10 Merk Ssd External Terbaik Dan Tercanggih Di Tahun 2020

SSD (Solid State Drive) ialah sebuah medium penyimpanan yang mempunyai fungsi sama dengan HDD (Hard Disk Drive). Bedanya, SSD memiliki aneka macam keunggulan yang tidak dimiliki HDD mirip kecepatan mentransfer data yang lebih baik, mampu menjaga data semoga tidak korup dikala perangkat mengalami benturan, dan tidak berisik ketika digunakan.

Yang perlu diketahui, SSD juga tersedia dalam bentuk external sehingga data dijamin lebih kondusif meski disimpan pada perangkat yang dibawa ke mana-mana. Berikut adalah brand SSD external yang dapat Anda pilih.

1. Samsung Portable SSD T5

Samsung-Portable-SSD-T5

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Samsung sudah mempunyai reputasi yang baik untuk menciptakan produk berteknologi mutakhir, tak terkecuali pada sektor SSD external. Produk bernama Samsung Portable SSD T5 ini dihadirkan dengan ukuran yang kecil, yaitu 57,3 mm x 74 mm dengan berat 51 gram saja. Sangat cocok dibawa ke mana-mana dengan ringan dan praktis.

Selain itu, kecepatan transfer data yang diusung pada SSD external ini juga cukup mencengangkan – Anda bisa mentransfer data hingga 540 MB/s, empat kali lebih cepat dari HDD external biasa.

Desain bodi yang kokoh juga mampu menahan data supaya tidak hilang dikala terkena benturan, asalkan tidak terjatuh lebih dari ketinggian 2 meter. Tersedia empat varian kapasitas yang mampu dipilih, yaitu 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

Dari segi konektivitas, SSD external mampu kompatibel untuk perangkat PC maupun Mac menggunakan koneksi USB tipe C dan USB tipe A. Oh ya, Samsung Portable SSD T5 juga memiliki fitur proteksi kata sandi sehingga data kondusif meski SSD hilang atau dicuri. Seolah tidak cukup, Samsung juga menunjukkan garansi selama 3 tahun untuk produk ini. Tertarik?

2. Seagate Fast SSD

seagate-fast-ssd

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seagast Fast SSD hadir dengan dua varian warna yang berbeda – Old Style (putih), dan New Style (hitam dengan lampu hijau LED). Produk ini juga termasuk SSD external yang performanya tidak bisa dianggap remeh sebab memiliki kecepatan baca hingga 540 MB/s dan kecepatan tulis sampai 500 MB/s.

Anda juga dapat menikmati fitur formatting bawaan yang mampu mengoptimisasi kinerja SSD dan juga mengganti format SSD, (exFAT, NTFS, dan sebagainya) semoga bisa terbaca pada sistem operasi yang berbeda-beda. Terdapat juga folder sinkronisasi yang mampu dipakai untuk menciptakan file di dalamnya selalu up-to-date dengan perubahan yang terjadi pada semua perangkat.

Hadir dengan varian 250 GB, 500 GB, 1 TB, dan 2 TB, Anda mampu memilih kapasitas manapun sesuai kebutuhan. Tidak perlu kuatir rusak juga sebab desain pada SSD external ini tahan terhadap benturan – Anda juga mampu menikmati garansi terbatas selama 3 tahun.

3. SanDisk Extreme Pro Portable

SanDisk-Extreme-Pro-Portable

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

SanDisk merupakan salah satu merk ternama untuk solusi penyimpanan data. Anda tidak perlu cemas data hilang alasannya adalah SanDisk Extreme Pro Portable ini hadir dengan komplemen perangkat lunak berjulukan SanDisk SecureAccess. Fungsinya untuk menciptakan folder yang diproteksi dengan password untuk menjaga privasi file Anda.

Kecepatan transfer data yang di atas rata-rata juga turut menimbulkan produk ini sungguh layak dilirik, ialah sampai 1050 MB/s (kecepatan baca). Selain itu, material alumunium yang diusung pada bodi brand SSD external ini dapat meredam guncangan serta tahan panas. SanDisk Extreme Pro Portable ini sudah memiliki sertifikasi IP55 yang tahan terhadap air bertekanan 30 kPa selama 3 menit.

Bicara soal dimensi, ukuran fisik produk ini memiliki panjang 110,26mm dan lebar 57,34mm. Varian kapasitasnya pun kurang beragam, hanya 500 GB, 1 TB, dan 2 TB tanpa menghadirkan varian 250 GB. Tapi, produk ini tetap unggul mengingat performanya yang sulit ditandingi oleh SSD external lain. Tertarik membelinya? SSD SanDisk ini juga memperlihatkan garansi 5 tahun, lho!

4. WD My Passport GO SSD

WD-My-Passport-GO-SSD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Semua produk yang datang dari WD tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, tak terkecuali pada produk SSD external berukuran mungil ini yang pas masuk di kantong. WD My Passport GO SSD ini mempunyai dimensi panjang 95mm dengan lebar 67mm dengan kabel yang bisa dimasukkan pada perangkat. Sungguh desain bodi yang sangat mudah.

Tak hanya itu, bumper yang terdapat pada segala sisi SSD juga bisa meredam guncangan dan benturan hingga jarak ketinggian 2 meter. Anda pun tidak perlu kuatir data hilang sebab terdapat fitur backup otomatis yang mampu diaktifkan memakai koneksi internet.

Soal kecepatan, jangan ditanya – Anda bisa mentransfer data dengan kecepatan 2x lipat dari HDD external mana pun. Tersedia juga garansi terbatas selama 3 tahun jika Anda membelinya.

5. Crucial Portable SSD X8

Crucial-Portable-SSD-X8

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika Anda menginginkan kecepatan transfer yang benar-benar tinggi, Anda akan puas dengan performa Crucial Portable SSD 8X ini. Kecepatan transfer hingga 1050 MB/s ini diklaim 1,8 kali lebih cepat ketimbang sebagian besar SSD external lainnya di pasaran.

Berbekal konektivitas USB tipe C dan tipe A, produk ini dijamin kompatibel dengan banyak sekali perangkat mirip PC, Mac, Android, iPad Pro, bahkan konsol gaming mirip PlayStation 4 dan Xbox One.

Sayangnya, tidak terdapat fitur data protection bawaan, tapi Anda masih bisa melakukan backup memakai fitur pada sistem operasi Windows dan Mac. Varian kapasitas pun cukup terbatas ialah hanya 500 GB dan 1 TB saja.

6. Samsung X5 Portable

Samsung-X5-Portable

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Bagi Anda yang PC atau laptopnya memiliki port Thunderbolt 3, bersiap-siaplah dengan kehadiran SSD external super canggih ini. Samsung X5 Portable didesain untuk Anda yang menyukai kecepatan, terlihat dari bodinya yang terlihat seperti kendaraan beroda empat balap.

Hal ini juga direfleksikan dengan baik oleh performanya yang tinggi, adalah bisa mentransfer sampai 2300 MB/s (kecepatan baca) dan 2300 MB/s (kecepatan tulis). Namun, untuk mencapai kecepatan ini, Anda harus mengkoneksikannya dengan antarmuka Thunderbolt 3 yang mampu mendapatkan data dengan kecepatan hingga 40 Gb/s.

Tidak hanya berperforma cepat, Samsung X5 Portable juga unggul dari segi portabilitas alasannya adalah ukurannya yang kecil yaitu berdimensi panjang 119 mm dengan lebar 62 mm seberat 150 gram. Terdapat juga fitur administrasi suhu yang baik bernama Dynamic Thermal Guard yang mampu menjaga suhu produk supaya tetap di bawah 45 derajat celcius.

Bahan material bodi yang merupakan magnesium alloy ini juga dapat meredam guncangan dengan jarak ketinggian sampai 2 meter pada kondisi tertentu.

Untuk lebih kondusif lagi, Anda bisa mengenkripsikan data Anda menggunakan fitur proteksi password berbasiskan enkripsi AES 256-bit (salah satu metode enkripsi data paling aman di dunia). Oh iya, merk SSD external ini juga hadir dengan garansi terbatas 3 tahun dengan varian kapasitas seperti 500 GB, 1 TB, dan 2 TB.

7. ADATA SD600Q

ADATA-SD600Q

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Hadir dengan desain bodi berbentuk kotak, Anda akan menyukai ADATA SD 600Q yang sungguh terlihat high-tech ini. Produk ini mampu membaca dan menulis data pada kecepatan hingga 440 MB/s yang artinya, file berukuran 5GB mampu ditransfer dengan kecepatan hanya 26 detik saja.

Material bodinya terdiri dari plastik dan silikon anti guncangan sehingga mampu menjaga hardware beserta data di dalamnya dari benturan hingga jarak ketinggian 1,22 meter. SSD external yang dapat dikoneksikan dengan antarmuka USB 3.2 Gen1 ini juga kompatibel pada semua platform yang ada, seperti PC, Mac, Android 5.0, dan konsol gaming.

Hadir dengan dimensi ukuran panjang/lebar 80mm x 80mm, Anda juga akan mencicipi kenyamanan membawa produk ini ke mana-mana. Varian kapasitas yang tersedia yaitu 240 GB, 480 GB, dan 960 GB juga disertai dengan garansi terbatas selama 3 tahun.

8. Seagate One Touch

Seagate-One-Touch

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Untuk Anda yang hobi fotografi dan edit-edit gambar, Seagate One Touch bisa jadi pilihan yang cocok untuk Anda. Selain dari kecepatan transfer yang tidak mengecewakan cepat (400 MB/s), Anda juga akan mendapatkan keanggotaan Mylio Create selama 1 tahun yang mampu membantu Anda mengorganisir, mengedit, membagi, serta mensinkornasikan foto.

Tak hanya itu, Anda juga mampu menikmati layanan Adobe Creative Cloud Photography selama 2 bulan. Desain bodi yang terbuat dari kain tenun ini tersedia dalam dua varian warna yang berbeda – putih dan hitam dengan kapasitas 500 GB dan 1 TB.

Tersedia juga special edition yang memiliki corak kamuflase berwarna hijau, merah, biru, dan bubuk-debu keputihan. Hanya saja, edisi ini hanya hadir dengan kapasitas 500 GB.

Data Anda juga kondusif alasannya adalah brand SSD external ini dilengkapi dengan software backup otomatis berkelanjutan yang akan membuat data cadangan dari file Anda setiap kali dikoneksikan pada sebuah platform.

9. LaCie Portable SSD

LaCie-Portable-SSD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Ukurannya yang kecil ternyata bisa memiliki performa yang kuat, itulah LaCie Portable SSD dengan kecepatan transfer baca dan tulis hingga 540 MB/s. Konektivitas USB tipe C dan USB 3.0 pada SSD external ini membuatnya mampu dihubungkan dengan platform Windows dan Mac.

Untuk Anda yang seorang videografer juga niscaya tidak akan dikecewakan – Anda bisa mengedit  banyak sekali video beresolusi 4K pribadi pada SSD external ini tanpa perlu takut data korup. Terdapat juga LaCie Toolkit sehingga Anda dapat melakukan backup hanya dengan sekali klik. Anda juga mampu menjadwalkan backup harian, mingguan, dan bulanan dengan fitur Toolkit yang lengkap ini.

Nikmati juga aneka macam aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Photoshop, Lightroom, After Effect, atau Premiere, alasannya adalah paket SSD ini juga hadir dengan langganan Adobe CC gratis selama sebulan.

LaCie Portable SSD memiliki varian kapasitas yang beragam, mulai dari 500 GB, 1 TB, sampai 2 TB dan memberikan garansi 3 tahun untuk data yang hilang atau produk yang rusak.

10. PNY Elite Portable SSD

PNY-Elite-Portable-SSD

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

PNY Elite Portable mempunyai dimensi panjang 60 mm dan lebar 35,4 mm, lebih kecil dari ukuran telapak tangan orang sampaumur sehingga yummy digenggam dan dibawa ke mana-mana.

Anda mampu memakai SSD external ini untuk perangkat manapun yang mendukung antarmuka USB 3.1 Gen 1 mirip PC dan Mac. Selain itu, kecepatan transfer datanya juga cukup baik yaitu sekitar 430 MB/s (kecepatan baca) dan 400 MB/s (kecepatan tulis).

Terdapat juga software bernama Acronis True Data Protection sehingga Anda mampu melakukan backup file, folder, dan juga partisi serta melaksanakan penjadwalan backup yang bisa diatur sesuka hati. Jika Anda tertarik membelinya, SSD external ini hadir dengan varian kapasitas 240 GB, 480 GB, dan 960 GB.

Setelah mengetahui banyak sekali brand SSD external yang mempunyai teknologi mutakhir, pastinya Anda sudah tidak perlu resah menentukan produk mana yang cocok dengan Anda. SSD external memang merupakan opsi terbaik untuk medium penyimpanan portable, sebab menunjukkan kecepatan transfer yang tidak tertandingi serta daya tahanan yang berpengaruh.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online