10 Kelebihan Dan Kekurangan Black Shark 3 Yang Perlu Diketahui

Penggemar game sejati akan suka dengan kehadiran HP Black Shark. Pasalnya, seri HP yang merupakan besutan Xiaomi ini memang hadir dengan beragam spesifikasi dan fitur yang sungguh ditujukan untuk bermain game. HP yang dirilis di Indonesia pada Mei 2020 ini juga telah mengalami aneka macam peningkatan ketimbang Black Shark 2 yang dirilis di tahun 2019. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan Black Shark 3 ini?

 

Untuk mampu mengetahuinya, Carisinyal telah menyajikan beberapa poin yang menunjukkan sisi terang dan gelap dari HP ini. Apakah Black Shark 3 layak dimiliki dengan banderol harga Rp10.999.000,-? Berikut ialah kelebihan dan kekurangan Black Shark 3 sebagai bahan pertimbangan Anda.

 

Spesifikasi Xiaomi Black Shark 3

 

Xiaomi Black Shark 3

 

 

    • Rilis: Maret 2020

 

    • Layar: AMOLED 6.67 inches

 

    • Chipset:Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+)

 

    • CPU: Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)

 

    • GPU: Adreno 650

 

    • RAM: 8 GB, 12 GB RAM

 

    • Memori Internal: 128 GB, 256 GB

 

    • Memori Eksternal: –

 

    • Kamera Belakang: Triple 64 MP + 13 MP + 5 MP

 

    • Kamera Depan: 20 MP

 

    • Baterai: Non-removable Li-Po 4720 mAh battery

 

 

Spesifikasi selengkapnya…

 

Cek Harga di Shopee

 

Cek Harga di Lazada

 

Kelebihan Xiaomi Black Shark 3

 

Betapa menyenangkannya bisa memainkan game pada Black Shark 3. Habisnya, HP ini memang sebegitu menggiurkannya. Nah, berikut yakni poin-poin kelebihan dari HP gaming canggih ini.

 

1. Performa Gaming Terbaik

 

performa snapdragon 865 black shark 3

 

Xiaomi Black Shark 3 yang merupakan generasi penerus dari Black Shark 2 ini tentu menghadirkan chipset yang sangat optimal untuk bermain game. Bahkan Snapdragon 865 yang diusungnya merupakan salah satu chipset berperforma tinggi terbaik di dunia. Semua game berat terutama PUBG Mobile sudah bisa dijalankan pada tingkat frame rate tercepat dan pengaturan grafis paling demanding.

 

Tidak hanya itu saja, performa bermain game yang unggul ini juga berkat pinjaman fitur perangkat lunak menarik yang bisa mengatur aneka macam opsi secara in-game. Seperti menyalakan WiFi, berganti koneksi, ataupun mengoptimasi game, hal-hal mirip ini mampu Anda lakukan dikala berada di tengah-tengah battle sengit untuk menghadirkan performa yang lebih baik lagi.

 

Alhasil sesuai data yang diambil dari GSMArena, Xiaomi Black Shark 3 ini hadir dengan skor AnTuTu 8 yang sangat unggul ialah di angka 620.952. Angka ini sungguh sebuah peningkatan yang drastis dari generasi pendahulunya (Black Shark 2) yang hanya menghadirkan skor AnTuTu sebesar 440.799.

 

2. Memori Internal dan RAM Besar

 

memori internal dan ram besar black shark 3

 

Untuk Anda yang juga aktif tentu membutuhkan HP yang tak hanya mampu bermain game dengan kencang melainkan juga layak untuk melaksanakan serangkaian aktivitas multitasking. Untuk itulah Xiaomi Black Shark 3 menghadirkan ukuran kapasitas RAM yang besar serta memori internal yang cukup untuk menunjang kebutuhan Anda.

 

Xiaomi Black Shark 3 dibekali dengan varian RAM sebesar 8 GB dan 12 GB, sedangkan untuk memori internalnya bisa dipilih antara 128 GB dan 256 GB. Yang lebih menariknya lagi, memori internalnya sudah menggunakan teknologi UFS 3.0 yang dapat mentransfer data lebih cepat.

 

Untuk loading aplikasi dan game serta meng-copas file besar pasti mampu dilakukan tanpa Anda harus menunggul lama. Sementara itu RAM yang dihadirkannya juga sudah merupakan generasi yang paling canggih, menggunakan teknologi LPDDR5 yang sungguh hemat daya.

 

3. Hadir dengan Sistem Pendingin Mutakhir

 

liquid cooling system black shark 3

 

Perangkat gaming manapun jikalau sering digunakan bermain game berat harus menyediakan cooling system yang baik agar HP tidak menjadi panas. Sebab, HP yang panas bisa menciptakan komponen di dalamnya mengalami kerusakan. Xiaomi Black Shark 3 yang sudah amat cocok dipakai main game ini sudah dihadirkan dengan cooling system yang merupakan struktur berlapis-lapis.

 

HP ini menghadirkan gabungan dari beberapa komponen mirip thermal graphite sheetcopper alloy shelter, serta cairan pendingin yang sangat panjang dan mengenai berbagai komponen panas secara eksklusif. Sehingga HP ini pun bisa didinginkan dengan 50% lebih efektif – bermain game dengan durasi yang lama pun tidak akan menjadi masalah.

 

4. Memiliki Kemampuan Fast Charging Tercepat

 

black shark 3 fast charging

 

Kemampuan baterai dalam mengisi daya juga amat penting bagi HP gaming seperti Black Shark 3. Untuk itu, Xiaomi menunjukkan kemampuan pengisian daya cepat yang sangat mutakhir pada HP canggih ini. Bagaimana tidak? Anda mampu mengecas Black Shark 3 memakai fast charging bernama 65W Hyper Charge.

 

Laman resmi Black Shark 3 sendiri mengklaim untuk mengisi baterai berkapasitas 4720 mAh miliknya, hanya dibutuhkan waktu 12 menit untuk mengisi daya dari nol sampai 50%. Sedangkan untuk mencapai angka 100% hanya membutuhkan waktu sekitar 38 menit saja. Cepat sekali, bukan?

 

Daya 65 W sendiri memang merupakan salah satu besaran angka yang paling besar pada industri HP. Berkat kehadiran fast charging mutakhir ini Anda pun tidak perlu khawatir kalau baterai habis. Tinggal colokkan HP pada stop kontak selama setengah jam dan HP sudah siap digunakan main game lagi.

 

Namun, fitur pengecasan 65 W ini hanya dihadirkan pada varian 256 GB dan RAM 12 GB, sedangkan untuk varian 128 GB dan RAM 6 GB hanya memiliki fast charging 30 W.

 

5. Laju Penyegaran dan Sampling Touch Rate yang Tinggi

 

black shark 3 laju penyegaran 90hz

 

Xiaomi Black Shark mempunyai laju penyegaran yang tinggi, adalah 90 Hz. Umumnya HP hanya dihadirkan pada laju penyegaran 60 Hz saja. Dengan laju penyegaran yang tinggi, transisi atau pergerakan pada layar mampu terlihat lebih lembut, yang pastinya berguna untuk meningkatkan pengalaman Anda ketika bermain game.

 

Teknologi refresh rate 90 Hz ini juga didukung oleh MEMC Technology yang mampu membuat video dengan laju 25 Hz menjadi 90 Hz. Menonton film pun mampu dilakukan dengan immersion yang lebih konkret.

 

Sementara itu, sampling touch rate yang dihadirkan pada Xiaomi Black Shark 3 juga sangat unggul, berada di angka 270 Hz. Hal ini membuat layar HP lebih responsif terhadap sentuhan dan mampu melakukan perintah dengan lebih cepat. Anda pun dapat menyerang lawan duluan meskipun keduanya melakukan tembakan di waktu yang bersamaan.

 

6. Layar AMOLED dengan Warna yang Akurat

 

layar black shark 3

 

Layar menjadi satu hal yang dianggap penting pada HP. Xiaomi yang merupakan salah satu brand HP besar pun ingin menghadirkan kualitas layar yang jernih dan berkualitas semoga penggunanya betah berlama-lama menggunakan HP. Untuk Xiaomi Black Shark 3 sendiri, layar yang dihadirkannya berukuran 6,67 inci dan sudah memakai panel AMOLED.

 

Layar yang dihadirkannya juga sudah mempunyai akurasi warna yang tinggi, menghadirkan teknologi Delta E < 1 dan JNCD < 0.55 sehingga warna yang dilihat merupakan warna yang bantu-membantu.

 

Teknologi TrueView Display yang turut menghadiri layar mampu mencocokkan tingkat kecerahan layar sesuai dengan pencahayaan di sekitarnya. Anda pun dijamin akan mempunyai tampilan layar yang nyaman dipandang.

 

7. Triple Camera

 

triple camera black shark 3

 

Siapapun yang melihat bentukan dari Xiaomi Black Shark 3 pasti paham kalau HP ini dikhususkan untuk bermain game. Tapi bukan berarti Xiaomi gagal menghadirkan beberapa keunggulan di sektor lain, misalnya sektor fotografi.

 

HP yang dihadirkan dengan lensa sebanyak tiga buah di punggung bodi ini memiliki resolusi yang cukup besar sebagai kamera utamanya, yaitu 64 MP dengan bukaan f/1.8 dan focal length 26mm.

 

Sementara itu hadir pula dua lensa lainnya dengan resolusi 13 MP untuk mengambil foto ultra-wide angle dan 5 MP untuk pengambilan gambar bokeh. Sedangkan untuk bab depannya tersemat kamera selfie dengan resolusi 20 MP.

 

Kamera belakang Black Shark 3 juga sudah mampu mengambil video dengan resolusi 4K pada frame rate 60 FPS, serta menghadirkan pula fitur perekaman slow motion pada tingkatan 1920 FPS.

 

8. Tampilan Desain Bodi yang “Gaming Banget”

 

desain xiaomi black shark 3

 

Penampilan juga sama pentingnya dengan spesifikasi dan fitur. Black Shark memang merupakan lini produk khusus gaming dari Xiaomi yang selalu menghadirkan tampilan desain distinctive dan unik, tak terkecuali untuk Black Shark 3 ini.

 

HP ini hadir pada tiga varian warna yang berbeda – Lightning Black, Armor Gray, serta Star SIlver. Ketiga varian ini pun dibekali dengan tampilan yang simetris baik di bagian depan maupun belakang. Beberapa aksen futuristik yang dimilikinya juga benar-benar menampilkan kesan bahwa HP ini adalah HP gaming. Anda tentu tidak akan menemukan tampilan desain yang serupa pada kebanyakan HP lain.

 

Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

 

Rasa-rasanya sulit membayangkan jika Black Shark 3 hadir dengan beberapa kekurangan. Namun nyatanya ya HP ini tidak sepenuhnya tepat. Oleh karena itu, simak dua poin yang bisa dibilang merupakan kekurangan dari Black Shark 3.

 

1. Tidak Memiliki Dukungan Memori Eksternal

 

black shark 3 tanpa microsd

 

Kapasitas memori cukup mampu menjadi materi pertimbangan dalam memilih sebuah HP. Untungnya Black Shark 3 menghadirkan kapasitas yang cukup besar adalah 128 dan 256 GB. Namun sayangnya kapasitas HP ini tidak mampu diperluas menggunakan kartu memori eksternal.

 

Pasalnya sebagian orang lebih bahagia memakai memori internal hanya untuk aplikasi dan game saja. Dengan tidak adanya memori eksternal, file-file mirip foto ataupun film BluRay terpaksa harus dititipkan pada memori internalnya.

 

2. Tidak Ada Sertifikasi IP

 

black shark 3 tanpa sertifikasi ip

 

Cukup ajaib melihat Black Shark 3 hadir tanpa sertifikasi IP. Pasalnya sertifikasi ini sangat memiliki kegunaan semoga bodi bisa tahan terhadap abu dan air. Mengingat Black Shark 3 termasuk pada HP high-end, ketiadaan sertifikasi IP ini terbilang cukup mengagetkan. Apalagi jika melihat dari tampilan bodi desain yang terlihat rugged, sungguh disayangkan HP ini tidak tahan terhadap air.

 

Simpulan

 

Itu tadi aneka macam kelebihan dan kekurangan Black Shark 3 yang bisa Anda pertimbangkan. Seperti yang sudah diduga, Black Shark 3 memang menghadirkan aneka macam penemuan canggih yang menjadikannya layak sekali dipakai game berat. Siste pendinginnya yang unggul desain bodinya yang keren, kemampuan fast charging yang mutakhir, HP ini sungguh hanya menghadirkan yang terbaik di antara yang terbaik.

 

Walau begitu Anda perlu perhatikan juga sisi kekurangannya. HP ini dihadirkan tanpa sertifikasi IP sehingga perlu kehati-hatian yang lebih biar HP tidak terjatuh ke genangan air. Sementara itu bagi Anda yang ingin menyimpan bergiga-giga TV Series mungkin akan sedikit dikecewakan alasannya adalah HP ini tidak dihadirkan dengan tunjangan memori eksternal.

 

Satu hal yang pasti: Xiaomi Black Shark 3 telah berhasil memenuhi tujuan awalnya sebagai perangkat powerhouse yang memiliki daya tarik bagi penggemar game manapun. Fortnite, PUBG Mobile, COD Mobile, tidak ada game Android yang tidak mampu dimainkan dengan lancar gan grafis memukau. Apakah Anda tertarik?

 

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online