10 Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Game Yang Handal

Seiring  berkembangnya industri gaming, aplikasi layanan live streaming game semakin marak dipakai oleh para gamer. Situs dan aplikasi ini dipakai oleh mereka untuk membagikan gameplay mereka secara pribadi, membangun komunitas gamer, mencari peruntungan atau hanya sekedar menonton gameplay para streamer atau pro gamer.

Memilih platform live streaming dengan layanan yang anggun baik untuk viewer atau streamer tentu tidak semudah itu. Apalagi kini situs dan aplikasi layanan live streaming game semakin menjamur. Untuk memudahkan kalian dalam menentukan, kami sudah merangkum 10 aplikasi live streaming game handal untuk para gamer.

1. Twitch

Twitch

* sumber: www.twitch.tv

Hingga ketika ini sudah cukup banyak platform yang menyediakan layanan live streaming video game, dan Twitch menjadi salah satu yang paling terkenal. Platform yang dibawahi oleh Amazon ini merupakan rumah bagi banyak gamer profesional serta berbagai macam turnamen game skala internasional.

Sebagai platform streaming game terbesar, Twitch tentunya menyediakan fitur yang mendukung interaksi para pengguna, seperti real-time chat room di mana streamer dan viewer dapat berinteraksi saat streaming sedang berlangsung. Untuk memfilter komentar yang tidak diinginkan, Twitch menawarkan otoritas kepada kreator untuk memodifikasi komentar yang muncul pada video mereka.

Meskipun platform ini mempunyai banyak fitur menarik dan sangat populer, namun pemula yang ingin mencoba peruntungan menjadi streamer mungkin akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan spotlight di platform ini. Itu sebab mereka harus bersaing dengan streamer dan pro gamer lainnya.

Bagi yang tertarik, layanan Twitch ini bisa dinikmati secara cuma-cuma dan tersedia untuk aneka macam macam perangkat, mulai dari Smart TV, PC, perangkat mobile dan perangkat lain seperti PS4, Xbox, NVIDIA Shield, dan Chromecast. Untuk mendownload aplikasinya kalian bisa klik link ini.

2. YouTube Gaming

YouTube Gaming

* sumber: www.youtube.com

Platform video-sharing terpopuler, YouTube juga memiliki layanan untuk streaming game di mana kalian dapat menonton langsung live broadcast atau menjadi host live streaming game kalian sendiri. Layanan ini sudah menyediakan fitur real-time chat room yang memudahkan interaksi viewer dan streamer.

Seperti yang kita ketahui, YouTube berasosiasi dengan Google AdSense, sehingga para streamer dapat memonetasi kontennya dan mendapatkan keuntungan dari ad-revenue. Dan sama seperti layanan YouTube lainnya, YouTube Gaming ini mampu diakses dengan gratis.

Kalian tidak membutuhkan aplikasi terpisah untuk mengakses YouTube Gaming, alasannya layanan ini sudah termasuk di aplikasi YouTube. Bagi yang belum mempunyai aplikasi YouTube, kalian mampu mengunduh di Google Play dan App Store atau mampu pribadi mengunjungi situs resmi YouTube.

3. Smashcast

Smashcast

* sumber: www.smashcast.tv

Smashcast ini merupakan platform live streaming hasil kerjasama dari dua platform serupa, ialah Azubu dan Hitbox pada tahun 2017. Salah satu faktor paling dipertimbangkan oleh streamer ataupun viewer dari Smashcast yaitu fitur interaksinya.

Untuk memenuhi permintaan tersebut, Smashcast menghadirkan fitur “Hype-o-Meter” di mana viewer mampu menggunakannya untuk mendukung streamer favoritnya. Lalu, mereka juga menjamin interaksi antara streamer dan viewer benar-benar real-time tanpa delay.

Selain itu, Smashcast juga sudah terintegrasi dengan platform chatting untuk komunitas yang populer di kalangan gamer, adalah Discord. Sehingga, pengguna mampu menghubungkan akun Discord dengan akun Smashcast-nya dengan mudah.

Untuk yang penasaran dengan aplikasi live streaming game milik Smashcast, kalian mampu mendownloadnya di Google Play dan App Store. Atau pribadi mengunjunginya melalui web browser.

4. Mixer

Mixer

* sumber: mixer.com

Mixer merupakan layanan streaming yang dibawahi oleh Microsoft yang didirikan semenjak tahun 2016. Layanan streaming game ini mempunyai fitur menarik, di mana kalian mampu menjadi co-stream bersama dengan empat pemain lainnya.

Fitur seperti ini memungkinkan para penonton untuk dapat melihat masing-masing performa pemain game tersebut saat mereka memainkan permainan multiplayer.

Meskipun komunitas game streamer di Mixer belum sebesar Twitch, namun akhir-simpulan ini mereka menarik banyak perhatian alasannya adalah salah satu pro gamer terpopuler, ialah Ninja beralih menggunakan platform ini.

Untuk yang tertarik, kalian mampu mengakses layanan streaming game ini melalui situs Mixer ataupun melalui aplikasi yang dapat didownload untuk iOS dan Android.

5. Nimo TV

Nimo TV

* sumber: www.nimo.tv

Nimo TV ini adalah aplikasi live streaming game yang dikelola oleh HUYA Inc.. Layanan satu ini cukup terkenal di kalangan pemain game dari Asia Tenggara tak terkecuali Indonesia. Aplikasi ini juga merupakan rumah bagi beberapa pemain game ternama, salah satunya Jess no Limit.

Melalui platform ini kalian bisa streaming beberapa game populer seperti Mobile Legends, PlayerUnknown’s Battleground (PUBG), Fortnite, Dota dan masih banyak lagi. Selain itu, Nimo TV juga menyediakan layanan live online access untuk berbagai event dan turnamen e-sport. Aplikasi Nimo TV tersedia untuk pengguna Android dan iOS serta dapat langsung diakses melalui situs resminya.

6. Facebook

Facebook

* sumber: www.facebook.com

Sebagai salah satu platform sosial media terbesar, Facebook turut menyediakan layanan live streaming game. Karena banyak orang yang sudah familiar dengan Facebook, layanan live streaming-nya cepat mendapatkan popularitas di kalangan pemain game. Kepopulerannya berbanding lurus dengan perkembangan kualitas dari konten gaming yang mereka sediakan.

Belum usang ini, Facebook merilis Level Up Kreator Game Facebook. Bagi kreator yang bergabung dengan program ini, Facebook akan memperlihatkan perangkat untuk membantu mereka membangun audien serta mendapatkan profit.

Aplikasi Facebook Game ini dapat diunduh di perangkat Android atau mampu dikunjungi langsung melalui situs Facebook Gaming. Sayangnya, sampai dikala ini aplikasi Facebook Gaming belum tersedia untuk perangkat iOS.

7. Mobcrush

Mobcrush

* sumber: www.mobcrush.com

Aplikasi live streaming game selanjutnya adalah Mobcrush. Aplikasi ini menyediakan layanan live streaming gameplay apa saja mulai dari game mobile, game PC hingga game konsol. Salah satu hal menarik dari aplikasi ini yaitu pengguna dapat re-stream live gameplay melalui platform lain mirip Twitch, Mixer, YouTube dan Facebook.

Bagi yang tertarik dengan platform Mobcrush ini, kalian mampu menikmatinya secara cuma-cuma melalui aplikasi yang dapat diunduh di Google Play dan App Store atau dengan mengunjungi website Mobcrush.

8. Omlet Arcade

Omlet Arcade

* sumber: omlet.gg

Omlet Arcade adalah aplikasi live streaming game yang khusus disediakan untuk game mobile. Tentu saja aplikasi ini mampu mendukung hampir seluruh game mobile, mirip PUBG mobile, Minecraft, Fortnite, Call of Duty, Clash Royale dan lain-lain.

Untuk mendukung interaksi antar pengguna, Omlet Arcade menyediakan real-time group voice chat. Lalu, aplikasi ini sudah terintegrasi dengan YouTube, Facebook dan Twitch, sehingga gameplay kalian mampu disiarkan juga melalui aplikasi tersebut.

Bagi yang hanya ingin menonton live streaming, kalian tidak perlu menciptakan akun. Namun, apabila ingin meninggalkan komentar atau memulai broadcast live streaming, kalian diharuskan membuat akun terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat dinikmati oleh pengguna Android dan iOS atau mengaksesnya melalui situs resmi Omelet Arcade.

9. Dlive

Dlive

* sumber: dlive.tv

DLive merupakan platform live streaming berbasis teknologi blockchain. Meski tergolong gres di dunia live streaming game, namun Dlive mempunyai keunikan tersendiri, yaitu mereka tidak menarik laba dari iklan. 90.1% laba yang mereka dapatkan dari subscription dan gift revenue akan diberikan kepada para kreator-nya.

Hal lain yang membuat para pemain game tertarik dengan platform ini yaitu YouTuber ternama dengan lebih dari 100 juta subscribers, yakni PewDiePie secara eksklusif memakai platform ini untuk streaming video gameplay-nya pada tahun 2019. Dlive tersedia untuk perangkat Android dan iOS serta dapat diakses melalui situs resminya.

10. Nexplay

Nexplay

* sumber: nexplay.gg

Melalui aplikasi ini pengguna mampu melakukan live streaming mobile game apapun dengan memakai satu tombol tanpa santunan PC atau software aksesori. Selain melalui perangkat mobile, platform ini juga dapat digunakan untuk live streaming melalui perangkat PC. Kalian juga mampu men-share broadcast live streaming tersebut ke banyak sekali platform sosial media.

Layanan live streaming game Nexplay mampu dinikmati melalui aplikasi mobile yang tersedia untuk Android dan iOS atau mampu juga mengunjungi website Nexplay.

Itulah 10 rekomendasi aplikasi live streaming game bagi yang ingin menonton gameplay para pro gamer atau yang ingin mencoba peruntungan untuk menjadi streamer.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online