10 Kelebihan Dan Kekurangan Iphone Xs Yang Wajib Anda Ketahui

Kemunculan iPhone X di tahun 2017 kemudian sempat menjadi kejutan tersendiri bagi para pecinta produk Apple, dikarenakan ponsel ini mempunyai desain yang sangat elegan dan dilengkapi dengan layar yang lebih luas serta fitur menarik mirip FaceID yang mampu menggeser keberadaan TouchID. Sehingga pengguna tidak perlu lagi memakai fingerprint sensor untuk meng-unlock smartphone mereka.

Tidak berhenti disitu, untuk memuaskan kebutuhan para pengguna iPhone, Apple kembali meluncurkan seri terbaru dari iPhone X yaitu iPhone XS dan XS Max.

Apakah Anda tertarik untuk membeli gadget satu ini? Kali ini, saya ingin mengajak Anda untuk mengenal lebih jauh salah satu suksesor dari iPhone X, yakni iPhone XS. Berikut 10 kelebihan dan kekurangan iPhone XS yang wajib Anda ketahui.

Spesifikasi iPhone XS

 

Apple iPhone XS

  • Rilis: September 2018
  • Layar: Super AMOLED capacitive touchscreen,16 M,5.8 inch 8.84 cm
  • Resolusi Layar: 1125 x 1125 x 2436 pixels, 19.5:9 ratio ( 458 ppi density)
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • CPU: Hexa-core (2x Vortex + 4x Tempest)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • OS: iOs 12
  • Memori Internal: 64/256/512 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: Dual 12 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, OIS, PDAF

    12 MP, f/2.4, 52mm (telephoto), 1/3.4″, 1.0µm, OIS, PDAF, 2x optical zoom

  • Kamera Depan:  7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
  • Baterai:  Non-removable Li-Ion 2658 mAh battery (10.13 Wh)

Kelebihan iPhone XS

1. Performa Super Cepat

Chipset Apple A12

* sumber: tekno.kompas.com

Bila dibandingkan dengan pendahulunya iPhone X, chipset yang disematkan pada iPhone XS tergolong lebih cepat yakni Apple A12 Bionic yang mempunyai kecepatan sebesar 7 nm dan didukung oleh Apple GPU (4-Core Graphics). Sekadar gosip saja, performa iPhone X dan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah tergolong cepat. Apalagi iPhone XS? 

Memang mirip apa performa dari iPhone XS ini? Mari langsung lihat performa CPU A12 Bionic yang ada di iPhone XS ini dengan menyelidiki skor benchmark Geekbench. Sekadar info, Geekbench ini termasuk benchmark yang akurat dalam memilih performa prosesor. Langsung saja lihat skor tes Geekbench iPhone XS yang diambil dari ulasan iPhone XS dari GSMArena ini.

GeekBecn 4.1 multi-core iPhone XS

* sumber: www.gsmarena.com

GeekBecn 4.1 single-core iPhone XS

* sumber: www.gsmarena.com

Dilihat dari hasil Geekbench tersebut, terlihat bila skor yang didapatkan iPhone XS ini tergolong tinggi. Performanya jauh lebih cepat dibandingkan Apple iPhone X dan Apple iPhone XS. Lantas, bagaimana dengan performa GPU pada Apple iPhone XS ini? Silakan disimak benchmark GFX pada gambar berikut ini.

GFX 3.1 Manhattan (1080p offscreen) iPhone XS

* sumber: www.gsmarena.com

GFX 3.1 Manhattan (1080p onscreen) iPhone XS

* sumber: www.gsmarena.com

Menilik hasil skor tersebut,  sudah jelas performa ponsel ini, baik prosesor maupun GPU lebih mulus dibandingkan dengan iPhone X yang masih memakai chipset Apple A11 Bionic. Anda yang hobi memainkan game dengan spesifikasi tinggi, tidak perlu khawatir akan terjadinya lag.

Selain chipset-nya yang punya performa kencang, ukuran RAM-nya yang cukup besar yaitu 4 GB membuat iPhone XS mampu digunakan untuk bermain game berat tanpa perlu khawatir lemot, deh!. Oh yah untuk mempertegas performa ponsel ini mari simak apa yang dikatakan oleh situs The Guardian.

Menurut The Guardian, Apple iPhone XS ini memiliki performa yang responsif, halus, dan lebih dari yang diharapkan. Memainkan gim dengan menggunakan ponsel ini juga tergolong baik. Sistem prosesor yang mendukung AI juga tergolong cepat dalam mempelajari machine-learning systems.

2. Kapasitas Memori Internal Lebih Lega

Kelebihan dan Kekurangan iPhone XS

* sumber: www.techradar.com

Meskipun tidak memiliki memori eksternal pelengkap, Anda tak perlu khawatir. Apple menyediakan tiga pilihan kapasitas memori internal untuk ponsel satu ini. Anda mampu memilih iPhone XS dengan memori internal 64 GB, 256 GB atau yang lebih besar yakni 512 GB. Di sektor ini, tentu iPhone XS lebih unggul dari iPhone X yang hanya memiliki dua pilihan memori internal: 64 GB dan 256 GB saja.

3. Memiliki Dua Slot SIM Card

 Apple iPhone XS

* sumber: www.techradar.com

Sebelumnya, Apple hanya menyematkan satu slot SIM card saja pada setiap ponsel andalan besutan mereka. Akhirnya, para pengguna Apple mampu menikmati fitur dual SIM melalui iPhone XS dan XS Max. Yup, fitur dual SIM yang ditambahkan berupa satu slot untuk nano SIM yang berbentuk fisik dan satu lagi khusus e-SIM yang merupakan SIM card elektro.

Seri iPhone XS dan XS Max menjadi smartphone yang memakai SIM card jenis ini sesudah sebelumnya, e-SIM digunakan oleh Samsung Galaxy Gear S2 3G di tahun 2016 kemudian. Namun, berdasarkan Kompas, penggunaan e-SIM sendiri gres melejit sejak digunakan oleh Apple untuk produk smart watch mereka adalah Apple Watch 3.

4. Water Resistance yang Lebih Tahan Lama

iPhone XS Water Resistance

* sumber: www.techradar.com

Water resistance pada iPhone XS mempunyai durasi yang lebih usang ketimbang iPhone X. Mengapa? Karena iPhone XS dilengkapi dengan water resistant IP68 yang bisa membuat ponsel ini bisa bertahan selama dua puluh menit di dalam air yang kedalamannya mencapai dua meter. Keren, kan?

Bodinya yang terbuat dari beling yang lebih besar lengan berkuasa dan dilengkapi frame stainless steel mengakibatkan iPhone satu ini layak untuk dimasukkan kedalam daftar ponsel bakir yang tahan banting.

5. Sistem Operasi Ter-Update

iPhone xs

* sumber: www.techradar.com

Adalah iOs 12 yang digunakan Apple pada iPhone XS sebagai sistem operasinya. Dapur pacu serta bodi yang kuat dan tahan lama dari iPhone XS akan menjadi sia-sia tanpa adanya sistem operasi yang menunjang performa ponsel pintar ini.

Seperti biasa, Apple selalu menghadirkan kejutan istimewa bagi para pengguna iPhone dengan menghadirkan beragam fitur unik yang membuat pemilik betah berlama-lama memainkannya.

Salah satunya yaitu Animoji yang sempat booming di kalangan pengguna iPhone X. Menurut Pocket-Lint, Animoji sendiri merupakan aksara emoji Augmented Reality (AR) yang mampu menyerupai mimik wajah hingga warna rambut yang Anda miliki. Animoji mampu merekam mulut wajah dan bunyi Anda secara real-time.

Nah, di iOS 12 ini, Apple menambahkan Memoji, versi lain dari Animoji yang ibarat Bitmoji, semacam avatar dan emoji generator yang dimiliki Snapchat.

6. Fitur Smart HDR di Sektor Kamera

iPhone XS kamera

* sumber: www.techradar.com

Sama halnya dengan iPhone X, iPhone XS juga dilengkapi dengan kamera depan berukuran 7 megapixel dan 12 megapixel di bab belakang. Secara garis besar, kamera yang dimiliki keduanya cenderung tidak mempunyai perbedaan yang signifikan.

Namun, ada fitur embel-embel di iPhone XS yang bisa membuat kualitas gambar menjadi lebih baik ialah fitur smart HDR. Dengan fitur smart HDR, gambar yang dihasilkan menjadi tidak memiliki banyak noise dan lebih mendetail.

Untuk lebih terang melihat hasil tangkapan kamera iPhone XS, silakan lihat gambar berikut ini.

hasil tangkapan kamera iphone XS 2

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera iphone XS 3

* sumber: www.techradar.com

hasil tangkapan kamera iphone XS

* sumber: www.techradar.com

FOTO LOWLIGHT IPHONE XS

* sumber: FOTO%20LOWLIGHT%20IPHONE%20XS

FOTO LOWLIGHT IPHONE XS 2

* sumber: www.gsmarena.com

Terlihat dari foto-foto tersebut jikalau hasil tangkapan kamera iPhone XS tergolong baik. Fitur Smart HDR ternyata membantu dalam menghasilkan kualitas gambar yang baik. Seperti kata GSMArena, Smart HDR pada iPhone XS berfungsi untuk menumpuk gambar dengan pencahayaan berbeda untuk mendapatkan dynamyc range dan kontas yang baik.

Kualitas hasil tangkapan kamera iPhone XS juga dipuji oleh Techradar. Menurut Techradar, hasil tangkapan kamera iPhone XS ini mampu menghasilkan foto yang detail. Hasil fotonya juga bisa menghadirkan warna dan ketajaman gambar yang baik.

Kualitas foto iPhone XS ini sebetulnya tidak perlu diragukan lagi. DxOMark, situs pemberi rating kamera, memberi nilai 105 pada kamera iPhone XS Max, saudara iPhone XS. Mengingat iPhone XS Max memiliki spesifikasi chipset dan kamera yang sama dengan iPhone XS, tidak berlebihan jika hasil kamera iPhone XS Max tidak akan jauh beda dengan ponsel iPhone XS.

7. Teknologi Face ID yang Lebih Cepat

iPhone XS notch

* sumber: www.techradar.com

Apple berhasil membuat teknologi yang dapat membantu pengguna iPhone untuk membuka kunci perangkat dengan menggunakan sensor wajah.Ya, lewat iPhone X yang dirilis tahun kemudian, Apple memperkenalkan teknologi Face ID yang dapat mendeteksi wajah pemilik dengan sensor infra merah yang terletak pada kamera bagian depan, tepatnya di posisi notch ponsel.

iPhone XS juga mempunyai Face ID yang kecepatannya jauh lebih baik dari iPhone X. Sehingga kunci layar dapat terbuka dalam waktu sekejap. Fitur ini juga dinilai lebih mampu menjaga keamanan ponsel, karena ponsel hanya dapat ter-unlock ketika sensor mengenai wajah pemiliknya saja.

Kekurangan iPhone XS

1. Desain yang Kurang Inovatif

Iphone Xs vs Iphone X

* sumber: brktech.net

Sayang sekali, dibalik banyaknya kelebihan yang ada, iPhone XS memiliki nilai minus pada segi desain yakni kurang inovatif. Yup, desain dari smartphone ini sama dengan pendahulunya yaitu iPhone X.

Perbedaannya terletak pada berat ponsel yang bertambah dari 174 g menjadi 177 g, menimbulkan iPhone XS lebih berat dan lebih besar dan terasa kurang nyaman bila dipegang. Apalagi jika Anda mempunyai ukuran tangan yang kecil.

2. Tidak Adanya Perubahan Pada Sektor Layar

iPhone XS vs iPhone X

* sumber: www.techradar.com

Sangat disayangkan, iPhone XS mempunyai tipe, resolusi serta ukuran yang sama dengan predecessor-nya, iPhone X. Layar yang ada pada keduanya berupa Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors dengan ukuran 5.8 inci, 84.4 cm2 (82.9% screen-to-body ratio) dan resolusi 1125 x 2436 pixels, 19.5:9 ratio (458 ppi density).

Hal ini tentu amat sangat mengecewakan, jikalau iPhone XS harus kehilangan eksklusivitasnya sebab ukuran serta kualitas layar yang dimiliki sama seperti iPhone X.

3. Harga Yang Tak Ramah Di Kantong

iphone xs

Harga dari salah satu smartphone canggih ini mencapai 999 dollar AS atau jikalau di rupiahkan setara dengan Rp. 14,3 jutaan pada kala bulan September 2018 lalu. Mungkin bagi sebagian orang, harga yang ditawarkan tergolong tidak ramah di kantong alias mahal. Mengingat spesifikasi dan tampilannya pun masih ibarat seri terdahulu.

Ditambah lagi, iPhone XS yang tak memiliki fitur fast charging dirasa tidak sebanding dengan harga setinggi langit yang ditawarkan oleh Apple.

Walau begitu, Anda masih mampu menikmati fitur fast charging di iPhone XS dengan cara membeli charger bertegangan 30 watt dan USB-C to-Lighting cable. Namun Anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit.

Jika Anda mempunyai biaya lebih, tidak ada salahnya membeli iPhone XS. Banyak kelebihan yang ditawarkan HP ini tentunya dengan konsekuensi Anda tidak mempermasalahkan harga. Jika tertarik, Anda bisa membeli iPhone XS  lewat toko online dengan klik link ini.

Jika iPhone XS dirasa terlalu mahal tetapi Anda membutuhkan ponsel iPhone kekinian dengan chipset yang sama, Anda bisa lirik iPhone XR. Apple iPhone XR ini ditawarkan lebih murah dibandingkan iPhone XS.  Jika Anda ingin tau dengan iPhone XR, Anda mampu membaca artikel kelebihan dan kekurangan iPhone XR terlebih dulu sebelum memutuskan membeli.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online