memilih untuk mengendalikan Rayman, Globox, atau dua aksara lainnya yang disebut dengan Teensi.

Pemain melakukan perjalanan di setiap levelnya dengan melawan musuh dan menyelamatkan Electoons yang dipenjara. Saat permainan berlangsung, pemain menerima kemampuan baru mirip berlari menaiki tembok, meluncur di udara, berenang dan menyusut untuk mencapai area baru. Pemain juga dapat mengendarai nyamuk yang mampu menembak musuh.

9. Sin & Punishment: Star Successor (2009)

Sin & Punishment

* sumber: www.covercentury.com

Game ini yakni sekuel langsung dari Sin & Punishment lawas yang telah rilis di konsol Nintendo 64. Latar ceritanya pun terjadi bertahun-tahun sesudah peristiwa yang ada di game pertamanya. Star Successor berfokus pada aksara Isa Jo, putra dari Saki dan Airan, serta seorang perempuan muda misterius berjulukan Kachi.

Selain tembak menembak, pemain juga dapat menggunakan pedang yang mampu memperlihatkan kerusakan parah pada musuh dalam jarak dekat. Selain itu, pemain juga bisa memakai serangan charge yang bisa menghasilkan damage yang sangat besar. Namun, membutuhkan waktu cool down yang usang jikalau ingin menggunakannya kembali.

Sin & Punishment: Star Successor menerima pujian secara kritik dengan nilai 87 pada Metacritic, dan 85,86% di GameRankings. Situs IGN dari UK (United Kingdom) memuji game ini dengan menunjukkan nilai 9,2/10.

10. Super Mario Galaxy 2 (2010)

Super Mario Galaxy 2

* sumber: www.covercentury.com

Plot Super Mario Galaxy 2 berfokus pada Mario yang mengejar Raja Koopa ke luar angkasa karena telah memenjarakan Putri Peach. Selain itu, Raja Koopa juga sudah mengambil kendali alam semesta dengan memakai Power Stars dan Grand Stars. Karena hal itu Mario mesti melintasi berbagai galaksi di alam semesta untuk memulihkan Power Stars dan menyelamatkan Putri Peach.

Pemain nantinya dapat mengendalikan Mario atau Luigi secara opsional. Gameplay permainan ini hampir seperti dari seri-seri Mario Bros pada umumnya. Para pemain nantinya akan berada di sebuah platforming planet 3D dengan beragam tema, ukuran, lanskap, dan iklim.

Para pemain diharuskan mengumpulkan Power Stars yang didapatkan sesudah menyelesaikan level di setiap permainannya. Setelah itu, bintang tersebut dapat dipakai sebagai saluran menuju level permainan selanjutnya.

Nah, untuk kau yang ingin memiliki pengalaman gres dalam bermain video game, daftar rekomendasi game Wii terbaik di atas bisa menjadi permainan baru yang mampu kamu coba. Jika kamu punya kenangan seru saat bermain di konsol Nintendo Wii, jangan sungkan untuk berbagi dongeng di kolom komentar ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online