10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan sebuah ponsel kelas atas dan banderol harga yang tergolong mahal. Ponsel ini  memperlihatkan banyak fitur dan spesifikasi yang lebih menarik kalau dibandingkan Samsung Galaxy S20 lainnya, Samsung Galaxy S20 dan Samsung Galaxy S20 Plus.

Apa yang menciptakan Samsung Galaxy S20 Ultra terasa lebih spesial? Seberapa menarik ponsel ini jika menyelidiki harganya? Untuk mengetahuinya, mari simak ulasan simak kelebihan dan kekurangan Galaxy S20 Ultra berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra 5G

Umum

  • Diumumkan
    Februari, 2020

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM dan/atau eSIM) atau Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    166.9 x 76 x 8.8 mm

  • Berat
    222 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Dynamic AMOLED 2X

  • Ukuran
    6,9 inci dengan proteksi Corning Gorilla Glass 6

  • Resolusi
    1440 x 3200 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 511 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Exynos 990 (7 nm+)

  • CPU
    Octa-core (2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.60 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

  • GPU
    Mali-G77 MP11

Memori

  • RAM
    12 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD hingga 1 TB (menggunakan slot SIM bersama)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    4

  • Resolusi
    108 MP + 48 MP + 12 MP + 0,3 MP

  • Fitur
    – 108 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.33″, 0.8µm, PDAF, OIS

    – Periskop 48 MP, f/3.6, 102mm (telefoto), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, OIS, 10x hybrid optical zoom

    – 12 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), 1.4µm, AF, Super Steady video

    – 0.3 MP, TOF 3D, (mendalam)

    Fitur: LED flash, auto-HDR, panorama

  • Video
    [email protected], [email protected]/60fps, [email protected]/60/240fps, [email protected], HDR10+, dual-video rec., stereo sound rec., gyro-EIS & OIS

Kamera Selfie

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ax, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO

  • USB
    3.2, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    5000 mAh tidak dapat dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    – Pengisian baterai cepat 45W: 100% dalam 74 menit

    – USB Power Delivery 3.0

    – Pengisian nirkabel Qi / PMA cepat 15W

    – Power bank / Pengisian balik nirkabel 9W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (ultrasonik, d bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer

    – ANT+

    – Bixby

    – Samsung DeX

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Cosmic Grey, Cosmic Black

  • Lainnya
    Body:

    – Samsung Pay (Visa, MasterCard bersertifikat)

    – IP68 tahan debu / air (sampai 1,5 meter selama 30 menit)

    – Body belakang dilapisi Gorilla Glass 6

    Layar:

    – HDR10+

    – Always-on display

    – 120 Hz (sampai resolusi Full HD)

    Audio:

    – Audio 32-bit/384kHz

    – Tuned by AKG

    Catatan: Samsung Galaxy S20 Ultra versi Snapdragon 865 hanya untuk pasar Amerika Serikat saja.

Kelebihan Samsung Galaxy s20 Ultra

Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Samsung Galaxy S20 Ultra jelas menawarkan banyak kelebihan Apa sajakah kelebihan tersebut? Berikut daftarnya!

1. Layar Berkualitas Tinggi

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy S20 Ultra tiba dengan dimensi layar yang super besar. Ponsel ini memperlihatkan layar dengan dimensi 6,9 inci.

Layarnya menunjukkan resolusi 1440 x 3200 piksel yang tentunya mampu diubah pengaturannya ke resolusi Full HD. Untuk panel, layarnya memakai panel yang Samsung sebut sebagai Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen.

Layar pada ponsel ini sudah dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 6. Layarnya juga sudah dilengkapi dengan fitur HDR10+ dan Always-on display. Tidak ketinggalan, layar ponsel ini hadir dengan refresh rate 120Hz FHD. Sementara mode normalnya adalah refresh rate 60Hz QHD.

GSMArena memuji tampilan visual dari ponsel ini. Menurut mereka, layar ponsel ini yakni salah satu layar yang paling terang alasannya mampu mencapai 894 nits dalam kecerahan adaptive. Skor tersebut mengalahkan Galaxy Note10+ dan iPhone 11 Pro Max.

Situs Stuff.tv, menyebut jika layar AMOLED ponsel ini dapat memberikan visual dengan kecerahan sempurna dan warna yang tergolong vibrant. Sudut pandang layar ponsel ini juga tergolong manis, apalagi dengan bezel yang lebih tipis.

Video HDR10+ dapat menampilkan visual yang indah. Dan tidak lupa, kemampuan layar ponsel ini di mode refresh rate 120 Hz yaitu sebuah fitur terbaik karena bisa menampilkan pergerakan yang benar-benar halus. Pernyataan ini terang menegaskan jikalau layar pada ponsel ini benar-benar anggun.

2. Kualitas dan Fleksibilitas Kamera yang Baik

Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Galaxy S20 Ultra tiba dengan kombinasi empat kamera belakang. Kombinasi empat kamera ini menimbulkan Galaxy S20 Ultra lebih Istimewa karena Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus hanya dibekali dengan tiga kamera belakang.

Keempat kamera belakang di ponsel ini sendiri terdiri dari kamera ultrawide 108 MP, kamera Periscope 48 MP, kamera ultrawide 12 MP, dan kamera depth 0,3 MP. Bagaimana hasil tangkapan kamera dari Galaxy S20 Ultra ini? Untuk mengetahuinya, mari simak terlebih dahulu beberapa foto hasil tangkapan kamera belakang i Galaxy S20 Ultra berikut ini..

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.gsmarena.com

Hasil Tangkapan Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik foto di atas, hasil tangkapan kamera belakang Galaxy S20 Ultra tergolong menakjubkan. Situs Stuff.tv bahkan menyebut jika kamera utama ponsel ini, yaitu kamera 108 MP, bisa menghadirkan gambar foto dengan detail yang sangat baik dan HDR yang seimbang.

Pemotretan di mode malam juga tergolong elok. Meskipun, masih menurut Stuff.tv, kualitasnya masih kalah dengan mode malam dari ponsel Google, seperti Google Pixel 4. Tetapi ada kemajuan dibandingkan seri Samsung kelas atas sebelumnya.

Hal yang lebih mengesankan justru adalah kamera ultra-lebar, yang risikonya cocok dengan sensor utama untuk pencahayaan dan warna. Kamera ultrawide 12 MP ini bisa dibilang bagus jikalau dibandingkan kamera ultrawide 12 MP di ponsel pesaing.

Hal tersebut senada seperti yang disampaikan oleh Tomsguide. Menurut mereka, kamera ultrawide 12 MP di ponsel ini mampu menghadirkan foto yang luar biasa. Lebih elok dibandingkan kamera ultrawide 12 MP ponsel lain yang biasanya kualitasnya kalah dibandingkan pesaing.

Fitur yang menarik dari Galaxy S20 Ultra lainnya ialah fitur Single Take Mode. Fitur ini memungkinkan kamera mengambil aneka macam foto, dengan berbagai mode kamera, video 10 detik, mode portrait, bahkan Live Focus, hanya dengan sekali pencet saja. Benar-benar fleksibel dan menarik.

Fitur ini juga hadir di Samsung Galaxy S20 lainnya. Namun, alasannya kamera Galaxy S20 Ultra sedikit lebih beda, jadinya tentu lebih menarik dibandingkan dua seri lainnya. Oh yah, jangan lupakan juga jika kamera ponsel ini juga dapat merekam video beresolusi 4K.

Tidak ketinggalan, kamera depan ponsel ini juga tergolong manis. Bagian depan Galaxy S20 Ultra hadir dengan kamera 40 MP. Kamera depan ini bahu-membahu yakni kamera 10 MP yang mengalami teknologi Pixel Binning.

Hasil selfienya? Masih tergolong bagus. Seperti yang tertulis di situs Android Central, bila kamera depan ponsel ini bisa diandalkan untuk selfie dan hasilnya anggun, baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

3. Kamera Periscope Telefoto yang Bagus

samsung galaxy s20 ultra

Salah satu kamera belakang ponsel ini, ialah kamera Periscope 48 MP, Kamera ini memiliki fitur PDAF, OIS, dan kemampuan 10x hybrid optical zoom. Seberapa bagus, kualitas zoom pada HP ini? Simak foto di bawah ini.

Optical Zoom Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Foto tersebut yakni foto 10x Zoom menggunakan kamera periscope Galaxy S20 Ultra. Foto tersebut diambil oleh Max Parker dari Trustedreviews. Menurut Trustredreviews, kemampuan zoom di kamera ini tergolong elok dan jadi primadona.

Samsung sendiri mengklaim kemampuan kamera zoom ini mampu mencapai 100x untuk kebutuhan Space Zoom. Namun, Max sendiri tidak menyarankan menggunakannya.

Kemampuan zoom 10x di ponsel ini sendiri sudah tergolong fantastis. Menurut Max, foto dengan zoom 10x ini masih menghadirkan foto yang luar biasa dan mempunyai detail yang sangat baik. Bahkan, kemampuan ini tidak mampu  dicapai oleh iPhone 11 Pro atau Pixel 4. Tentu hal ini menegaskan jika kamera periscope di ponsel ini jadi nilai jual tersendiri.

4. Performa Kelas Atas

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy S20 Ultra dibekali dengan chipset Exynos 990. Chipset ini merupakan chipset yang dibangun dengan proses fabrikasi 7 nm+. Chipset ini merupakan chipset kelas atas Samsung. Dengan chipset ini, Samsung Galaxy S20 mampu menjalankan berbagai gim dengan sangat baik.

Chipset ini juga tersemat di Galaxy S20 lainnya, jadi secara kemampuan, ketiga ponsel Galaxy S20 memberikan kemampuan yang tidak jauh berbeda. Terlebih ketiganya juga sudah menggunakan RAM tipe LPDDR5 dan storage UFS 3.0.

Sebagai citra performa dari ponsel ini, mari simak perbandingan skor Geekbench berikut ini.

benchmark Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Menilik gambar tersebut, terlihat bila iPhone 11 Pro memiliki skor yang tinggi. Namun, jelas iPhone 11 Pro hadir dengan ekosistem berbeda. Mari bandingkan saja dengan ponsel Android lainnya.

Di gambar tersebut, tampak Galaxy S20 unggul di Geekbench single-core. Skornya mengalahkan Huawei Mate 30 Pro yang menggunakan Kirin 990 dan mengalahkan OnePlus 7T yang memakai Snapdragon 855+.

Di mode multi-core, skor Galaxy S20 kalah dari Huawei Mate 30 Pro. Menariknya, skor multi-core Geekbench 5 Galaxy S20 Ultra unggul dari OnePlus 7T Pro. Meskipun keunggulannya tergolong tipis. Menilik data ini saja, terperinci jika Galaxy S20 Ultra memperlihatkan kemampuan prosesor yang kencang dan memang layak di kelasnya.

5. Pengisian Daya Cepat

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Galaxy S20 Ultra hadir dengan charger bawaan 25W. Dengan charger ini, Galaxy S20 Ultra mampu mengisi daya dengan cepat. Seperti yang diungkapkan GSMArena, jikalau mengisi daya Galaxy S20 Ultra dengan charger 20W, dalam setengah jam, dayanya mampu mencapai 64%. Sementara untuk mencapai penuh, diharapkan waktu 58 menit.

Yang menarik, Galaxy S20 Ultra juga sudah mendukung charger 45W. Dengan charger ini terang kemampuan pengisian daya ponsel ini bisa lebih cepat. Memakai charger 25W sudah tergolong cepat.

6. Kualitas Speaker Stereo yang Bagus 

Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Salah keunggulan lain yang jarang diperhatikan yaitu soal kualitas audio. Sebagai sebuah ponsel kelas atas, Galaxy S20 Ultra terang harus menghadirkan kualitas suara yang baik. Dan berdasarkan Stuff.tv, kualitas speaker stereo di ponsel ini benar-benar anggun dan terdengar sangat keras. Satu kelebihan menarik lainnya tentunya.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Sebagai ponsel kelas atas, Galaxy S20 Ultra tentu saja memiliki kekurangan. Apa sajakah kekurangan tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Baterai Boros di Mode Layar 120Hz

samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra datang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Menilik ukuran layar dan fiturnya, kapasitas baterai ponsel ini jelas terkesan pas-pasan. Padahal untuk tipe ponsel lain, kapasitas tersebut tergolong besar.

Masalahnya, Galaxy S20 Ultra hadir dengan dimensi 6,9 inci dan mendukung refresh rate 120 Hz. Hal ini menciptakan daya tahan baterai ponsel ini ketika dalam mode refresh rate 120 Hz tergolong boros. Buktinya bisa disimak pada gambar di bawah ini.

Daya Tahan Baterai Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.gsmarena.com

Gambar di atas adalah gambar yang menerangkan hasil tes pengujian baterai di GSMArena. Di gambar tersebut ditunjukan kalau pada mode 120 Hz, endurance rating yang didapat hanya 87h.

GSMArena juga menguji ponsel ini di mode 60 Hz. Hasilnya, endurance rating yang didapatkan yaitu 97h, lebih baik. Hal ini membuktikan bila daya tahan baterai Galaxy S20 Ultra di mode 120 Hz cenderung boros. Karena itu, jika tidak perlu-perlu amat, sebaiknya tidak perlu memakai mode 60 Hz.

2. Kemampuan Sensor Sidik Jari yang Kalah dari Kompetitor

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Samsung Galaxy S20 Ultra ternyata mempunyai satu hal yang cukup mengecewakan, yakni respon sensor sidik jari di layar yang lambat. Hal ini dikeluhkan oleh Android Central. Menurut mereka, sensor sidik jari dalam layar di ponsel  ini tergolong lambat dan sering rewel.

Android Central punya pengalaman menggunakan Galaxy S10 yang kemampuan sensor sidik jari di layarnya mengecewakan. Dan hal ini terjadi di Galaxy S20 Ultra, yang artinya tidak ada peningkatan atau perbaikan untuk urusan ini dari Samsung sendiri.

3. Build Quality Bagus tapi Desain Membosankan 

Samsung Galaxy S20 Ultra

* sumber: www.trustedreviews.com

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan desain besar yang menarik. Desain bodi ponsel ini yang terbuat dari frame aluminium terang menciptakan desain bodinya benar-benar cantik. Terlebih ponsel ini juga sudah mengantongi sertifikasi tahan air.

Sayangnya, desain bodi ponsel ini terlihat membosankan. Tidak ada hal yang berbeda secara desain dibandingkan ponsel lainnya. Penempatan kameranya yang mengotak panjang juga tidak terlalu jadi ciri khas menarik.

4. Tidak Ada Audio Jack

samsung galaxy s20 ultra

* sumber: www.stuff.tv

Masalah serupa mirip Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus juga terjadi di Galaxy S20 Ultra. Ketiganya, sama-sama tidak menghadirkan port jack audio 3,5 mm. Hal ini mampu jadi bukti kalau kedepannya, port ini bakal benar-benar hilang di ponsel bakir.

5. Terlalu Mahal

harga samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra di Indonesia dijual dengan harga Rp18,9 juta. Untuk sebuah ponsel kelas atas, harga tersebut memang wajar tetapi bisa dibilang harga ponsel Samsung tiap tahun terus meningkat dan membuatnya terasa semakin mahal.

Simpulan

Samsung Galaxy S20 Ultra terang yaitu sebuah ponsel yang elok. Ponsel ini menghadirkan banyak keunggulan, terutama dari sisi performa, layar, dan kamera. Keunggulan-keunggulan tersebut menimbulkan ponsel ini memang berada di kelas atas dan cukup unggul dibandingkan pesaingnya.

Hanya saja, tentu keunggulan tersebut harus dibayar dengan harga yang juga tinggi. Karena itu, untuk membeli ponsel ini, dana yang dimiliki memang harus sudah cukup besar. Atau paling tidak menabung untuk membeli ponsel ini. Terlebih biasanya seiring berjalannya waktu, harganya akan turun. Tertarik dengan Galaxy S20 Ultra?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online