10 Kelebihan Dan Kekurangan Hp Mito Fullview A-16

Maraknya jenama ponsel dari Tiongkok dan Korea di pasaran Indonesia membuat ponsel produksi lokal kurang mendapat sorotan. Padahal ada banyak HP produksi dalam negeri yang hadir di pasaran Indonesia. Sayangnya, gaung ponsel-ponsel tersebut kurang menerima perhatian di media umum maupun media lainnya, salah satunya yakni Mito Fullview A-16.

Dari namanya, Mito Fullview A-16 yakni ponsel yang diproduksi oleh Mito, produsen ponsel yang memang sering menghadirkan ponsel murah di Indonesia. Mito Fullview A-16 ini bekerjsama cukup menarik perhatian alasannya peran Raffi Ahmad sebagai brand ambassador Mito. Di berbagai toko ponsel yang menjual ponsel ini, cukup banyak ditemukan poster promosi Raffi Ahmad memegang Mito.

Raffi Ahmad ini padahal memiliki fanbase yang besar. Dia rajin muncul di televisi jadi agak keterlaluan kalau orang-orang zaman sekarang tidak mengenal Raffi Ahmad. Tapi, mari tidak usah fokus soal Raffi Ahmad, yang akan dibahas bukan soal suami dari Nagita Slavina tersebut, melainkan Mito Fullview A-16.

Seperti apa Mito Fullview A-16 ini? Apakah ponsel ini tergolong menarik untuk dibeli? Tanpa berlama-usang lagi, mari simak pembahasan soal kelebihan dan kekurangan Mito Fullview A-16 berikut ini.

Spesifikasi Mito Fullview A-16

 

  • Rilis: Maret, 2018
  • Layar: IPS LCD 5  inches
  • Resolusi Layar: 540 x 960 pixels 18:9 ratio
  • Chipset:
  • CPU: Quad Core 1.3 GHz
  • GPU:
  • Memori Internal: 8 GB, 1 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 32 GB
  • Kamera Belakang: 2MP + 8MP Auto Focus with Flashlight
  • Kamera Depan: 5MP LED Flash
  • Baterai: RemovableLi-Ion Polymer 2100 mAh

Kelebihan Mito Fullview A-16

1. Layar Rasio 18:9

Mito Fullview A-16

Sesuai namanya, Mito Fullview A-16 adalah HP yang mengusung konsep layar kekinian alias HP layar penuh. HP dengan layar penuh memang menjadi tren setahun belakangan. Tren ini tidak berhenti alasannya adalah banyak ponsel baru sekarang yang memang sudah menghadirkan layar penuh, termasuk HP lokal.

Mito Fullview A-16 adalah salah satu dari beberapa HP lokal yang menghadirkan ponsel dengan layar penuh. Layar ponsel ini sendiri hadir dengan dimensi 5 inci beresolusi 540 x 960 piksel. Resolusi layarnya bukan HD+ memang, tetapi untuk sebuah ponsel murah maka hal ini bukanlah masalah.

Dengan layar yang lebih lebar, tentunya menciptakan HP ini tidak ketinggalan zaman terlebih alasannya adalah layar yang lebih lebar menciptakan tampilan visual menjadi lebih luas. Jarang lho, di kelas harga yang murah ada ponsel dengan layar yang cukup lebar.

2. Dual Kamera Murah yang Bisa Bokeh

Selain ikut meramaikan dengan tren layar penuh, Mito Fullview A-16 juga menghadirkan fitur dual kamera di kamera utamanya. Dual kamera yang ada di HP ialah 8 MP + 2 MP.

Untuk sebuah ponsel murah, kehadiran dua kamera tergolong baik. Menilik harga ponsel ini yang dibanderol di bawah Rp1 juta, kehadiran dual kamera menjadi istimewa alasannya adalah HP dual kamera yang dibanderol di bawah Rp1 juta hanya bisa dihitung jari.

Kamera pada Mito Fullview A-16 sendiri sudah tergolong baik, terlebih alasannya kamera belakangnya sudah mendukung autofocus dan flash LED. Kamera belakang ini juga mendukung pengambilan foto dengan imbas bokeh.

Mengingat HP dual kamera yang mampu bokeh harga umumnya Rp2 jutaan ke atas, ponsel ini tentu bakal jadi solusi untuk yang mau ponsel murah dengan kamera yang mampu menghasilkan imbas bokeh. Selain mendukung efek bokeh, kamera belakang HP ini juga sudah mendukung fitur foto panorama, audio picture, dan QR Code Scanner.

Selain kamera belakang, kamera depan HP ini juga tergolong tidak mengecewakan di kelas harganya. Kamera depan Mito Fullview A-16  hadir dengan kamera 5 MP yang memiliki fitur autofocus dan flashlight. Kamera depan ini sudah dilengkapi dengan dengan fitur untuk mendeteksi wajah dan fitur beauty.

3. Baterai yang Bisa Dilepas

* sumber: www.youtube.com

Era ponsel zaman sekarang ialah masa ponsel dengan baterai tipis yang tertanam di bodi HP. Bagi sebagian orang, baterai tanam terasa kurang menarik. Karena itu, tidak sedikit orang yang masih menentukan HP dengan baterai yang bisa dilepas, Mito Fullview A-16 ini adalah beberapa acuan di antaranya.

Mito Fullview A-16 memiliki baterai berkapasitas 2.100 mAh yang mampu dilepas. Hal ini tentu bakal menarik bagi orang yang memang suka HP dengan baterai yang mampu dilepas. Alasan umumnya alasannya lebih mudah ganti baterai jika baterai bawaan rusak atau mengalami gangguan. Faktor kepraktisan inilah yang menciptakan baterai yang bisa dilepas pada HP ini jadi kelebihan tersendiri.

4. Sensor Sidik Jari

* sumber: www.youtube.com

Cukup jarang ditemukan ponsel murah dibawah harga Rp1 jutaan yang memiliki sensor sidik jari. Karena itu, kehadiran Mito Fullview A-16 ini mirip oase di tengah gurun pasar bagi para pengguna yang memang terbatas dananya.

Dengan dana yang terbatas Mito Fullview A-16  mampu dibeli dengan menawarkan membuatkan fitur seperti sensor sidik jari ataupun fitur Smart Wakeup. Selain itu, ponsel ini memiliki navigasi untuk mengakses cepat dengan hanya menuliskan karakter tertentu di layar. Kehadiran kedua fitur inilah yang membuat Mito Fullview A-16 i cukup menarik dan memiliki segementasi pasar tersendiri.

5. Desain Cukup Menarik

Jika pembandingnya yakni HP Rp1 jutaan merek Tiongkok atau Korea, terang desain Mito Fullview A-16 kalah jauh. Tapi, bila dibandingkan dengan ponsel lokal yang berada di kelas harga yang sama, Mito Fullview A-16 ini masih tergolong menarik. Bentuknya yang terlihat kotak dengan tepian melengkung membuat ponsel ini tidak terlalu ketinggalan zaman. Bisa dibilang, untuk kelas harganya, HP ini memang tergolong menarik.

6. Harga Murah Muriah

Sudah beberapa kali disebutkan kalau ponsel ini dibanderol harga murah di bawah Rp1 jutaan tapi tidak disebutkan angka pastinya. Apakah ponsel ini dibanderol Rp999.000? Tentu tidak, harga tersebut masih mendekati Rp1 juta. Sementara Mito Fullview A-16 memang benar-benar ada di bawah harga Rp 1 juta.

Mito Fullview A-16 dibanderol pada kisaran harga Rp800 ribuan. Menariknya, beberapa penjual di martketplace, banyak yang menjual Mito Fullview A-16 lebih murah. Contohnya yakni seperti terlihat di gambar yang menjual Mito Fullview A-16  dengan harga Rp700 ribuan saja.

Dengan bandrol harga Rp700 sampai Rp800 ribuan, Mito Fullview A-16  memang cukup menarik di kelas harganya. Terlebih melihat fakta jika ponsel ini memiliki beberapa kelebihan atau fitur yang jarang dimiliki ponsel lain di kelas harga yang sama.

Kekurangan Mito Fullview A-16

1. Sistem Operasi Masih Nougat

* sumber: www.youtube.com

Salah satu kekurangan dari Mito Fullview A-16 yaitu sistem operasinya. HP ini memang mengusung OS Android dengan antarmuka bawaan alias tidak ada perubahan antarmuka. Sayangnya, OS Android yang digunakan pada HP ini ialah OS Android 7.0 Nougat yang sudah cukup lampau.

Tentu lebih menarik jikalau Mito Fullview A-16 mengusung OS Android Oreo dan mengusung konsep Android Go Edition, mirip beberapa vendor HP lainnya. Menilik spesifikasi yang ditawarkan, Mito Fullview A-16  memang cocok jadi bab dari ekosistem Android Go Edition.

2. Performa Rendah

* sumber: www.youtube.com

Sedikit sekali menemukan berita soal chipset yang digunakan oleh Mito Fullview A-16 ini. Informasi yang terang, bahkan di situs resminya ialah jika Mito Fullview A-16 sudah dibekali dengan  prosesor quad core 1,3GHz, tanpa menyebutkan chipset yang digunakan, atau bahkan tipe prosesor dan GPU yang ada di dalamnya.

Jika menyelidiki prosesornya yang mengusung prosesor quad core 1,3GHz dan juga memeriksa kelas harganya, HP ini sepertinya dibekali dengan chipset Spreadtrum. Chipset ini terkenal dipakai di beberapa ponsel terjangkau, mirip misalnya SPC L53 Selfie. Jika benar, mampu dipastikan bila ponsel ini memang memiliki kinerja yang pas-pasan saja. Tentu jangan berharap untuk bermain gim berat di ponsel ini.

3. Memori Rendah

* sumber: www.youtube.com

Selain performanya yang rendah, HP ini juga memiliki memori yang rendah. HP ini hanya dibekali dengan RAM 1 GB dengan ROM 8 GB saja. Kapasitas ini yakni kapasitas minimal penggunaan Android pada kisaran 2014 atau 2015. Karena itu, dengan memori yang kecil, Mito Fullview A-16 memang bakal kewalahan untuk menjalankan banyak aplikasi.

Alasan memori yang kecil tersebut yang membuat Mito Fullview A-16 ini sebenarnya lebih pantas mengusung Android Go Edition. Dengan OS Android GO Edition, HP dengan memori rendah pun dapat dimaksimalkan dengan baik untuk kebutuhan penggunaan aplikasi yang banyak digunakan sehari-hari.

Faktor memori yang kurang ini ialah faktor lainnya dari Mito Fullview A-16 yang perlu jadi perhatian Mito jika ingin masih berkiprah berebut kudapan manis pasar smartphone.

4. Layar Kurang Tajam

* sumber: www.youtube.com

Kalau yang ini sudah jelas, alasannya tidak mengusung layar dengan resolusi HD, secara otomatis tampilan layar ponsel ini kurang begitu memikat. Terlebih panel layar yang digunakan bukan panel AMOLED yang populer bisa menghadirkan tampilan visual yang menarik.

Ponsel ini hanya memiliki tingkat kecerahan yang memang biasa saja. Layarnya memang cenderung biasa dengan tidak ada fitur keren yang mampu meningkatkan kecerahan layar ponsel ini.

Simpulan

Sebagai sebuah ponsel dengan layar penuh, Mito Fullview A-16 masih tergolong menarik, terlebih HP ini cocok dipakai untuk mereka yang membutuhkan ponsel dual kamera yang mampu menghasilkan foto bokeh. Selebihnya, ponsel ini memang terlihat biasa saja dan tidak begitu menarik.

Terlepas dari itu, Mito Fullview A-16 ini bekerjsama sudah memiliki target pasar sendiri. Pasar mereka biasanya adalah orang di berbagai kawasan yang belanjaan ponselnya tidak sekuat penetrasi orang-orang di kota. Tertarik dengan Mito Fullview A-16?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online