10 Kelebihan Dan Kekurangan Smartphone Xiaomi Mi 8 Lite

September 2018, Xiaomi meluncurkan anggota keluarga gres dari Mi 8 yang bernama Xiaomi Mi 8 Lite. Ponsel tersebut datang dengan layar yang lebih besar dibanding generasi sebelumnya dan hadir dengan pilihan warna yang cocok untuk generasi muda kala kini.

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh ponsel yang tampil cukup kece ini? Berikut ini Carisinyal akan membahas 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite untuk para pembaca. Sebelumnya simak dahulu spesifikasi singkat dari ponsel asal Tiongkok ini.

Spesifikasi Xiaomi Mi 8 Lite

  • Rilis: September, 2018
  • Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio ( 403 ppi density)
  • Chipset: Qualcomm SDM660 Snapdragon 660 (14 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260)
  • GPU: Adreno 512
  • Memori Internal: 64/128 GB, 6 GB RAM or 64 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: Tidak ada
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + 5 MP, f/2.0, 1.12µm, depth sensor
  • Kamera Depan: 24 MP, 0.9µm
  • Baterai: Non-removable Li-Po 3350 mAh battery

Kelebihan Xiaomi Mi 8 Lite

1. Kinerja yang Cukup OK

Mi 8 Lite AnTuTu

* sumber: en.miui.com

Xiaomi Mi 8 Lite dipersenjatai dengan jeroan yang cukup baik. Chipset yang digunakannya ialah Qualcomm SDm 660 Snapdragon 660 dengan proses manufaktur 14 nm. Ponsel ini juga menggunakan CPU 4 inti (4×2.2 GHz Kryo 260 & 4×1.8 GHz Kryo 260) dan GPU Adreno 512.

Mi 8 Lite mencetak angka yang cukup mengejutkan dikala testing dengan AnTuTu, yakni 143643. Hal itu sudah dicap cukup anggun untuk ponsel kategori menengah dan harga budget seperti Xiaomi Mi 8 Lite. Dengan skor mirip ponsel ini sudah cukup untuk bisa menemani penggunanya bermain game-game populer.

Ponsel ini juga didukung dua pilihan RAM yang besar, yaitu 4 GB dan 6 GB yang mampu untuk menunjang kegiatan multimedia. Untuk ruang penyimpanan yang diberikan ialah sebesar 64 GB untuk RAM 4 GB, dan 64/128 GB untuk RAM 6 GB. Ruang penyimpanan sebesar itu sudah cukup untuk menyimpan banyak data.

2. Support Fast Charging

Fast Charge V3

* sumber: www.quora.com

 

Teknologi Quick Charge 3.0 telah dibenamkan dalam body Mi 8 Lite. Hal ini tentu saja keuntungan bagi pengguna alasannya adalah mereka dapat menghemat waktu untuk pengisian ponsel cendekia mereka. Dengan hadirnya fitur pengisian cepat ini, baterai Mi 8 Lite ini dapat terisi penuh dalam waktu beberapa kali lebih cepat dibanding ponsel sejenis yang tidak memakai fitur ini.

Menurut pengujian www.igeekphone.com, walau Mi 8 Lite tiba dengan teknologi pengisian cepat versi 3.0, namun colokan yang diusung adalah yang 5V2A pada era teknologi QC versi 1.0. Karena itu, dikala pengisian baterai mulai dari 1%, baterai Mi 8 Lite bertambah sampai 82% dalam waktu 140 menit. Adakah yang sudah menguji baterai Mi 8 Lite di sini?

3. Tampil untuk Kawula Muda

Mi 8 Lite

* sumber: en.miui.com

Panel belakang Mi 8 Lite diberi sentuhan gradasi warna yang kece. Pilihan warna yang tersedia untuk ponsel ini yaitu Twilight Gold, Dream Blue, Deep Space Gray. Dengan desain warna yang demikian, ponsel Xiaomi Mi 8 Lite sepertinya cocok untuk dimiliki oleh kalangan muda.

Jadi, kalau di sini ada yang merasa bosan dengan pilihan warna ponsel yang itu-itu saja, Xiaomi Mi 8 Lite bisa menjadi rekomendasi yang cantik untuk dimiliki.

4. Kapasitas Baterai Cukup Besar

Battery Draining Icon

* sumber: itechghana.com

Mi 8 Lite dipasarkan dengan kapasitas baterai 3.350 mAh yang tidak mampu dilepas. Daya yang diberikan baterai Mi 8 Lite cukup dapat menunjang kegiatan-kegiatan dasar seperti dalam waktu yang cukup lama.

Situs www.igeekphone.com telah melaksanakan pengujian pada baterai Mi 8 Lite ini. Pengujian pertama adalah dengan menonton video online dengan pengaturan kecerahan 70%, volume 50%, sisa baterai 68%, dan durasi video yang ditonton ialah 60 menit.

Dari hasil tes tersebut didapat bahwa daya baterai hanya berkurang 16% yang artinya baterai Mi 8 Lite (dalam kondisi full) mampu dipakai untuk menonton video online lebih dari 6 jam.

Pengujian kedua ialah dengan memainkan game Jesus Survival: Stimulate the Battlefield. Kondisi baterai saat pengujian yaitu 89% dan game dimainkan selama 30 menit. Hasil yang didapatkan yakni daya baterai berkurang 13%.

Dari pengujian di atas mampu disimpulkan jika baterai Mi 8 Lite bisa bertahan hingga berjam-jam untuk kegiatan berat dan sepertinya mampu bertahan lebih lama untuk acara-kegiatan lain seperti menelpon, menonton video, atau berselancar di dunia maya.

5. Dual Camera Action

Dual Camera Mi 8 Lite

* sumber: en.miui.com

Terdapat dua kamera dengan sensor yang berbeda di belakang body Mi 8 Lite. Yang pertama beresolusi 12 MP ber-aperture 1.9 dengan PDAF dan yang kedua beresolusi 5 MP dengan aperture 2.0 dengan depth sensor.

Berdasarkan ulasan pengalaman pengguna yang ditulis di forum MIUI, hasil bidikan kamera Mi 8 Lite terlihat cukup manis di siang hari. Sedangkan pada ketika kondisi cahaya rendah, kinerja jepretan Mi 8 Lite terlihat lebih baik dibanding dengan saudaranya Mi 8 SE.

Pujian serupa diungkapkan oleh situs Giztop. Menurut situs Giztop, kualitas hasil tangkapan kamera belakang HP ini tergolong memuaskan. Hasil fotonya terlihat elok meskipun menangkap kamera dalam kondisi mendung. Hasil tangkapan lebih baik bila membidik objek dengan dekat.

Agar tidak penasaran, berikut acuan hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite.

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

* sumber: www.giztop.com

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

* sumber: www.giztop.com

hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Mi 8 Lite

* sumber: www.giztop.com

Kamera belakang dilengkapi dengan flash untuk membantu pengambilan gambar saat kondisi cahaya rendah. Kualitas video yang dapat direkam kamera Mi 8 Lite adalah hingga 2160p sehingga cukup untuk menghasilkan video yang terlihat detail.

Untuk kamera depan, Mi 8 Lite dibekali sensor 24 MP yang hasil bidikannya juga tidak terlalu mengecewakan.

6. Desain yang Terlihat Lumayan

Xiaomi Mi 8 Lite

Mi 8 Lite hadir dengan body yang tipis dan layarnya membentang sampai 6.26 inchi. Hal ini cukup membuat Mi 8 Lite nyaman saat digenggam. Resolusi layar yang dipakai yaitu Full HD (1080 x 2280 pixel) dengan rasio 19:9 dan kerapatan pixel yang mencapai 403 ppi.

Dari yang tertulis di situs lembaga MIUI menuturkan bahwa walaupun panel layar yang digunakan Mi 8 Lite masih IPS, namun tetap menghasilkan tampilan yang baik. Penguji juga merasa puas dikala menonton film di layar Mi 8 Lite yang suaranya juga dirasa cukup untuk mengisi ruangan kecil.

7. Ada Case Cover dalam Paket Penjualan

Case Cover Mi 8 Lite

* sumber: en.miui.com

Untuk melindungi atau menyamarkan body Mi 8 Lite yang terlihat mengkilat, pengguna dapat memakai epilog body yang tersedia dalam paket penjualan, sehingga mereka tidak perlu keluar uang lagi untuk membeli barang tersebut.

Kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite

1. Tidak Ada Slot Memori Tambahan

Redmi 5 Plus slot tray sim

* sumber: www.gadgetmatch.com

Kendati sudah dibekali ruang penyimpanan sampai 128 GB, Mi 8 Lite tetap tidak mendukung adanya slot memori komplemen. Dengan demikian, pengguna harus dapat menggunakan memori internal Mi 8 Lite semaksimal mungkin.

Info yang tertera di GSM Arena membuktikan bahwa Mi 8 Lite tidak mempunyai slot untuk memori eksternal. Namun di beberapa review yang ditemukan, para pembahas mengkonfirmasi bahwa Mi 8 Lite datang membawa slot microSD. Kaprikornus, gosip tentang hal ini masih perlu dipastikan kembali.

2. Hilangnya Port Audio Jack

Jack 355

* sumber: en.miui.com

Tren disingkirkannya lubang audio 3.5mm sudah diterapkan di Mi 8 Lite. Namun ini bukanlah sebuah persoalan besar alasannya adalah Xiaomi telah menyediakan port USB Type-C yang mampu dikonversi ke dalam lubang 3.5mm. Apakah ada yang masih menginginkan lubang audio tersebut tetap hadir di Mi 8 Lite?

3. Tidak Ada Radio

No Radio

* sumber: twitter.com

Walaupun ini semacam kekurangan yang dipaksakan, tapi hilangnya radio memang bukanlah sebuah dilema besar bagi pengguna ponsel berilmu kurun kini. Kehadiran radio setidaknya mampu menjadi alat penghibur lain di dikala ponsel sedang tidak mendukung hiburan-hiburan utamanya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan xiaomi mi 8 lite yang dihimpun dari berbagai sumber terpercaya. Xiaomi Mi 8 Lite, mirip generasi-generasi sebelumnya memang selalu menarik untuk dibahas. Selain karena masuk sebagai HP budget, namun apa yang ditampilkan Mi 8 Lite tidak murahan.

Simpulan

Untuk kategori ponsel cerdik kelas menengah dan budget, Mi 8 Lite tampaknya mampu dipertimbangkan untuk dimiliki oleh kawula muda yang belum mempunyai tingkat aktivitas tinggi dengan ponsel mereka. Apalagi dengan kamera depan 24 MP-nya, sepertinya Mi 8 Lite cocok untuk dijadikan sobat berekspresi.

Beberapa kekurangan Mi 8 Lite mirip yang telah dibahas di atas tentu bukan sebuah halangan besar untuk meminang ponsel ini. Jika memang tertarik dengan Xiaomi Mi 8 Lite, silakan beli di toko online melalui link berikut ini.

Itulah bahasan mengenai 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Mi 8 Lite. Jika merasa terbantu dengan artikel ini mohon bagikan supaya lebih banyak orang mengetahui berita menarik ini. Selanjutnya ada artikel lain yang menarik untuk dibaca, yakni tentang 10 HP Xiaomi dengan RAM 6 GB Terbaru di Tahun 2018.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online