10 Kelebihan Dan Kekurangan Yang Ada Di Hp Gaji 9 Lite

Salah satu vendor HP yang belakangan diperhitungkan adalah Honor. Brand ini merupakan satu “saudara seperguruan” dari Huawei, atau lebih tepatnya divisi brand yang terpisah dari Huawei. Jika dulu Huawei punya seri ponsel dengan pemanis Honor maka sekarang perhiasan tersebut sudah tak ada. Honor terpisah secara mampu berdiri diatas kaki sendiri meskipun masih di bawah pengawasan Huawei.

Honor tiba ke Indonesia membawa beberapa varian HP yang menarik. Kebanyakan varian HP yang masuk di Indonesia hadir dengan desain yang cantik dan beda, salah satunya ialah Honor 9 Lite. HP yang satu ini mengisi keriuhan di ranah HP harga 2 jutaan yang persaingannya cukup ketat.

Lantas mirip apa bergotong-royong Honor 9 Lite ini? Bagaimana plus minus HP ini? Tanpa berlama-usang lagi, mari simak pembahasan soal 10 poin yang terdiri dari 5 kelebihan dan 5 kekurangan Honor 9 Lite berikut ini.

Spesifikasi Honor 9 Lite

Huawei Honor P9 Lite

 

  • Rilis: Desember, 2017
  • Layar: LTPS IPS LCD  5.65 inches
  • Resolusi Layar: 1080 x 2160  pixels ratio 18:9
  • Chipset: HiSilicon Kirin 659
  • CPU: Octa-core (4×2.36 GHz Cortex-A53 & 4×1.7 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-T830 MP2
  • Memori Internal: 64 GB, 4 GB RAM or 32 GB, 3/4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB (uses SIM 2 slot)
  • Kamera Belakang: Dual 13 MP + 2 MP, phase detection autofocus, LED flash
  • Kamera Depan: Dual 13 MP + 2 MP, 1080p
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3000 mAh

Kelebihan Honor 9 Lite

1. Mengusung Empat Kamera

Bagian kamera yakni nilai jual utama Honor 9 Lite. Betapa tidak, HP ini hadir dengan empat kamera. Tersemat dua di bagian depan dan dua di bab belakang. Dua kamera tersebut mengusung resolusi yang sama adalah 13 MP + 2 MP. Bedanya, hanya kamera belakang yang punya fitur phase detection autofocus dan LED flash.

Di kelas harga 2 jutaan, hampir tak ada HP yang memberikan kelebihan ini. Karena itu, empat kamera pada HP ini jadi salah satu nilai jual yang menarik. Terlebih alasannya dual kamera ini bisa memperlihatkan kualitas foto yang baik dengan imbas bokeh. Berikut teladan foto memakai kamera belakang Honor 9 Lite.

hasil Foto Honor 9 Lite

*

* sumber: www.trustedreviews.com

Foto di bawah ini yakni acuan hasil foto selfie memakai Honor 9 Lite.

selfie honor 9 Lite

* sumber: www.instagram.com

Tampak di foto tersebut, latar foto jadi blur. Tentu saja itu sebab dual kamera HP ini yang memang mendukung hasil foto bokeh. Kualitas foto HP ini juga tergolong baik, terutama di area yang cukup banyak cahaya. Untuk HP di kelas harga 2 jutaan, performa kamera HP ini tergolong cukup baik. Terlebih alasannya ada banyak imbas yang bisa ditambahkan ke HP ini.

2. Layar Penuh Full HD+

Layar Honor 9 Lite

* sumber: www.trustedreviews.com

Honor 9 Lite hadir dengan layar 5,65 inch yang mengusung rasio 18:9. Tentu dengan layar yang lebih lebar, alias layar penuh, tampilan layar HP ini jadi terasa luas. Karena itu, layar 5,65 inch pada HP ini tidak terlalu besar sebab layarnya berada pada bodi smartphone dengan layar 5,2 inch.

Layarnya sendiri sudah mengusung resolusi 2160 x 1080 piksel alias Full HD+. Dengan spesifikasi tersebut, HP ini menawarkan kerapatan piksel sebesar 430 ppi (pixel per inch). Layar HP ini juga terlihat lebih tajam dan memanjakan mata.

Hal yang menarik dari layarnya ialah opsi untuk menurunkan resolusi layar. Jika Anda merasa tampilan visualnya terlalu tajam, Anda bisa dengan gampang menurunkan resolusi ke HD+. Dengan pilihan ini, Anda mampu lebih menghemat daya tahan baterai Honor 9 Lite. Tapi tentu dengan mengorbankan visual yang tajam.

3. Performa Cukup Baik

antutu honor 9 lite

Honor 9 Lite dibekali dengan chipset Kirin 659. Chipset ini terdiri dari prosesor octa core dan pengolah grafis Mali-T830 MP2. Dengan chipset ini, Honor 9 Lite punya nilai Antutu 88102. Lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan Redmi 5 Plus yang berada di kelas harga yang sama.

Lantas apakah performanya tergolong baik? Karena masuk kategori sebagai salah satu kelebihan, HP ini terang punya kinerja yang tergolong oke. Techradar contohnya, mengatakan jikalau Honor 9 Lite ini punya chipset yang elok performanya untuk mendukung pekerjaan sehari-hari. Performanya cukup stabil dan jarang melambat.

HP ini juga tergolong mampu diandalkan untuk memutar video resolusi Full HD dengan lancar. Selain itu, kinerja HP ini tergolong baik untuk multitasking.

Trustedreviews juga mengatakan kalau performa HP ini juga bagus untuk mendukung pekerjaan sehari-hari tergolong baik. Performa HP ini tergolong mampu diandalkan meski memang tidak ditujukan khusus untuk bermain gim. Tentu saja untuk memainkan beberapa gim populer, HP ini tergolong cukup mampu diandalkan meski dengan pengaturan grafis yang rendah atau medium.

4. Bodi Desain Kaca yang Cantik

Honor 9 Lite, terutama untuk varian warna biru, merupakan salah satu HP yang memiliki desain elok. Bagian belakang HP ini yang terbuat dari beling membuat tampilan belakang Honor 9 Lite terlihat mirip HP mahal. Meski penggunaan beling akan menciptakan bagian belakang gampang terkena bekas sidik jari, hal itu bukan duduk perkara besar alasannya adalah bisa dengan mudah dibersihkan.

* sumber: www.trustedreviews.com

Desain kaca bab belakang ini cukup menarik perhatian. Karena terlihat bagus, orang akan dengan mudah melihat desain HP ini sebagai desain HP yang cukup elok dan menarik untuk dimiliki. Oh yah, bila Anda malas mengelap bekas sidik jari, tentu saja solusinya adalah menggunakan casing polikarbonat.

Desain HP ini juga tergolong ergonomis. Seperti apa yang diungkapkan oleh Mas Lucky Sebastian dalam blognya bahwa Honor 9 Lite punya frame dengan tampilan warna metal senada dengan bagian lengkung beling 2,5 D sehingga tidak mengakibatkan sudut yang tajam. Karena hal inilah HP ini tergolong nyaman digenggam.

5. Sensor yang Lengkap

Honor 9 Lite punya sensor yang tergolong cukup lengkap, mirip magnetic sensor, gyroscope, accelerometer, serta orientation/e-compass. Jangan lupakan juga kehadiran light sensor dan proximity sensor yang ada di bagian atas layar erat dengan dengan posisi earpiece.

Tentu saja Hp ini dilengkapi dengan sensor sidik jari yang ada di bab belakang. Tentu jikalau tidak ada sensor ini akan membuat HP ini kurang kekinian. HP ini juga mendukung Face Unlock berkat update terbaru mereka.

Dengan sensor yang cukup lengkap, Honor 9 Lite menjadi HP yang cukup menarik buat Anda yang butuh HP dengan sensor yang lengkap. Minus sensor tekanan tentunya yang memang di harga kelas menengah, cukup wajar ketidakhadiran sensor ini.

Kekurangan  Honor 9 Lite

1. Daya Tahan Baterai yang Kurang Memuaskan

Baterai Honor 9 Lite

* sumber: www.androidcentral.com

Honor 9 Lite dibekali dengan baterai 3.000 mAh. Kapasitas baterai yang tergolong umum dan biasa. Dan memang, baterai pada Honor 9 Lite cenderung biasa bahkan daya tahannya termasuk pendek. Honor sendiri mengklaim jikalau HP ini mampu bertahan seharian dan mampu dipakai menonton video selama 13 jam.

Sayangnya, klaim tersebut kurang sesuai. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Lucky Sebastian dalam blognya, didapatkan catatatan hasil 6 jam 38 menit pada pengujian baterai PC Mark 2.0 Battery mirip terlihat pada gambar berikut ini.

baterai test honor 9 lite

* sumber: luckysebastian.gadtorade.com

Klaim dari Honor juga kurang sesuai dengan yang diutarakan oleh Jagat Review. Tim Jagat Review mengetes baterai HP ini dengan cara memainkan video 720p secara terus-menerus. Video dimainkan mulai dari daya tahan baterai penuh. Test ini menghasilkan catatan waktu 9 jam 55 menit saja.

Menurut Jagat Review, hasil tersebut kurang memuaskan. Pasalnya, ada smartphone lain dengan daya tahan baterai 3.000 mAh yang mampu menghasilkan durasi menonton sampai 11 jam lamanya.

Hasil tes daya tahan baterai Honor 9 Lite lewat tes video ternyata kalah dari HP lain di kelas harga yang sama dengan Snapdragon 625 sebagai chipset-nya. Karena hasil ini pula, bisa dikatakan bila daya tahan baterai HP ini termasuk kurang elok dan jadi salah satu kekurangan tersendiri.

2. Tak Mendukung Pengisian Cepat

Honor 9 Lite Tes Baterai

* sumber: www.youtube.com

Honor 9 Lite punya bawaan charger dengan dukungan 10W, 5V 2A. Menurut Mas Lucky Sebastian, dengan charger tersebut, Honor 9 Lite mampu diisi dengan rentang waktu kisaran 2 jam lebih. Kalau menurut Jagat Review, pengisian daya baterai Honor 9 Lite membutuhkan waktu sekitar 2 jam 31 menit saja.

Capaian waktu tersebut tergolong standar dan ini jadi kekurangan tersendiri di HP ini. Pasalnya, HP lain di rentang harga yang sama sudah ada yang mendukung fitur pengisian cepat alias fast charging.

3. Hasil Foto Kurang Bagus di Cahaya Rendah

honor 9 lite foto

* sumber: www.techradar.com

Honor 9 Lite memang punya dual kamera baik depan maupun belakang. Khusus bab kamera belakang, hasil fotonya cukup baik. Sayangnya, ada satu sisi kelemahan pada hasil tangkapan kamera belakang. Kelemahan tersebut yakni kurang maksimalnya hasil foto dikala menjepret di kondisi cahaya rendah.

Kelemahan ini bukanlah hal yang besar sebetulnya. Kalau berdasarkan GontaGantiHape, untuk antisipasi hal ini, Anda perlu memotret dengan mencari sudut pandang yang anggun.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Techradar. Menurut Techradar, hasil kamera belakang Honor 9 Lite pada kondisi cahaya rendah memang kurang memuaskan. Namun hal ini masih mampu dimaklumi mengingat banyak fitur dan mode yang ada di kamera HP ini.

4. Tak Ada OIS dan EIS di Kamera

* sumber: www.techradar.com

Kamera HP ketika ini tidak hanya dipakai untuk memotret tetapi juga untuk merekam video. Karena itulah banyak produsen yang menghadirkan fitur untuk menstabilkan kamera semoga tidak goyang ketika merekam video. Fitur tersebut yaitu Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS).

HP dengan fitur OIS, umumnya memiliki hasil rekaman yang rendah goyang sebab optik yang bekerja sementara jika HP dilengkapi EIS yang bekerja ialah acara yang ditanamkan. Untuk HP kelas menengah, umumnya fitur untuk menstabilkan rekaman video yakni EIS. Sayangnya, hal tersebut tidak ditemukan di Honor 9 Lite.

Karena itu, Honor 9 Lite ini mampu dibilang cukup anggun dalam urusan fotografis. Sayangnya untuk videografi, semisal untuk ngevlog, Honor 9 Lite bukanlah pilihan yang tepat.

5. Slot Hybrid

Hal lain yang jadi kekurangan dan sering jadi bahan percakapan calon pengguna smartphone di Indonesia ialah soal slot untuk SIM. Rata-rata orang Indonesia lebih suka HP yang mendukung 3 slot yakni dual SIM dan slot microSD. Sayangnya, Honor 9 Lite justru hadir dengan slot hybrid yang tentunya akan menciptakan calon pengguna harus menentukan menggunakan dua nomor atau satu nomor dan satu lagi untuk memori eksternal.

Simpulan

Honor 9 Lite merupakan HP yang tergolong manis di kelas harga 2 jutaan. HP ini punya desain yang cantik, performa yang cukup baik, dan juga tangkapan kamera yang baik pula. Sayangnya, HP ini kurang cocok dipakai untuk ngevlog dan juga daya tahan baterai kurang begitu baik.

Jika Anda tidak terlalu problem dengan kekurangan tersebut, maka Honor 9 Lite ini merupakan HP yang cukup bisa Anda lirik di kelas harga 2 jutaan. Tertarik dengan HP ini? Anda mampu membelinya melalui toko online di link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online