10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Xiaomi Redmi Note 6 Pro

Pabrikan Xiaomi menambah portofolio seri Redmi Note mereka yang dinamai Xiaomi Redmi Note 6 Pro. Ponsel ini bisa dibilang upgrade dari saudaranya, yaitu Xiaomi Redmi Note 5.  Sebenarnya penggunaan upgrade terasa kurang sempurna, alasannya XIaomi Redmi Note 6 Pro tidak membawa banyak  perubahan yang signifikan. 

Perubahan kentara terlihat dari desain dan layar. Xiaomi Redmi Note 6 Pro memiliki layar yang lebih lebar dibanding seri sebelumnya, namun tetap dengan body yang sama. Perubahan lain ada pada sektor kamera depan yang menghadirkan teknologi dual-camera atau kamera ganda.

Walaupun hadir dengan pakaian dan daleman yang hampir sama dengan sesepuhnya Redmi Note 5,  Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini tetap menarik untuk dibahas kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, kali ini Carisinyal akan menyajikan bahasan mengenai 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note Pro.

Sebelum pergi ke bahasan yang lebih rinci mengenai 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note Pro, mari kita ketahui dahulu spesifikasi singkat dari ponsel terpelajar ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 6 Pro

xiaomi redmi note 5 pro

Umum

  • Diumumkan
    September, 2018

  • Jaringan
    2G, 3G, 4G

  • SIM Card
    Hybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body

  • Dimensi
    157.9 x 76.4 x 8.3 mm

  • Berat
    182 g

Layar

  • Jenis
    IPS LCD capacitive touchscreen

  • Ukuran
    6.26 inci

  • Resolusi
    1080 x 2280 pixels, 19:9 ratio ( 403 ppi density)

Hardware

  • Chipset
    Qualcomm SDM636 Snapdragon 636 (14 nm)

  • CPU
    Octa-core 1.8 GHz Kryo 260

  • GPU
    Adreno 509

Memori

  • RAM
    4 GB

  • Memori Internal
    64 GB

  • Memori Eksternal
    microSD, hingga 256 GB (menggunakan slot SIM 2)

Kamera Utama

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    12 MP + 5 MP

  • Fitur
    f/1.9, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF + f/2.2, 1.12µm, depth sensor, Dual-LED flash, HDR, panorama

  • Video

Kamera Selfie

  • Jumlah Kamera
    2

  • Resolusi
    20 MP + 2 MP

  • Fitur
    f/2.0, 0.9µm + 2.2, 1.75µm, depth sensor, HDR

  • Video

Konektivitas

  • Wlan
    Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot

  • Bluetooth
    5.0, A2DP, LE

  • Infrared

  • NFC

  • GPS
    Ya, dengan A-GPS, GLONASS, BDS

  • USB
    microUSB 2.0, USB On-The-Go

Baterai

  • Jenis
    Li-Po

  • Kapasitas
    Non-removable 4000 mAh

  • Wireless Charging

  • Fitur
    Charging 2A/5V 10W

Fitur

  • OS (Saat Dirilis)
    Android 8.0 Oreo

  • Sensor
    Fingerprint (rear-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass

  • 3.5mm Jack

  • Warna
    Black, Blue, Rose Gold, Red

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

1. Layar Besar nan Memuaskan

Redmi Note 6 Pro

* sumber: www.notebookcheck.net

Hadir dengan layar IPS yang berukuran 6.26 inchi membuat Redmi Note 6 Pro ini cukup memuaskan. Layar tersebut dibalut dengan Corning Gorilla Glass sehingga lebih aman tatkala terkena goresan. Selain itu, Layar Redmi Note 6 Pro juga disempurnakan dengan resolusi tinggi 1080 x 2280 piksel dan kerapatan pixel yang mencapai 403 ppi.

Menurut uji keterbacaan layar di bawah sinar matahari yang dilakukan oleh GSMArena, Redmi Note 6 Pro masih tetap mampu digunakan dengan baik di luar ruangan. Berikut ialah hasil uji tersebut dengan beberapa ponsel pandai lainnya.

sunligt contrast ratio

* sumber: www.gsmarena.com

Dengan layar yang ditawarkan, Redmi Note 6 Pro tentunya mampu memenuhi banyak kebutuhan penggunanya, baik dalam hal multimedia atau acara-aktivitas yang mengharuskan penggunanya berada di luar ruangan dengan terik matahari. Kaprikornus, pengalaman berinteraksi dengan Redmi Note 6 Pro ini mampu menjadi hal yang memuaskan.

2. Baterai dengan Kapasitas Jumbo

Baterai Redmi Note 6 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Rasa khawatir akan cepat habisnya daya baterai sekarang mampu dihilangkan dengan Redmi Note 6 Pro. Bagaimana tidak, Note 6 menunjukkan penggunanya kapasitas baterai yang tergolong jumbo yaitu baterai berkapasitas 4000 mAh dan  berjenis Li-Po.

Uji daya tahan baterai GSMArena membuktikan bahwa Redmi Note 6 Pro ini dapat bertahan puluhan jam saat digunakan di beberapa acara. Xiaomi Redmi Note 6 Pro dapat menempuh waktu bicara selama 27 jam 27 menit. Ponsel ini juga dapat bertahan sampai10 jam 33 menit ketika pengetesan waktu berselancar di dunia maya, dan 11 jam 42 menit ketika pengetesan video playback secara terus-menerus.

Untuk urusan bermain game tampaknya tidak ada perbedaan yang signifikan antara Redmi Note 6 Pro dengan Redmi Note seri sebelumnya (baca di sini). Hal itu alasannya adalah kakak adik ini mempunyai kapasitas baterai dan jeroan yang sama.

Belum ada teknologi pengisian cepat yang disematkan pada Redmi Note 6 ini. Saat baterai dalam kondisi habis, pengguna memerlukan setidaknya 2 jam waktu pengisian sampai baterai penuh kembali.

3. Performa Cukup Kencang

AnTuTu Redmi Note 6

* sumber: www.gsmarena.com

Dibenamkannya chipset Snapdragon 636 dengan prosesor delapan inti tipe Kryo pada Redmi Note 6 pastinya sangat mendukung tingkat performa ponsel akil tersebut. Penggunaan pengolah grafis Adreno 509 juga membantu menawarkan nilai tambah pada kinerja ponsel akil kelas budget tersebut.

Nilai Antutu yang didapatkan ponsel ini, yaitu 115.605 (mirip terlihat pada gambar di atas), mengambarkan bila performa ponsel ini cukup kencang di kelasnya.  Selain kencang, Xiaomi Redmi Note 6 Pro juga memiliki pilihan varian yang besar, yakni ROM 32 GB atau RAM 4 GB dengan ROM 64 GB. Ruang penyimpanan sebesar itu juga masih mampu ditambah dengan adanya santunan slot memori eksternal (menggunakan slot SIM 2) hingga 256 GB.

Satu catatan perhiasan, Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini tiba dengan Snapdragon 636 yang dibangun dengan proses manufaktur 14 nm. Hal tersebut mampu membantu penghematan daya Redmi Note 6 Pro dan juga menjaga suhunya tetap dingin saat sedang peak load atau kondisi beban ponsel sedang tinggi.

4. Kamera yang Memberikan Pengalaman Indah

Redmi Note 6 Pro Camera

* sumber: iphonews.com

Sektor kamera pada Xiaomi Redmi Note 6 Pro, terutama kamera utama, tentu tidak bisa dipisahkan dari pendahulunya. Hal itu karena Xiaomi Redmi Note 6 Pro mempunyai kamera utama yang sama dengan Redmi Note 5, yakni kamera ganda beresolusi 12 dan 5 MP dengan pixel PDAF dan dual-LED flash serta disematkannya teknologi AI atau Artificial Intelligence.

Dengan fitur-fitur yang dibawa kameranya, foto yang dihasilkan kamera utama Xiaomi Redmi Note 6 Pro terbilang manis. Bahkan GSMArena menyebut foto yang mereka jepret pada siang hari memakai kamera Xiaomi Redmi Note 6 Pro balasannya sangat memuaskan. Berikut beberapa teladan hasil tangkapan kamera belakang Xiaomi Redmi Note 6 Pro. 

hasil foto redmi note 6 pro (2)

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto redmi note 6 pro (2)

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto redmi note 6 pro (2)

* sumber: www.gsmarena.com

hasil foto redmi note 6 pro (2)

* sumber: www.gsmarena.com

Mereka berkata jikalau hasil jepretan kamera tersebut mempunyai detail yang lebih dari cukup, warna yang realistis, kontras yang sangat baik serta sedikit noise. Hal ini pastinya menjadi nilai jual yang lebih bagi ponsel arif sekelas Note 6 Pro dibanding ponsel sejenis dengan harga yang lebih tinggi.

Pada sektor kamera depan, Redmi Note 6 hadir berbeda dengan pendahulunya. Note 6 mempunyai kamera depan ganda dengan resolusi 20 MP dengan aperture f/2.0 plus 2 MP dengan depth sensor. Foto yang dihasilkan kamera depan Note 6 ini cukup baik di kelasnya.

Dengan kamera ganda depan-belakang berteknologi yang dibawa Redmi Note 6 pastinya mampu menawarkan pengalaman yang indah bagi penggunanya. Hal itu sebanding atau bahkan lebih dengan harga yang ditawarkan untuk Note 6 ini.

5. Masih Support Infrared

Infrared

* sumber: www.flickr.com

Hal ini mungkin dianggap remeh oleh sebagian orang, namun kehadiran teknologi infrared masih diharapkan oleh sebagian pengguna. Biasanya ponsel akil yang masih support infrared dapat dipakai sebagai remote control untuk beberapa produk elektronik.

Hal itu tentunya akan sangat membantu orang-orang yang sering lupa menyimpan remote control mereka. Dengan hadirnya inframerah, penggunaan ponsel berakal bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro

1. Masih Belum Triple Slot

slot hybrid xiaomi redmi note 5

Redmi Note 6 masih tampil dengan Hybrid Dual SIM  yang berarti salah satu slot tersebut dapat digunakan untuk SIM atau memori eksternal. Bagi sebagian orang hal itu tentu menjadi problem. Jika ingin memakai dua kartu SIM yang aktif secara bersamaan maka memori eksternal yang kadang dibutuhkan tidak bisa digunakan dan sebaliknya.

2. Desain yang Itu-Itu Saja

Xiaomi_Redmi_Note_6_Pro_-_Body_2_(gsm_arena)

Walaupun datang dengan beberapa perubahan, namun desain body Note 6 masih sama saja dengan pendahulunya. Hal itu pastinya terlihat membosankan bagi sebagian orang di mana mereka menginginkan sesuatu yang fresh pada ponsel seri Note terbaru Xiaomi.

Xiaomi tampaknya mengabaikan kritikan banyak orang di mana seri Redmi (termasuk Redmi Note) sebelumnya juga dinilai membosankan dalam segi desain. Apakah seri Redmi dan Redmi Note selanjutnya juga akan demikian? Kita lihat saja nanti bagaimana Xiaomi beraksi.

3. Port MicroUSB yang Ketinggalan Zaman

Port Redmi Note 6 Pro

* sumber: www.gsmarena.com

Saat ini sudah banyak ponsel cerdik kelas menengah yang sudah menggunakan port USB Type-C di mana transfer data mampu dilakukan lebih cepat. Untuk urusan ini ternyata Xiaomi juga belum mau mengurusnya di Note 6 Pro. Padahal untuk ponsel cendekia sekelas Redmi Note 6 Pro, USB Type-C sudah cocok diaplikasikan.

Tanpa mengabaikan keunggulan Note 6 Pro lainnya, tentu hal ini bukanlah sebuah dilema besar. Namun sepertinya orang-orang lebih suka mendapatkan sesuatu yang mampu membantu mereka bekerja lebih cepat, seperti memindahkan data dari ponsel pintar ke PC misalnya.

4. Belum Support Fast Charging

Fast Charging

* sumber: www.pinterest.co.uk

Selanjutnya dalam 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note Pro adalah belum support-nya teknologi fast charging. Untuk hal semacam ini tentu saja masih bisa dimaklumi sebab Redmi Note 6 Pro mempunyai kapasitas baterai yang besar. Karena dayanya yang bisa bertahan usang, pengguna jadi tidak perlu terlalu sering mengisi baterai Note 6.

Walaupun demikian, kehadiran teknologi fast charging di Redmi Note 6 pastinya akan sangat membantu. Seandainya ada, para pengguna Note 6 mampu memangkas waktu pengisian baterai ponsel mereka menjadi lebih cepat.

5. Aplikasi Pihak Ketiga untuk 4K Video Recording

4K Logo

* sumber: nikonrumors.com

Dari keseluruhan kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang dibahas di sini, yang terakhir ini memang sangat mampu dimaklumi. Selain alasannya belum banyak orang menggunakan fitur ini, merekam video dengan kualitas 4K juga membutuhkan ruang memori yang besar.

Namun jikalau pengguna Redmi Note 6 Pro ingin melaksanakan hal demikian, maka mereka perlu memasang aplikasi pihak ketiga di perangkat mereka. Dan kemungkinan memori eksternal diperlukan untuk mendukung acara tersebut.

Simpulan

Xiaomi Redmi Note 6 Pro ini tergolong HP yang mengagumkan di kelasnya. Dibenamkannya teknologi kamera yang manis menciptakan Redmi Note 6 Pro ini cocok dimiliki mereka yang hobi fotografi namun dengan perangkat di kelas budget. Rekomendasi ini tentu tiba dari hasil jepretan Note 6 Pro yang dinilai mengesankan.

Walaupun masih mempunyai beberapa kekurangan mirip yang ada pada generasi sebelumnya, namun hal itu masih dapat dimaklumi bahkan itu bukanlah duduk perkara yang besar. Hanya saja mungkin rasa bosan sebagian orang pada desainnya menjadi pertimbangan lain sebelum memiliki Note 6 Pro. Tertarik untuk membeli? Anda mampu membelinya melalui toko online di link ini.

Nah, itulah 10 kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi Note 6 Pro yang dihimpun dari berbagai sumber. Anda juga mampu membaca artikel kelebihan dan kekurangan ponsel Xiaomi lainnya mirip artikel “10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi Note 5A” atau artikel “10 Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi Redmi S2“. 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online