10 Rekomendasi Game Ps Vita Terbaik Yang Bikin Ketagihan!

Kamu gres saja membeli PlayStation Vita dan tidak tahu mau membeli game apa saja? Tenang saja, Carisinyal sudah menyiapkan 10 game PS Vita terbaik yang dijamin tidak membosankan.

PS Vita adalah konsol handheld penerus dari PSP. Meski pamornya tidak begitu menggema di kalangan para gamers, sebenarnya PS Vita mempunyai koleksi game yang memiliki daya tariknya tersendiri. Penasaran, bukan? Berikut ialah 10 game PS Vita terbaik yang layak dipilih.

1. Persona 4 Golden

persona 4 golden

Persona yaitu seri spin-off dari seri permainan Shin Megami Tensei. Keduanya merupakan seri RPG yang mempunyai gaya permainan turn-based seperti seri Final Fantasy dan Dragon Quest. Persona 4 sendiri merupakan entri yang memasuki konsol PlayStation 2, lalu dibuatkan versi port-nya pada konsol PlayStation Vita dengan nama Persona 4: Golden.

Meski hanyalah sebuah port, pengembang Atlus juga menambahkan beberapa perubahan pada edisi Golden ini. Contohnya, elemen gameplay-nya dibuat lebih seimbang, serta ada penambahan event gres, pengubahan acting bunyi, dan lain sebagainya.

Persona sendiri merupakan game RPG yang mengharuskan kamu memasuki berbagai dungeon dan melawan musuh-musuh yang ada. Game ini mengambil latar cerita sekumpulan anak sekolahan yang mampu memanggil Persona biar bisa mengeluarkan serangan mematikan – sebuah konsep yang terinspirasi dari teori Persona yang dicetuskan psikologis populer berjulukan Carl Jung.

Pada permainan Persona 4 Golden, kau akan mengikuti cerita seorang protagonis yang pindah dari kota besar ke daerah pedesaan. Ia akan bertemu dengan aneka macam aksara di sekolahnya serta berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai.

Terlepas dari banyak sekali pertarungan yang akan kau hadapi, game ini juga menawarkan banyak sekali acara seperti berpartisipasi dalam event, membangun korelasi dengan aksara lain yang mampu menaikkan level Persona, dan berusaha meningkatkan “stat” dengan memperlihatkan jawaban yang benar di sekolah.

Ini ialah konsep permainan RPG yang terbilang sangat unik alasannya adalah menggabungkan beberapa elemen dan latar yang jarang ditemukan pada game RPG lainnya. Kalau kamu menyukai latar sekolahan, permainan dungeon crawling, ataupun tertarik dengan teori psikologi, Persona 4 Golden sungguh merupakan RPG menarik yang bisa dimainkan pada PlayStation Vita.

2. Gravity Rush

gravity rush

Gravity Rush juga merupakan salah satu game yang “wajib” dimiliki untuk kau yang gres saja membeli PlayStation Vita. Pasalnya, Gravity Rush sungguh handal dalam memanfaatkan berbagai fitur hardware PS Vita dalam elemen-elemen permainannya seperti memiringkan PS Vita untuk membidik lokasi yang ingin diraih.

Game bergenre aksi dan petualangan ini juga memiliki daya jual dari segi kisah dan soundtrack. Kamu akan memerankan seorang tokoh bernama Kat yang memiliki kekuatan mengendalikan gravitasi. Alhasil, Kat pun mampu memanfaatkan gravitasi untuk berpindah-pindah tempat dan melawan musuh dengan cara yang unik.

Sebagai salah satu permainan open-world, game ini juga sangat unggul dalam memberikan sisi eksplorasi. Berkat grafis memukau yang dibalutnya, kau pun akan merasakan immersion yang mendalam saat menjelajahi gedung-gedung pencakar langit dengan mekanisme permainan yang lain dari biasanya. Pokoknya, pemilik konsol PS Vita akan dirugikan kalau tidak mempunyai Gravity Rush pada koleksi gamenya.

3. Killzone: Mercenary

killzone mercenary

Setelah berhasil menjadi salah satu game FPS terbaik di PSP, Killzone kembali hadir pada konsol portabel PlayStation lainnya. Inilah Killzone: Mercenary, sebuah game tembak-tembakkan di PS Vita yang mengusung latar modern.

Sebagai seorang pembunuh bayaran, kau akan berpartisipasi pada aneka macam misi menegangkan menggunakan aneka macam persenjataan, bom, dan gadget yang semakin membuat pertarungan menjadi seru. Meski game shooter umumnya sulit dimainkan pada konsol, kau bisa memanfaatkan gyroscope pada PS Vita supaya memudahkan kamu dalam membidik musuh.

Selain itu, meskipun game ini tidak menyuguhkan sisi dongeng yang mendalam, campaign yang ditawarkannya sungguh memiliki misi yang bermacam-macam. Bahkan, kau pun bisa bermain secara multiplayer dengan jumlah pemain sampai 8 orang. Jangan lewatkan Killzone: Mercenary kalau kau penggemar berat game FPS.

4. Uncharted: Golden Abyss

uncharted-golden-abyss

Kalau kamu pernah punya konsol PlayStation 3, pasti sudah tidak aneh lagi dengan seri permainan Uncharted. Ya, game yang mengusung gaya permainan third person shooter ini cukup populer di kalangan pemain PlayStation, terutama beberapa elemennya mirip dengan seri Tomb Raider.

Kamu pun bisa mencicipi kembali serunya menjelajahi situs-situs kuno untuk mendapatkan artefak bersejarah pada PlayStation Vita. Uncharted: Golden Abyss sungguh digemari oleh banyak orang. Pasalnya, ini adalah kali pertama pemain bisa memainkan game Uncharted secara portabel. Seri Uncharted umumnya hanya dirilis pada konsol PlayStation 3 dan PlayStation 4.

Pada dikala awal permainan dimulai, kamu akan dihadapkan dengan segerombol musuh yang harus kau bunuh dengan persenjataan yang ada mirip pistol dan granat. Kemudian, kisah akan dibawa pada flash back dua ahad sebelumnya, ketika Nathan dan partnernya Dante tiba pada sebuah situs penggalian artefak.

Di sana mereka bertemu dengan Marisa Chase, cucu dari seorang arkeolog yang terobsesi untuk menemukan kota hilang bernama Quivira, salah satu kota dari “Seven Cities of Gold”.

Nathan, Dante, dan Marisa menemukan mayit prajurit kuno Spanyol yang diduga mati sebab diracun ratusan tahun silam. Ketiganya kemudian berusaha menyelesaikan misteri yang berkaitan dengan lokasi kota hilang Quivira, dan harus bertarung melawan pasukan tentara Roberto Guerro yang juga ingin menemukan Quivira demi menerima emas.

Sebagai Nathan Drake, kau harus menjelajahi aneka macam rintangan di hutan belantara dengan memanjat dan melompat. Akan ada beberapa collectibles yang mampu dikumpulkan bagi kamu yang merupakan seorang completionist. Di game ini, kau juga mampu memanfaatkan fitur touch control pada layar dan juga bodi belakang untuk melaksanakan navigasi. Tertarik dengan salah satu game PS Vita terbaik ini?

5. LittleBigPlanet

littlebigplanet vita

Ingin mencicipi serunya game platformer yang interaktif? Kamu mampu memainkan LittleBigPlanet di PlayStation Vita yang menghadirkan sosok aksara Sack Boy yang harus melawan berbagai rintangan.

Di game ini, kau juga berkesempatan membuat sendiri stage yang bisa di-share dengan pemain lain, dan kamu pun mampu memainkan stage yang telah dibuat orang lain.

Seri game LittleBigPlanet merupakan besutan Sony Interactive yang juga sering hadir pada konsol PlayStation 3 dan PlayStation 4. Game LittleBigPlanet kali ini juga merupakan game kedua yang hadir pada konsol portable sehabis sebelumnya memasuki daftar permainan di PSP.

Berkat touch screen dan beberapa fitur hardware lainnya pada PS Vita, LittleBigPlanet kali ini memiliki beberapa keunikan dibandingkan seri-seri pada konsol PS3 dan PS4. Kamu mampu menyapukan jari pada layar untuk membantu SackBoy dalam melewati rintangan. Dan juga, fitur touch control berguna untuk mengaktifkan switch pada beberapa segmen dalam game.

Tidak lupa, LittleBigPlanet pun bisa dimainkan secara kooperatif dengan jumlah pemain hingga 4 orang. Meski merupakan seri konsol portabel, kau tetap akan mendapatkan keseruan dan pengalaman yang tidak ada bedanya dengan game LittleBigPlanet pada konsol PS3 dan PS4.

6. Zero Escape Trilogy

zero escape trilogy

Dibandingkan game lain pada daftar ini, seri Zero Escape memiliki gameplay yang lebih minim. Meski begitu, latar dan dongeng pada seri visual novel ini sungguh unik dan berbeda – kamu dijamin akan terpukau dengan teori-teori dan elemen plot yang terkandung pada seri Zero Escape.

Ada tiga permainan yang terkandung pada seri ini, yakni “Nine Hours, Nine Persons, Nine Doors”, “Virtue’s Last Reward”, dan “Zero Time Dilemma”. Ketiganya mempunyai elemen game yang seperti, misalnya seperti puzzle dan parallel universe di mana kamu harus mengulangi beberapa segmen pada game untuk tiba pada ending yang berbeda.

Yang menarik dari seri ini yakni banyak sekali abjad unik yang berada di dalamnya. Kamu sungguh akan menemukan banyak interaksi antar abjad yang lucu dan mengesankan, dan kamu pun harus menentukan serangkaian pilihan yang akan menentukan nasib karakter-huruf lain. Zero Escape Trilogy sungguh merupakan sebuah game yang bisa dinikmati oleh siapa saja tanpa harus menjadi pecinta game puzzle.

7. Sly Cooper: Thieves in Time

sly cooper thieves in time

Seri permainan Sly Cooper akan memberikanmu sensasi menjadi pencuri. Mengusung genre platformer, franchise Sly Cooper sudah sering dirilis pada konsol PS2 maupun PS3. Seri Thieves in Time ini merupakan seri keempat dan yang terakhir yang bisa kau mainkan.

Banyak elemen pada game Sly Cooper yang bisa dinikmati seperti stealth, hacking, mencuri barang dari musuh, dan terdapat juga combat yang tidak kalah seru.

Khusus pada seri Thieves in Time, kamu pun akan berkelana menjelajahi waktu untuk memperbaiki sejarah. Berbagai latar waktu yang mampu ditempuh adalah zaman feodal Jepang, zaman es, zaman koboi, dan masih banyak lagi.

Di game ini, kamu akan berhadapan dengan musuh-musuh dan bos jahat serta mengikuti alur dongeng para sekumpulan pencuri yang membuat ketagihan. Bisa dibilang, Sly Cooper: Thieves in Time yakni salah satu game platformer 3D terbaik di konsol portabel PS Vita.

8. Odin Sphere Leifthrasir PS Vita

odin-sphere-leifthrasir

Pengembang game Atlus nampaknya tidak bosan-bosan merilis game RPG berkualitas. Selain Persona 4 Golden, ada game Odin Sphere Leifthrasir yang merupakan game agresi RPG yang hadir untuk konsol PlayStation 2, namun kini sudah dibuatkan versi remasternya untuk PS Vita. Tidak hanya mengalami perkembangan dari segi grafis, game ini juga menunjukkan prosedur permainan yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Game RPG ini sangat cocok bagi kau yang menyukai sistem pertarungan yang cepat dan mengasyikkan. Meski hanya mengusung side-scrolling, animasi jurus pada game ini dibalut dengan sangat memukau dan setiap musuh yang dihancurkan benar-benar menunjukkan kesan yang memuaskan. Inilah salah satu game hack-and-slash yang dijamin tidak membuatmu bosan.

Sebagai game RPG, tentu saja kamu mampu memainkan banyak sekali karakter yang memiliki gerakan-gerakan unik. Terdapat pula elemen-elemen yang hadir pada kebanyakan game RPG mirip levelling, pengembangan karakter, penggunaan item, dan lain sebagainya.

Gunakan potions untuk membantumu melawan musuh dan juga kumpulkan materi-materi kuliner semoga kamu mampu menghasilkan bermacam-macam hidangan yang memudahkanmu meningkatkan level.

9. Severed

severed

Pada game yang satu ini, kamu akan sering memanfaatkan fitur touch screen pada PS Vita untuk melaksanakan bermacam-macam hal mirip melawan musuh dan navigasi.

Sekilas, mekanisme pertempuran pada game ini akan mengingatkanmu pada Fruit Ninja, tapi Severed memiliki gaya permainan yang lebih mendalam lagi. Kamu bisa melakukan navigasi pada map dengan tampilan grafis yang unik dan berwarna, serta menghadapi beragam jenis musuh dengan desain karakter yang menarik.

Tidak hanya menghadapi musuh di depan mata, kamu mampu juga berpindah sudut untuk melawan musuh di sebelah kiri dan kanan. Navigasi yang menggunakan sentuhan jari pada layar sungguh membuat semuanya lebih mudah dan nyaman. Kamu juga akan mendapatkan immersion yang baik berkat sudut pandang first person yang diusungnya. Menarik, bukan?

10. Danganronpa: Trigger Happy Havoc

danganronpa vita

Siapapun yang hobi bermain visual novel niscaya pernah mendengar judul Danganronpa. Ya, visual novel ini tergolong salah satu yang paling fenomenal di kalangan konsol handheld seperti Nintendo 3DS dan PlayStation Vita.

Ini adalah game berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan jika kau mencari elemen dongeng yang serupa dengan Zero Escape Trilogy. Pasalnya, Danganronpa: Trigger Happy Havoc memang memperlihatkan plot kisah yang sungguh dark dan penuh dengan misteri.

Bahkan, di Danganronpa juga terdapat elemen permainan court room di mana pemain harus memutuskan siapa yang bersalah atas pembunuhan yang terjadi, seperti seri Phoenix Wright.

Makara jikalau kau penggemar genre thriller dan misteri, dan menginginkan game yang sangat memfokuskan aspek cerita, tidak ada salahnya mencoba Danganronpa: Trigger Happy Havoc.

Nah, itu tadi 10 game PS Vita terbaik yang sungguh untuk dilewatkan. Jika kamu salah satu orang beruntung yang memiliki konsol portabel ini, kamu dijamin akan puas bermain hingga seharian penuh tanpa merasa bosan. Selamat bermain!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online