10 Rekomendasi Game Psp Terbaik Untuk Dimainkan Kembali

Jika kalian sudah bermain video game lebih dari satu dekade, kemungkinan besar kalian mengingat keberadaan game konsol portabel keluaran Sony, adalah PlayStation Portable atau PSP. Bagaimana tidak, PSP laris manis di pasaran hingga berhasil terjual sebanyak lebih dari 80 juta unit. Namun sayangnya, produksi PSP tidak boleh pada tahun 2014 dan digantikan dengan generasi baru, yakni PlayStation Vita.

Bagi yang ingin memainkan kembali game-game yang ada di PSP, kalian tidak perlu khawatir, karena game PSP dapat dimainkan di PC maupun Android lewat emulator. Nah, untuk mengenang kembali game epik yang ada di PSP, kami sudah merangkum 10 game PSP terbaik khusus untuk kalian. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak ulasannya!

1. Gran Turismo

Gran Turismo

* sumber: www.gran-turismo.com

Jika kalian sudah menjadi gamer dari awal tahun 2000an, kalian sudah niscaya hafal dengan game balap legendaris Gran Turismo. Game racing ini debut di PSP pada tahun 2009 dan mereka berhasil meraih total penjualan sampai 4,66 juta kopi. Tak heran, jika game ini menjadi salah satu game racing PSP terbaik.

Gran Turismo versi PSP ini dilengkapi dengan lebih dari 800 mobil serta 35 total track balap. Tidak seperti Gran Turismo lainnya, versi PSP ini tidak disertai career-based racing mode. Mereka justru menunjukkan open-ended style di mana pemain akan memilih mobil, track, level lawan, jumlah lap yang diinginkan.

Dengan demikian, mode permainan yang disediakan di PSP ini mencakup time trials, race atau drift mode challenge. Dalam challenge mode pemain harus menuntaskan berbagai macam challenge dengan mobil, track dan juga waktu yang sudah ditentukan.

2. Daxter

Daxter

* sumber: jakanddaxter.fandom.com

Game Dexter dari PSP ini merupakan spin-off dari multi million-selling Jak and Daxter series. Daxter sendiri merupakan 3D platform game di mana pemain akan memainkan abjad berjulukan Daxter yang merupakan seekor ottsel sekaligus bugs exterminate yang mencari temannya Jak yang ditangkap oleh Krimzon Guard.

Game yang satu ini mempunyai gameplay yang cukup praktis. Untuk menyelesaikan misinya, Daxter dapat menggunakan electric bug swatter dan dilengkapi juga dengan spray gun sebagai senjatanya untuk menyerang musuh. Dia juga dapat mengendarai beberapa kendaraan yang disebut Betsy, Service Zoomer, Ranger Zoomer serta Scooter.

3. Ratchet & Clank: Size Matters

Ratchet & Clank Size Matters

* sumber: ratchet-galaxy.com

Rekomendasi selanjutnya datang dari salah satu seri Ratchet & Clank, yaitu Ratchet & Clank: Size Matters. Game ini dirilis di PSP pada tahun 2007 dan satu tahun lalu dia juga dirilis untuk PS2.

Game ini mengisahkan Ratchet & Clank yang diharuskan mencari seorang gadis kecil yang diculik di tengah-tengah abad liburan mereka. Lalu, mereka dikejutkan dengan ras robot bakir terlupakan, adalah Technomites.

Game ini merupakan game agresi petualangan dengan memadukan elemen shooting, role-playing, memecahkan teka-teki serta racing. Sesuai dengan nama seri game ini, d isini terdapat fitur Shrink Ray, sehingga Ratchet dan Clank dapat mengecil agar mereka mampu masuk ke beberapa area. Selain itu, terdapat juga Shocker dan Agents of Doom yang merupakan senjata yang dapat digunakan untuk melawan musuh.

4. God of War: Chains of Olympus

God of War Chains of Olympus

* sumber: www.pinterest.com.au

Video game God of War: Chains of Olympus untuk PSP ini dikembangkan oleh Ready at Dawn Studios pada tahun 2008. Ini merupakan seri pertama yang dirilis untuk PSP, sedangkan seri yang kedua yaitu Ghost of Sparta yang merupakan prequel dari Chains of Olympus.

Dalam game ini, pemain akan memainkan pemain film utama, yakni Kratos. Alur cerita dari game ini mengambil dari setting waktu jauh sebelum pertempuran Ares dan Kratos. Di sini ia diperintahkan oleh para ilahi untuk melakukan perjalanan menuju dunia bawah. Di sana beliau akan menghadapi makhluk-makhluk dari mitologi Yunani.

Game yang menggabungkan dongeng mitologi Yunani ini mendapatkan skor 91 dari MetaCritic. Tidak hanya itu, total penjual game ini bahkan mencapai lebih dari 3,2 juta kopi. Sehingga, God of War: Chains of Olympus ini layak menjadi salah satu game terbaik di PSP.

5. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis Core Final Fantasy VII

* sumber: www.hookedgamers.com

Crisis Core Final Fantasy VII ini merupakan jenis permainan agresi RPG atau Role-Playing Game yang dikembangkan oleh Square Enix untuk PlayStation Portable. Game ini merupakan prequel dari Final Fantasy VII sekaligus entri keempat dari kompilasi Final Fantasy VII.

Tokoh utama dari Crisis Core Final Fantasy VII adalah Zack Fair yang merupakan member dari SOLDIER yang bekerja untuk Shinra Electric Power Company. Dalam game ini, Zack ditugaskan untuk mencari anggota SOLDIER lainnya, yaitu Genesis Rhapsodos. Misi yang Zack jalani ini diwarnai dengan perang dan juga pengkhianatan.

Role-Playing Game dengan story line yang menarik ini bisa menarik perhatian para gamer hingga total penjualan dari game ini mencapai lebih dari 3 juta kopi. Hal ini menciptakan Crisis Core Final Fantasy VII menjadi salah satu game PSP paling laku.

6. Metal Gear Solid: Peace Walker

Metal Gear Solid Peace Walker

* sumber: metalgear.fandom.com

Metal Gear Solid: Peace Walker merupakan game PSP dengan genre action-adventure dari serial populer Metal Gear Solid. Game Metal Gear Solid ketujuh ini ber-setting pada tahun 1974, 10 tahun sesudah insiden di Metal Gear Solid 3: Snake Eater dan 4 tahun sesudah kejadian Metal Gear Solid: Portable Ops.

Kisah dari game ini berawal dari pasukan tentara tak dikenal yang mencoba mengambil alih Kosta Rika yang merupakan negara tanpa kekuatan militer. Sehingga, Kosta Rika meminta sumbangan kepada “Naked Snake” alias “Big Boss” dan pasukan militernya untuk menyelamatkan negaranya.

Tidak hanya jalan ceritanya yang menarik, game ini juga menyediakan fitur CO-OPS atau Cooperative Operation gameplay. Dengannya pemain mampu berinteraksi dengan pemain lainnya serta membuatkan item, peralatan dan LIFE saat sedang bertempur. Selain itu terdapat juga fitur Snake Formation di mana satu pemain akan menjadi lead sedangkan pemain lainnya akan fokus dalam pertahanan.

7. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

Shin Megami Tensei Persona 3 Portable

* sumber: megamitensei.fandom.com

Daftar selanjutnya tiba dari role playing video game dari series franchise ternama Persona ialah Shin Megami Tensei: Persona 3. Dalam game yang dikembangkan oleh Atlus ini pemain dapat menentukan karakter protagonis wanita maupun laki-laki.

Keduanya merupakan bagian dari Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES) yang merupakan perkumpulan sekolah rahasia yang berisi murid yang menginvestigasi pada waktu Dark Hour. Dark Hour merupakan waktu “tersembunyi” yang terjadi selama 1 jam sesudah pukul 24:00 sebelum hari berikutnya

Sebagai anggota dari perkumpulan rahasia itu, pemain akan menghadapi makhluk mengerikan yang mengintai dan memangsa orang-orang yang berkeliaran pada waktu tersebut. Untuk melawan makhluk tersebut pemain akan dibekali senjata serta kemampuan sihir.

Dalam versi ini, pemain mampu menentukan tingkat kesulitannya, mulai dari level beginner, easy, normal, hard sampai maniac. Selain itu, terdapat juga fitur untuk mengontrol teammates secara langsung dikala bertarung.

8. Tekken: Dark Resurrection

Tekken Dark Resurrection

* sumber: tekken.fandom.com

Serial game pertarungan legendaris Tekken ini rilis untuk PSP pada tahun 2006. Dalam seri kelima ini, pemain mampu berkesempatan untuk memainkan karakter gres dan juga abjad usang yang muncul kembali, mirip Armor King II, Lili dan juga Sergei Dragunov. Sehingga, total pemain yang mampu dimainkan di sini mencapai 30 karakter.

Tidak hanya itu, dalam versi PSP juga terdapat mode baru, adalah Tekken Dojo. Di sini pemain akan menentukan aksara yang akan dimainkan dan bertarung dengan banyak sekali huruf “Ghost” dalam rank battle. Jika pemain memenangkan pertandingan, pemain akan meningkatkan ranking serta mendapatkan terusan untuk dojo selanjutnya.

Yang paling menarik dalam Tekken 5 ini yakni adanya fitur yang memungkinkan pemain untuk customize huruf yang ia inginkan. Mengikuti jejak sukses dari seri-seri sebelumnya, Tekken: Dark Resurrection di PSP juga mengantongi total penjualan yang cukup tinggi, mencapai 2,2 juta kopi.

9. Monster Hunter Series

Monster Hunter Series

* sumber: www.pinterest.ch

Game serial Monster Hunter ini layak untuk disebut sebagai salah satu game serial terbaik di PSP. Bagaimana tidak, dua dari serial game ini berhasil masuk jajaran 10 besar game PSP dengan penjualan tertinggi. Total penjualan dari Monster Hunter Freedom 3 mencapai 4,87 juta, sedangkan Monster Hunter Freedom Unite berhasil terjual hingga 5,47 juta kopi.

Game yang dikembangkan oleh Capcom ini merupakan action game dengan tema fantasi. Pemain akan mengambil peran sebagai pemburu yang menangkap atau membunuh monster sebagai bagian dari misi utamanya. Setiap menuntaskan misi, pemain akan menerima reward yang dapat dipakai untuk upgrade senjata atau item sebagai bekal untuk melawan monster yang lebih kuat.

10. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto

* sumber: www.rockstargames.com

Franchise game open-world crime ternama ini menuai kesuksesan besar di PlayStation Portable. Hal ini dibuktikan dengan Liberty City Stories ini meraup total penjualan sampai 8 juta dan Vice City Stories berhasil terjual sampai lebih dari 5 juta kopi. Sedangkan Chinatown Wars masuk dalam jajaran game PSP terbaik sepanjang abad versi MetaCritic.

Gameplay pada game ini fokus pada open world di mana pemain akan memainkan suatu aksara yang nantinya akan mengikuti serangkaian misi untuk menyelesaikan alur dongeng dari setiap serinya. Selain mengikuti misi utama, pemain juga diberikan kebebasan untuk melakukan apapun, seperti mencuri kendaraan, menembak dan lain sebagainya.

Nah, itu beliau 10 ulasan game PSP terbaik yang mampu dimainkan kembali baik di PSP usang kalian maupun di PC dan Android. Bagaimana? Apakah ada game favorit kalian di atas? Semoga bahasan ini bisa membantu kalian bernostalgia dengan kala kejayaan dan keseruan PSP.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online