10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Samsung Galaxy A31

Ada banyak ponsel Samsung Galaxy seri A yang ada di pasaran. Salah satunya yaitu Samsung Galaxy A31. Dari namanya, terperinci kalau ponsel ini jadi penerus dari Samsung Galaxy A31 dan Samsung Galaxy A30s.

Samsung Galaxy A31 sendiri dijual dengan harga kisaran Rp4,1 jutaan. Dengan banderol harga tersebut, apakah ponsel ini menarik? Untuk mengetahuinya, mari simak kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A31 berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31

  • Layar: AMOLED, 6.4 inches
  • Chipset: MediaTek MT6768V/CA / Helio P65
  • CPU: Octa-core (2×2.0 GHz & 6×1.7 GHz)
  • GPU: Mali-G52 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC
  • Kamera Belakang: Quad 48 MP + 8 MP + 5 MP + 5 MP
  • Kamera Depan: 20 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

Spesifikasi selengkapnya…

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Kelebihan Samsung Galaxy A31

Apa saja kelebihan yang ditawarkan Samsung Galaxy A31? Langsung saja simak detail kelebihannya berikut ini!

1. Empat Kamera yang Oke

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 datang dengan empat kamera belakang, sama mirip saudaranya, Samsung Galaxy A51. Keempat kamera tersebut mempunyai bentuk yang serupa dengan kamera Samsung Galaxy A51.

Keempat kamera tersebut terdiri dari kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro serta depth sensor camera sebesar 5 MP. Konfigurasi kamera ini cenderung seperti dengan Kamera Galaxy A51. Perbedaannya, ada di kamera ultrawide. Samsung Galaxy A51 menunjukkan kamera ultrawide dengan resolusi lebih tinggi, adalah 12 MP.

Lantas, apakah kualitas kamera utama dari ponsel ini tidak berbeda jauh dengan Galaxy A31? Tentu saja kualitasnya berbeda. Hal ini dipengaruhi alasannya adalah Galaxy A31 dan Galaxy A51 mempunyai chipset yang berbeda yang tentunya akan memiliki kualitas DSP (Digital Signal Processing) yang berbeda.

Kualitas kamera Samsung Galaxy A31 sendiri tergolong baik. Berdasarkan ulasan dari KumparanTech, Samsung Galaxy A31 ini hadir dengan kualitas kamera utama yang baik. Kamera 48 MP mampu menghadirkan kualitas gambar yang bagus, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Kamera utama 48 MP ini pada dasarnya yaitu kamera 12 MP. Mode awal yaitu 12 MP tetapi bisa diubah ke mode 48 MP. Dan kedua mode ini mampu menghadirkan kualitas foto yang baik dengan pencahayaan gambar yang tidak terlalu berlebihan.

Sementara menurut situs Dailysocial, hasil tangkapan kamera dari ponsel ini tergolong cantik. Untuk kamera di kondisi low-light juga tergolong manis.

Untuk kualitas kamera lainnya juga cukup setuju. Misalnya kamera ultrawide 8 MP yang mampu  menangkap gambar dengan sudut pandang yang luas. Dan berdasarkan KumparanTech, akhirnya tergolong memuaskan.

Kamera makro juga bekerja dengan baik. Hasil tangkapan kamera makro dari ponsel ini mampu menghasilkan foto yang impresif, mempunyai tekstur gambar yang detail, dan warna yang tidak memudar. Meskipun berdasarkan Dailysocial, hasil kamera makro dari ponsel ini terasa kurang tajam.

Sementara kamera depth sensor di Samsung Galaxy A31 mampu membantu kamera utama dalam menghasilkan foto bokeh yang baik. Seperti kata situs Uzone, kamera depth sensor 5MP ini mampu menghadirkan gambar dengan efek bokeh yang creamy.

Dari pemaparan tersebut, terperinci jika kamera Samsung Galaxy A31 tergolong manis secara umum. Bisa dikatakan, kamera ponsel ini tergolong mampu diandalkan dan tergolong cukup elok di kelas harganya. Sayangnya, kamera belakang ponsel ini tidak mendukung Super Steady, fitur menarik yang dimilikI Samsung Galaxy A51 dan Samsung Galaxy A71.

Hal menariknya, hasil selfie dari Samsung Galaxy A51 ternyata berukuran 12 MP. Tampaknya hal ini merupakan upscale dari kamera 8 MP. Untuk kualitas kamera selfie di ponsel ini sendiri tergolong manis. Seperti kata GSMArena, ponsel ini dapat memotret dengan baik dan menghasilkan warna dan detail yang bagus serta rentang dinamis yang luas.

2. Layar Lega dengan Super AMOLED

Samsung Galaxy A31

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=3i6xca_PsKA&t

Samsung Galaxy A31 tiba dengan layar Super AMOLED 6,4 beresolusi 1080 x 2400 piksel. Layarnya ini memiliki rasio layar ke bodi sebesar 84.9%. Layarnya sendiri memiliki kerapatan sebesar 411 ppi.

Karena menunjukkan layar Super AMOLED, layar ini mempunyai tampilan warna yang begitu pekat, apalagi untuk warna hitamnya. Seperti kata Dailysocial, kalau tampilan layar dari ponsel ini memiliki warna yang cemerlang dan tingkat warna hitam yang tinggi.

Hal yang sama juga diungkap oleh Uzone. Menurut mereka, layar ponsel dengan panel AMOLED bisa menghadirkan kualitas warna yang cemerlang. Layar seperti ini juga tergolong nyaman digunakan untuk nonton video maupun bermain gim.

3. Sensor Sidik Jari di Layar

fingerprint Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 benar-benar memanfaatkan panel layar AMOLED-nya. Keberadaan panel AMOLED, menciptakan ponsel ini mampu mengimplementasikan sensor sidik jari di layar alias in-display fingerprint scanner. Ponsel ini juga didukung dengan face recognition alias sensor pengenalan wajah.

4. Daya Tahan Baterai yang Lama

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Kapasitas baterai ini tergolong besar untuk sebuah ponsel seri A. Mengingat, Samsung Galaxy A30s dan Samsung Galaxy A31 saja hanya dibekali baterai berkapasitas 4.000 mAh.

Dan kapasitas baterai 5.000 mAh sebetulnya bukan sesuatu yang istimewa mengingat ketika ini sudah banyak ponsel dengan baterai 5.000 mAh yang beredar di pasaran. Tinggal seberapa usang daya tahan baterai dari ponsel ini.

Menurut Uzone, daya tahan baterai ponsel ini bisa bertahan selama 24 jam dengan pemakaian normal. Hasil yang tentu tergolong elok.

5.  Desain yang Solid

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 hadir dengan desain yang tidak terlalu menonjol. Desainnya tidak memiliki pola yang gila. Meskipun pada bab bawah, terdapat contoh garis vertikal yang sebetulnya tidak menunjukkan kesan beda. Tampilan desainnya praktis.

Bodi belakang ponselnya sendiri berbahan plastik. Satu hal yang mulai mampu dimaklumi mengingat banyak ponsel yang mempunyai desain plastik. Meskipun berdesain plastik, ponsel ini tergolong solid dan gampang digenggam.

Desain yang solid ini berpadu dengan bagian bezel layar ponsel yang tergolong tipis. Hal ini memberi kesan menarik dan kekinian berkat konsep layar Infinity-U display. 

6.  One UI Android 10 dan NFC

oneui 2

Satu kelebihan menarik dari Samsung Galaxy A31 adalah antarmuka One UI 2.1 yang berbasis Android 10. Antarmuka ini mempunyai fitur yang tergolong menarik. Beberapa fitur menarik yang ditawarkan One UI  contohnya yaitu opsi mode layar vivid atau natural, akses cepat di edge screen, ikon aplikasi yang tampak lebih besar, dan lainnya.

Selain itu, Samsung Galaxy A51 sudah mendukung NFC. Fitur ini terang harus ada, apalagi harga ponsel ini ada di kelas Rp4 jutaan. Kehadiran NFC bisa jadi daya tarik sendiri mengingat tidak banyak ponsel

Kekurangan Samsung Galaxy A31

Setelah mengetahui kelebihan dari Samsung Galaxy A31, mari ketahui kekurangan dari Samsung Galaxy A31. Apa saja kekurangan dari Samsung Galaxy A31 ini? Inilah empat poin kekurangan dari Samsung Galaxy A31.

1. Performa Tidak spesial

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 dibekali chipset Helio P65. Di dalam chipset ini, terdapat prosesor octa core  yang terdiri dari enam prosesor Cortex-A55 1.7 GHz dan dua prosesor Cortex-A75 2.0 GHz. Sementara untuk pengolah grafis, chipset ini hadir dengan GPU GPU Mali-G52 MC2.

Lalu, bagaimana dengan performa dari chipset ini? Sebagai citra, Samsung Galaxy A31 ini mempunyai nilai Antutu 8 sebesar 149 ribuan.

antutu samsung galaxy a31

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=AQVYVVndtrM

Dengan skor tersebut, jelas bila untuk kelas harganya, performa dari Samsung Galaxy A31 tergolong biasa saja. Pasalnya, ada ponsel lain seperti vivo S1 dan vivo Y19 yang juga hadir dengan chipset Helio P65. Bedanya, kedua ponsel tersebut dijual di harga Rp2 jutaan sementara Samsung Galaxy A31 dijual di harga Rp4 jutaan lebih sedikit.

Dailysocial dan Uzone sendiri mengembangkan pengalaman memakai ponsel ini. Menurut mereka, ponsel ini tergolong cantik untuk menunjang acara peran sehari-hari. Tidak ada kendala yang berarti. Terlebih alasannya ponsel ini dibekali RAM 6 GB serta memori internal 128 GB.

Untuk kebutuhan sehari-hari memang performa dari ponsel ini tergolong manis. Tetapi terang di kelas harganya, ada banyak ponsel lain yang mempunyai performa yang lebih baik, termasuk untuk menjalankan gim. Karena itu, bisa dibilang, performa dari ponsel ini memang tidak istimewa.

2. Kamera Depan 20 MP Kurang Maksimal

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 hadir dengan kamera depan 20 MP. Resolusi kamera ini tergolong tinggi jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni Samsung Galaxy A30s yang hanya menunjukkan kamera depan 16 MP.

Kualitas kamera depannya sendiri tergolong anggun. Menurut Kumparan, hasil selfie dari ponsel ini tergolong mampu menghadirkan gambar yang memukau. Hanya saja hal tersebut didapatkan di kondisi cahaya yang cukup. Untuk kondisi di dalam ruangan, kualitas jepretan kamera depan ponsel ini sedikit menurun.

Hal ini berarti untuk kualitas selfie, kamera ini masih kurang maksimal. Terlebih mengingat banyak ponsel dari merk kompetitor yang memperlihatkan kualitas kamera depan yang lebih baik.

Untuk rekaman video sendiri, tidak ada yang istimewa. Kamera depan ponsel ini bisa merekam video 1080p dengan 30fps, sama seperti kamera belakangnya.

3. Fast Charging Hanya 15W

Samsung Galaxy A31

Samsung Galaxy A31 hanya dilengkapi dengan teknologi fast charging 15w. Tentu ini merupakan sesuatu yang biasa saja untuk kelas harganya.

Tetapi, mampu dibilang pengisian 15w ini patut diapresiasi mengingat ternyata waktu yang diperlukan untuk mengisi penuh ponsel ini membutuhkan 1 jam 30 menit. Hasil tersebut tentu tergolong cantik.

4. Masalah Perbedaan Harga dengan Galaxy A51

galaxy a51 vs galaxy a31

Satu hal yang jadi permasalahan dari Samsung Galaxy A31 ialah harganya yang ada di angka kisaran Rp4,1 jutaan. Harga ini mampu dibilang terlalu mahal. Hal ini didasari alasannya adalah saudaranya, Samsung Galaxy A51 dijual dengan harga kisaran Rp4 jutaan.

Di toko online, Samsung Galaxy A51 dijual di kisaran Rp4,8 jutaan. Tetapi tidak sedikit yang menjual Samsung Galaxy A51 di angka Rp4,3 jutaan. Dengan perbedaan harga yang sedikit terperinci membuat Samsung Galaxy A31 tidak terlalu menarik untuk dilirik.

Simpulan

Menilik banderol harganya, Samsung Galaxy A31 bisa dibilang ponsel yang nanggung. Di kelas harganya, terperinci Samsung Galaxy A51 lebih baik dan menarik. Selisih harga yang tidak jauh inilah yang pada hasilnya menciptakan Galaxy A31 sebaiknya dihindari.

Tentu akan lain kisah jika Samsung Galaxy A31 dibanderol di harga Rp3 jutaan. Mungkin di sekitar Rp3,6 atau malah kurang. Tapi biasanya seiring berjalannya waktu, harga ponsel Samsung mengalami penurunan.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online