10 Rekomendasi Brand Power Supply Unit Yang Elok 2020

Power supply unit, atau lebih dikenal dengan PSU, yaitu komponen yang paling penting sebagai penyalur tegangan listrik secara pribadi kepada seluruh komponen hardware yang terpasang di dalam PC. Selain itu, PSU juga mempunyai peran vital untuk memilih besaran tegangan listrik yang masuk ke dalam komputer.

Peran PSU ini tentu harus diperhatikan, sebab PSU tidak hanya memilih apakah komputer Anda bisa menyala atau tidak, tapi PSU juga bisa menjadi indikator seberapa tahan lama komponen yang komputer Anda. Oleh karena itu, Carisinyal ingin mengajak Anda untuk memilih 10 rekomendasi power supply unit terbaik. Penasaran? Yuk, kita lihat daftarnya sebagai berikut.

1. EVGA SuperNOVA 1600 T2

EVGA SuperNOVA 1600 T2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah salah satu PSU terbaik yang mampu dipakai, EVGA SuperNOVA 1600 T2 memiliki sertifikasi 80 Plus Titanium yang diklaim memiliki performa sangat baik untuk men-supply tegangan listrik ke seluruh komponen PC secara efisien.

Tidak hanya itu saja, dia dilengkapi dengan banyak sekali keunggulan lainnya mirip perlindungan terhadap panas yang berlebih, mendukung penggunaan berkelanjutan dengan suhu maksimal 50 derajat celsius, double-ball bearing fan, dan masih banyak lagi.

Meski nomor pada nama produknya adalah 1600, PSU ini diklaim mampu mendistribusikan daya sampai 2.000 W. Disertai juga banyak sekali macam kabel dan konektor biar memudahkan Anda dalam pemasangan. Tidak lupa, keunggulan lainnya dari EVGA SuperNOVA 1600 T2 terletak pada garansinya yang sangat usang – hingga 10 tahun!

Baik untuk bermain game, me-render video berat, ataupun menambang cryptocurrency, produk ini bisa dibilang PSU terbaik yang pernah ada.

2. Corsair AX1600i

Corsair AX1600i

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebagai salah satu produk dari seri Corsair AX ternama, PSU ini hadir untuk menyelesaikan aneka macam problem Anda terkait pendistribusian listrik ke PC. Hadir dengan performa kelas dunia, tegangan listrik dijamin stabil tanpa mengeluarkan bunyi bising yang mengganggu.

Ia sudah memiliki sertifikasi 80 Plus Titanium yang mampu menghantarkan teganan listrik sebesar 1.600 W. Kipas FDB sebesar 140 mm yang diusungnya juga mampu berkinerja secara optimal dengan suara yang rendah. Bahkan, terdapat mode zero RPM fan yang membuatnya hampir tidak bersuara sama sekali pada tingkat pemuatan rendah ke sedang.

3. Seasonic Prime Platinum 1200PD

Seasonic Prime Platinum 1200PD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Brand Seasonic juga telah merilis model PSU terbaik yang layak masuk daftar rekomendasi kami. Seasonic Prime Platinum 1200PD memiliki sertifikasi 80 Plus Platinum dengan efisiensi yang mencapai 92% pada beban di level 50%.

Sementara itu, kipas FDB yang dihadirkannya bisa meredam bunyi pengoperasian lebih baik ketimbang kipas double ball. Oh iya, PSU ini juga menghadirkan sistem koneksi yang cukup unik di mana panel belakang dengan papan sirkuitnya dihubungkan bukan melalui kabel, melainkan plat perunggu.

Hal ini guna meningkatkan output serta menghindari kemungkinan human error dikala produksinya. Seolah tak cukup, PSU ini memiliki garansi selama 12 tahun. Menarik, bukan?

4. Seasonic Prime 1000W Titanium

Seasonic Prime 1000W Titanium

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ini ialah produk PSU berkualitas lainnya dari seri Seasonic Prime, ialah Seasonic Prime 1000 Titanium. Sesuai namanya, beliau mempunyai daya watt sebesar 1.000W serta telah mengantongi sertifikasi 80 Plus Titanium. Ia pun juga menghadirkan kapasitor 105 derajat dari Jepang yang mampu berkinerja dengan sangat baik.

Seperti yang bisa diekspektasikan dari merk PSU ternama ini, Seasonic Prime 1000W Titanium juga telah disertai dengan kemampuan noise suppression yang unggul, menjadikannya tetap hening tanpa mengurangi performa. Ditambah lagi, alasannya adalah dia merupakan bab dari seri Seasonic Prime, Anda tentu mampu menikmati garansi selama 12 tahun.

5. Corsair RM850x

Corsair RM850x

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dirilis pada tahun 2018, Corsair RM850X terbukti masih mampu disandingkan dengan kebutuhan kala kini. Ia merupakan PSU yang bersertifikasi 80 Plus Gold yang telah disertai kipas FDB, menjadikannya cukup unggul dalam performa meskipun suaranya rendah. Hal ini karena kipasnya hanya akan berputar kalau PSU sudah mencapai suhu tertentu.

Sementara itu, efisiensi yang dimilikinya dalam penghantaran tegangan listrik juga cukup layak diacungi jempol. Ia memiliki tingkat efektifitas sebesar 90% pada muatan tegangan 50% (110V) dan 92% pada muatan yang sama (230v).

Corsair RM850x hanya bisa menghantarkan tegangan sebesar 850W, lebih rendah dari produk-produk sebelumnya yang telah dibahas. Meski begitu, dia masih cocok bagi Anda yang komponen-komponennya tidak terlalu banyak mengonsumsi daya. PSU ini juga sudah 100% modular sehingga cable management menjadi lebih mudah.

6. be quiet! STRAIGHT POWER 10

be quiet! STRAIGHT POWER 10

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda ingin mempunyai PSU dengan pementingan lebih terhadap silent operation, maka produk besutan “be quiet!” ini bisa jadi andalan. Ia telah mengeluarkan produk STRAIGHT POWER 10 yang merupakan pengembangan dari seri 9.

be quite! STRAIGHT POWER 10 memiliki sertifikasi 80 Plus Gold dan memiliki banyak sekali varian watt sesuai kebutuhan Anda. Meski tidak sepenuhnya modular, beberapa varian mirip 500 W, 600 W, 700 W, dan 800 W hadir dengan sistem cable management yang memudahkan Anda dalam pemasangan

PSU ini juga hadir dengan kipas berukuran 135mm berbentuk corong yang membuatnya bisa memiliki regulasi udara yang baik serta beroperasi dengan minim bunyi.

7. Cooler Master MasterWatt 750W

Cooler Master MasterWatt 750W

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Inilah produk PSU untuk Anda yang mempunyai build PC menengah – MasterWatt 750W besutan Cooler Master hanya mempunyai sertifikasi 80 Plus Bronze dengan efisiensi 85%, tapi kinerjanya merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya.

PSU ini merupakan semi-fanless sehingga dia tidak akan mengeluarkan bunyi sama sekali pada beban di bawah 15%. Bermain game ataupun beraktivitas apapun menjadi lebih tenang. Kipas LDB yang diusungnya juga sangat tahan usang, sebab sudah dilengkapi berbagai sealant yang bersertifikasi IP6X serta memiliki sirkulasi oli yang baik.

8. Thermaltake Toughpower Grand RGB

Thermaltake Toughpower Grand RGB

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Selain performa, sisi estetika juga tidak kalah penting. Jika Anda termasuk salah satu orang yang mempercayai statement tadi, mungkin Thermaltake Toughpower Grand RGB akan cocok untuk Anda.

Sesuai namanya, beliau mempunyai fitur pencahayaan RGB yang mampu dikontrol secara manual ataupun melalui perangkat lunak pada beberapa motherboard yang kompatibel. Kipas Riing berukuran 140 mm-nya memiliki lima pengaturan pencahayaan yang mampu diatur dan disimpan dengan gampang.

Untuk tingkat penghantaran tegangan, seri produk ini terbagi menjadi tiga varian –650W, 750W, dan 850W. Masing-masing sudah dilengkapi dengan sertifikasi 80 Plus Gold yang mempunyai tingkat efisiensi sebesar 90% pada beban 50%. Tertarik beli varian yang mana?

9. Corsair CX550

Corsair CX550

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi Anda yang memiliki PC tower dengan build medium, Crosair CX550 ini cocok untuk Anda yang senang bermain game. Dengan sertifikasi 80 Plus Bronze yang diusungnya, PSU ini mempunyai tingkat efiensi sekitar 85% untuk beban di level 50%. Maksimum tegangan yang bisa dihantarkan yaitu 550W, masih cocok untuk prosesor Intel i5 dan VGA kelas menengah.

Kipas berukuran 120mm yang diusungnya juga thermally controlled sehingga ia hanya akan berputar pada beban muatan tertentu. Meski begitu, kipas ini memiliki tingkat kebisingan yang cukup rendah pada level beban manapun. Tak hanya itu, topologi resonansi LLC dengan konektivitas DC-to-DC yang diusungnya membuat PSU ini kompatibel pada chipset keluaran terkini.

10. EVGA SuperNOVA G3

EVGA SuperNOVA G3

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Produk berikutnya pada daftar rekomendasi ini yaitu EVGA SuperNOVA G3 yang telah mendalami pengembangan ketimbang seri G2 terdahulunya. Berbeda dengan G2, PSU ini lebih difokuskan pada pengoperasian minim suara, terlihat dari kipas HDB yang diusungnya yang juga berkinerja lebih baik serta tahan usang.

PSU ini memiliki aneka macam varian watt yang berjarak antara 550W sampai 1.000W. Selain itu, dia juga sudah dilengkapi dengan lima jenis jenis perlindungan seperti OVP, OCP, SCP, UVP, dan OPP. EVGA SuperNOVA G3 telah tersertifikasi 80 Plus Gold dengan tingkat efisiensi sebesar 92% dalam penggunaannya.

Terdapat juga fitur ECO Intelligent Therman Control System yang berguna untuk menghilangkan bunyi pada kipas serta fitur fully modular cable untuk administrasi kabel yang lebih baik.

Simpulan

Semua power supply unit yang sudah dijelaskan di atas mempunyai harga yang berbeda-beda. Harga tersebut ditentukan dari brand serta spesifikasi yang dimiliki PSU. Oleh sebab itu, Anda mampu menentukan PSU yang cocok dengan budget serta kebutuhan dari komputer Anda. Makara, apakah 10 rekomendasi power supply unit di atas cocok dengan PSU yang Anda butuhkan?

Nah, jikalau Anda membutuhkan isu lain seputar komponen komputer lainnya yang nggak kalah penting, mirip rekomendasi brand RAM, kami sarankan Anda untuk menyimak artikel mengenai 10 Rekomendasi Merk RAM Terbaik ini. Semoga bermanfaat.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online