10 Kelebihan Dan Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung Galaxy S10 Lite, itulah nama baru dari keluarga Samsung Galaxy S10. Penamaan “Lite” biasanya mengacu kalau ponsel tersebut memberikan spesifikasi yang lebih rendah dari seri utama. Padahal bahu-membahu tipe ini sudah diwakilkan oleh Samsung Galaxy S10e.

Lantas, mengapa Samsung menghadirkan Samsung Galaxy S10 Lite? Apakah ponsel ini tergolong menarik? Jika memeriksa harganya, Samsung Galaxy S10 Lite ini dijual di harga Rp8 jutaan. Varian yang dijual di Indonesia ialah varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB.

Cukup layakah ponsel ini untuk dibeli? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite berikut ini. Tapi sebelumnya, mari simak spesifikasi yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy S10 Lite.

Spesifikasi Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung Galaxy S10 Lite

Umum

  • Diumumkan
    Januari, 2020

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Single SIM (Nano-SIM) atau Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    162.5 x 75.6 x 8.1 mm

  • Berat
    186 g

Layar

  • Jenis
    Layar sentuh kapasitif Super AMOLED Plus

  • Ukuran
    6,7 inci

  • Resolusi
    1080 x 2400 piksel, rasio 20:9 (kepadatan 394 ppi)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm)

  • CPU
    Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 485 & 3×2.42 GHz Kryo 485 & 4×1.78 GHz Kryo 485)

  • GPU
    Adreno 640

Memori

  • RAM
    8 GB

  • Memori Internal
    128 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 1 TB

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    3

  • Resolusi
    48 MP + 12 MP + 5 MP

  • Fitur
    – 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF, Super Steady OIS

    – 12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide)

    – 5 MP, f/2.4, 1/5.0″, 1.12µm, kamera makro khusus

    Fitur: LED flash, panorama, HDR

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    1

  • Resolusi
    32 MP, f/2.2, 25mm (wide), 1/2.8″, 0.8µm

  • Fitur
    HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-grup band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS

  • USB
    2.0, konektor reversibel Type-C 1.0

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    4500 mAh tidak mampu dilepas

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Pengisian baterai cepat

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 10

  • Sensor
    Fingerprint (optik, di bawah permukaan layar), accelerometer, gyro, proximity, compass

    – Samsung DeX (desktop experience support)

    – ANT+

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Prism White, Prism Black, Prism Blue

  • Lainnya
    Fitur layar:

    – Always-on display

    – HDR

Kelebihan Samsung Galaxy S10 Lite

Apa saja kelebihan dari Samsung Galaxy S10 Lite. Setidaknya, ada lima poin kelebihan yang dimiliki Samsung Galaxy S10 Lite ini. Simak keenam poin tersebut berikut ini.

1. Snapdragon 855 yang Tak Cocok untuk Nama “Lite”

samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.phonearena.com

Samsung Galaxy Galaxy S10 Lite dibekali dengan chipset Snapdragon 855. Snapdragon 855 ialah chipset kelas atas yang banyak digunakan ponsel kelas atas pada tahun 2019. Sebagai chipset kelas atas, terang performa dari chipset ini juga mentereng. Tengok saja gambar di bawah ini.

antutu samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik gambar di atas, dapat dilihat jikalau Samsung Galaxy S10 Lite mempunyai skor Antutu sebesar 459 ribuan. Skor ini jelas tinggi. Bahkan, skornya lebih unggul bila dibandingkan skor Antutu yang diraih oleh Samsung Galaxy Note 10.

Skornya juga lebih unggul dibandingkan Samsung Galaxy S10 Plus yang dibekali chipset Exynos 9820. Lucunya, Samsung Galaxy S10 series yang dijual di Amerika juga memakai Snapdragon 855.

Kehadiran Samsung Galaxy S10 Lite, terperinci menciptakan posisi ponsel ini tidak terang secara performa. Penamaan “Lite” pada seri ini kurang cocok karena ponsel ini memperlihatkan performa yang malah sedikit lebih baik bila dibandingkan Samsung Galaxy S10 series yang memakai Exynos 9820.

2. Daya Tahan Baterai yang Lama

baterai samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.gsmarena.com

Samsung Galaxy S10 Lite dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh. Kapasitas yang tentunya tergolong besar. Dengan baterai yang besar ini, Galaxy 10 Lite berhasil mencatatkan endurance rating sebesar 110h pada pengujian yang dilakukan GSMArena.

GSMArena sendiri bahkan mengklaim, jikalau daya tahan baterai ponsel ini malah lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy S10 series. Sementara situs PhoneArena mengatakan jikalau daya tahan baterai ini bisa bertahan sampai dua hari dengan penggunaan rata-rata. Dengan penggunaan berat, daya tahan baterainya mampu seharian.

3. Pengisian Cepat yang Kompetitif

samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy S10 Lite dibekali fitur fast battery charging 45W. Dengan fitur ini, pengisian ponsel ini menjadi lebih cepat dan membuat ponsel ini kompetitif di kelas hargannya. Betapa tidak, beberapa ponsel lain di kelas harga ponsel ini dibekali fitur pengisian super cepat.

Hanya saja perlu diingat, bahwa charger bawaan ponsel ini hanya 25W. Artinya, semoga mendapatkan pengisian lebih cepat, Anda harus membeli charger yang mendukung pengisian 45W. Namun, menggunakan charger 25W juga sudah cepat. Seperti yang diutarakan oleh GSMArena, jikalau ponsel ini mampu terisi hingga 63% hanya dalam waktu 30 menit saja dan ini merupakan hal yang baik.

4. Layar AMOLED HDR10+

layar samsung galaxy s10 lite

Samsung Galaxy S10 Lite sudah dibekali dengan layar 6,7 inci. Layarnya ini menawarkan resolusi 1080 x 2400 dengan rasio 20:9. Layarnya sendiri sudah memakai panel Super AMOLED dan mendukung fitur always-on display.

Tampilan layar Super AMOLED di ponsel ini sendiri benar-benar bagus. PhoneArena misalnya memuji tampilan panel Super AMOLED yang bagus dan kualitasnya mirip yang mampu dilihat pada ponsel Samsung dengan panel Super AMOLED.

Sementara situs Smartprix memuji tampilan layar ponsel ini yang hadir dengan warna-warna cerah dan hitam pekat. Dengan konsep “Infinity-O Display”, layar di ponsel ini tergolong menarik. Terlebih layar ponsel ini memiliki sertifikat HDR10+.

5. Under-display fingerprint yang Cepat dan Akurat

sensor sidik jari samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy S10 Lite hadir dengan sensor sidik jari di layar (under-display fingerprint), serupa dengan Galaxy S10 series. Bedanya, Galaxy S10 Lite hadir dengan sensor sidik jari optical sementara Galaxy S10 series menunjukkan sensor sidik jari ultrasonik.

Menurut GSMArena, pemindai sidik jari ultrasonik tidak mampu memperlihatkan pengalaman pengguna yang luar biasa. Plus, teknologi ini mempunyai segala macam duduk perkara dengan pelindung layar. Karena itu, penggunaan sensor sidik jari optical di ponsel sangat diapresiasi.

Terlebih ternyata, kemampuan sensor sidik jari di ponsel ini menawarkan pengalaman yang elbih baik dibandingkan Galaxy S10 series maupun Galaxy Note 10 (dan Note 10 Plus). Tidak berlebihan jika kemudian GSMArena menyampaikan jikalau Galaxy S10 Lite yaitu ponsel Samsung dengan tingkat akurasi dan kecepatan yang baik untuk pembacaan sensor sidik jari di layar.

6. Kamera Tergolong Oke

kamera samsung galaxy s10 lite

Samsung Galaxy S10 Lite hadir dengan tiga kamera. Ketiga kamera tersebut yaitu kamera utama 48 MP, kamera ultra-wide 12 MP, dan kamera makro 5 MP. Penasaran dengan hasil tangkapan kamera dari ponsel ini? Simak contoh hasil jepretan kamera dari Galaxy S10 Lite berikut ini.

hasil tangkapan kamera samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.phonearena.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy s10 lite b

* sumber: www.phonearena.com

hasil tangkapan kamera samsung galaxy s10 lite c

* sumber: www.phonearena.com

Terlihat pada gambar di atas, sekilas hasil tangkapan foto dari Samsung Galaxy S10 Lite tergolong baik. GSMArena sendiri memuji kualitas foto dari ponsel ini. Kualitas foto dari kamera utama, dari kamera ultra-wide, dan dari kamera makronya tergolong elok.

Selain itu, untuk mode foto low-light, akhirnya cukup manis. Sayangnya, untuk mode malam, kesannya terasa kurang begitu cantik. Menariknya, jika memakai mode malam pada kamera ultra-wide, balasannya malah lebih baik dibandingkan mode malam pada kamera utamanya.

PhoneArena punya pendapat juga soal kamera belakang ponsel ini. Menurut mereka, hasi jepretan dari ponsel ini tampil cukup baik di kondisi cahaya yang terperinci dan gelap. Mereka juga sangat terkesan dengan fitur Live Focus pada kamera ponsel ini. Hanya saja, kamera makro di ponsel ini tidak terlalu meyakinkan.

Kekurangan Samsung Galaxy S10 Lite

Setelah mengetahui kelebihan dari Samsung Galaxy S10 Lite, selanjutnya mari mengetahui kekurangan dari Samsung Galaxy S10 Lite. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy S10 Lite ini? Simak saja eksklusif poinnya berikut ini.

1. Mono Speaker

Samsung Galaxy S10 Lite

Samsung Galaxy S10 Lite ternyata hanya menunjukkan satu speaker di bab bawah. Itu artinya, Galaxy S10 Lite ini tidak memberikan speaker stereo. Hal ini menciptakan kualitas suara yang keluar dari ponsel ini kurang begitu nendang dibandingkan speaker stereo dari keluarga Galaxy S10 series.

2. Tidak Ada 3.5 mm Audio Jack

samsung galaxy s10 lite

Hal lain yang disayangkan dari ponsel ini yakni tidak adanya audio jack 3,5 mm. Padahal, keluarga Samsung Galaxy S10 masih menawarkan audio jack 3,5 mm. Tentu untuk beberapa orang, hal ini bisa menjadi kekurangan tersendiri.

3. Tidak Mendukung Wireless Charging

desain samsung galaxy s10 lite

Meski mempunyai daya tahan baterai yang baik dan pengisian yang cepat, Galaxy S10 Lite sayangnya tidak dilengkapi fitur pengisian tanpa kabel. Berbeda dengan keluarga Galaxy S10 yang mempunyai fitur ini dan membuat ponsel tersebut terasa lebih istimewa.

4. Desain Glasstic

samsung galaxy s10 lite

* sumber: www.smartprix.com

Samsung Galaxy S10 Lite bukanlah ponsel premium bila menilik desain bodi belakangnya. Bodi ponsel ini memang tidak terbuat dari kaca tetapi memberikan kesan mirip beling. Samsung menyebut teknologi sebagai “Glasstic”, plesetan dari “glass” dan “plastic”.

Dari kata tersebut, mampu diketahui bila bodi ponsel ini menggunakan plastik. Hal ini bukan sesuatu kekurangan yang besar jika berdasarkan GSMArena. Malah menurut mereka, dengan desain mirip ini, Galaxy S10 Lite lebih gampang digenggam alias tergolong ergonomis. Tapi tetap saja plastik tetaplah plastik yang tidak terkesan premium.

Simpulan

Samsung Galaxy S10 Lite intinya yaitu sebuah ponsel yang menarik. Ponsel ini tiba memperlihatkan performa yang tinggi, kualitas kamera yang baik, dan daya tahan baterai yang luar biasa. Jangan lupakan juga teknologi pengisian cepat di ponsel ini.

Penamaan “Lite” di ponsel ini tampaknya mengacu pada hal-hal lain, seperti bodi plastik, tidak mendukung wireless charging, dan speaker mono. Jangan lupakan juga kalau ponsel ini tidak mempunyai sertifikasi tahan air. Karena itu, perlindungan nama Lite di ponsel ini jadi hal wajar.

Apakah HP ini layak beli?  Tentu saja tetap layak beli, terutama bagi Anda yang membutuhkan ponsel Samsung dengan performa kencang di bawah Rp10 jutaan. Tertarik? Silakan beli ponsel ini di Lazada pada link ini atau Shopee pada link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online