1. Penurunan Chipset dari Generasi Sebelumnya

performa redmi 8

Redmi 8 tiba dengan chipset Snapdragon 439. Chipset hadir dengan proses fabrikasi 12nm. Di dalam chipset ini, tersemat prosesor quad  core 1.95GHz Cortex A53  dan quad core 1.45GHz Cortex A53. Untuk pengolah grafisnya, tersemat Adreno 505.

Penggunaan chipset Snapdragon 439 di Redmi 8 merupakan sebuah penurunan. Apa pasal? Karena Redmi 7 menggunakan Snapdragon 600 series yakni Snapdragon 632.

Penggunaan Snapdragon 439 jelas membuat performa Redmi 8 mengalami penurunan mengingat Snapdragon 400 series ada di bawah kelas Snapdragon 600 series meskipun Snapdragon 439 dibangun dengan proses fabrikasi yang lebih kecil.

Penggunaan chipset Snapdragon 439 juga membuat Redmi 8 seolah tidak jauh berbeda dengan Redmi 8A. Nilai Antutu juga cenderung identik mirip terlihat pada gambar di bawah ini.

antutu redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Redmi 8 dan Redmi 8A memiliki skor 70 ribuan menurut benchmark Antutu 7. Skor tersebut jelas menciptakan kedua ponsel bahwasanya memiliki performa yang tidak jauh berbeda. Karena itu, sektor performa ini jadi kekurangan. Redmi 8 seharusnya mempunyai chipset yang lebih baik atau paling tidak, tetap menggunakan Snapdragon 632 mirip halnya Redmi 7.

2. Tidak Ada LED Notifikasi

redmi 8

Kekurangan lain dari Redmi 8 ialah tidak adanya LED notifikasi. Fitur ini cukup berkhasiat untuk mengetahui ada tidaknya notifikasi di layar. Sayangnya, sepertinya fitur ini dianggap sepele sehingga kurang begitu diperhatikan oleh produsen ponsel.

3. Kamera Kurang Oke Di Kondisi Low-light 

Redmi 8

* sumber: www.androidauthority.com

Redmi 8 memiliki kualitas kamera yang kurang bagus untuk kondisi kurang cahaya. Contohnya mirip pada foto di bawah ini.

hasil tangkapan kamera Redmi 8

* sumber: www.fonearena.com

Terlihat dari foto di atas jika Redmi 8 kurang anggun untuk kondisi kurang cahaya. Sebenarnya hal wajar kualitas foto kamera belakang ponsel ini untuk low-light kurang memuaskan alasannya Redmi 8 berada di kelas harga terjangkau tetapi tentu akan lebih baik jikalau setidaknya hasil fotonya masih layak dilihat.

Simpulan

Redmi 8 ternyata memiliki keunggulan di bagian baterai, kemampuan dari cipratan air, desain yang terlihat premium, serta USB Type-C. Fitur-fitur ini tergolong elok untuk sebuah ponsel di kelas harga Rp1 jutaan.

Sayangnya, untuk performa, Redmi 8 menjadi sekelas mirip Redmi 8A. Padahal biasanya seri yang tidak menggunakan “A” lebih baik dibandingkan yang memakai “A”. Tertarik dengan Redmi 8? Jika tertarik, silakan beli Redmi 8 di toko online pada link ini.