10 Kelebihan Dan Kekurangan Apple Ipad Pro 12.9 (2018)

Pada November 2018, merk populer asal negeri Paman Sam, Apple, merilis salah satu produk tablet mereka, yakni Apple iPad Pro 12.9 (2018). Perangkat ini membawa banyak keunggulan dibanding kompetitornya, seperti penggunaan chipset kelas wahid Apple A12X Bionic yang mampu menyuguhkan kinerja perangkat yang luar biasa cepat.

Selain itu, layar lebarnya yang mencapai 12.9 inch telah dibenamkan teknologi Apple ProMotion yang menyajikan animasi yang lebih halus. Hal menarik dari Apple iPad Pro 12.9 adalah kehadiran Apple Pencil yang menggantikan tugas stylus yang umum hadir di perangkat tablet. Sayangnya, Apple Pencil ini dijual terpisah.

Karena perangkat ini sangat menarik untuk dibahas, maka Carisinyal dikala ini akan menyajikan artikel wacana beberapa kelebihan dan kekurangan dari tablet ini. Sebelum pergi lebih lanjut, cek dahulu spesifikasi singkat dari Apple iPad Pro 12.9 (2018) berikut ini.

Spesifikasi Apple iPad Pro 12.9 (2018)

iPad Pro 2018

  • Rilis: November, 2018
  • Layar: LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
  • Resolusi Layar: 2048 x 2732 pixels, 4:3 ratio ( 265 ppi density)
  • Chipset: Apple A12 Bionic (7 nm)
  • CPU: Octa-core (4x Vortex + 4x Tempest)
  • GPU: Apple GPU (7-core graphics)
  • Memori Internal: 64/256/512 GB or 1 TB, 6 GB RAM
  • Memori Eksternal: Tidak ada
  • Kamera Belakang: 12 MP, f/1.8, 1/3″, PDAF
  • Kamera Depan: 7 MP, f/2.2, 32mm (standard)
  • Baterai: Non-removable Li-Po battery (36.71 Wh)

Kelebihan Apple iPad Pro 12.9 (2018)

1. Kinerja yang WOW

Apple-iPad-Pro-2018-A12X-Bionic

* sumber: stuff.co.za

Penggunaan chipset Apple A12X Bionic dengan proses manufaktur 7 nanometer ternyata menghasilkan kinerja yang cepat luar biasa. Prosesornya terdiri dari delapan inti (4x Vortex + 4x Tempest), yaitu empat inti performa dan empat inti berefisiensi tinggi.

Sedangkan GPU yang ditanamkan yaitu Apple GPU. GPU ini memiliki tujuh inti grafis yang menjanjikan performa dua kali lipat dibanding prosesor A10X pada iPad Pro generasi sebelumnya.

Kualitas performa Apple iPad Pro 12.9 (2018) dapat terlihat dari hasil pengujian menggunakan Geekbench 4 yang mengukur keseluruhan kinerja tablet tersebut. Pengujian dilakukan dengan tiga tablet lainnya, yaitu Microsoft Surface Pro 6 yang menggunakan CPU Core i5, Dell XPS 13 dengan Core i7, dan Galaxy Book 2 dengan Qualcomm Snapdragon 850.

Hasil keseluruhan kinerja empat tablet tersebut menunjukkan bahwa Apple iPad Pro 12.9 masih sangat perkasa dengan kekuatan yang dimilikinya. Bahkan Samsung Galaxy Book 2 sepertinya tidak sepadan jikalau dibandingkan dengan iPad Pro 12.9 (2018) ini. Berikut yakni hasil pengujiannya (angka lebih besar berarti lebih baik).

iPad Pro 2018 Geekbench

* sumber: www.laptopmag.com

Dalam hal melakukan video dan photo editing, Apple iPad Pro 12.9 masih memperlihatkan taringnya sebagai pemegang kinerja paling tinggi. Berikut ini yaitu hasil transcoding video 4K sepanjang 12 menit ke ukuran 1080p menggunakan Adobe Rush (waktu yang lebih sedikit berarti lebih baik).

iPad Pro 2018 Video Editing Score

* sumber: www.laptopmag.com

OS yang digunakan oleh Apple iPad Pro 12.9 (2018) ialah iOS 12. Sistem operasi ini nantinya bisa di-upgrade ke iOS 12.1.  Sistem operasi iOS 12 ini membawa banyak keunggulan untuk penggunaan iPad Pro sehari-hari.

Sistem operasi ini juga cocok dipakai untuk bekerja dan hiburan. Contohnya  meningkatkan FaceTime, menghaluskan dan mempercepat Augmented Reality, memberitahu pengguna berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menatap layar tablet, dan lain-lain.

2. Daya Tahan Lebih Lama

iPad Pro Battery Life

* sumber: www.laptopmag.com

Menurut pengujian daya tahan baterai yang dilakukan oleh Laptop Mag, baterai Apple iPad Pro 12.9 mampu bertahan hingga 13 jam 14 menit. Jika dibandingkan Samsung Galaxy Book 2 atau Microsoft Surface Pro 6, daya tahan iPad Pro 12.9 ialah yang paling tinggi. Bahkan perbedaan di antara ketiganya mencapai dua hingga empat jam.

Pengujian di atas didasarkan pada penggunaan tablet untuk berselancar di dunia maya secara terus menerus melalui jaringan Wi-Fi. Sedangkan tingkat kecerahan layar yang digunakan ialah 150 nits. Perbandingannya mampu dilihat pada gambar di atas.

3. Ruang Penyimpanan Sangat Luas

1 TB

Apple iPad Pro 12.9 (2018) mendukung kapasitas ruang penyimpanan hingga 1 TB. Apple menawarkan empat versi untuk memori internal atau ROM pada iPad Pro 2018 ini, yaitu 64, 256, 512 GB atau 1 TB.

Sedangkan untuk RAM-nya sendiri hanya ada satu varian, yaitu 6 GB. Dengan pinjaman ruang penyimpanan yang demikian luas, hasil pekerjaan yang disimpan juga bisa lebih banyak.

Karena variasi ROM-nya berbeda, maka harga yang ditawarkannya pun berbeda. Penasaran dengan harganya? Anda mampu cek daftar harga Apple iPad Pro 12.9 (2018) yang tertera dalam situs resmi Apple (sewaktu-waktu harga bisa berubah) di link ini.

4. Layar Lebih Sedap Dipandang

iPad Pro Display

* sumber: www.laptopmag.com

Dengan bentang layar yang mencapai 12,9 inch, pengalaman bekerja atau ber-multimedia dengan iPad Pro 12.9 ini mampu sangat menyenangkan. Resolusi layar tablet ini yakni 2048 x 2732 pixel dengan rasio 4:3 dan memiliki kerapatan pixel sebanyak 265 ppi. Panel layar yang digunakannya ialah LED-backlit IPS LCD 16 juta warna.

Layar iPad Pro 12.9 ini menggunakan teknologi ProMotion Apple yang bisa menampilkan animasi yang lebih halus dalam bermain gim dan menonton video. Selain itu, ada juga teknologi True Tone yang dapat membuat gambar tampak lebih alami (dengan mengubah temperatur warna pada layar menurut pencahayaan di sekitarnya).

5. Sektor Kamera yang Lumayan Bagus

iPad Pro Camera

* sumber: www.laptopmag.com

Mungkin akan sedikit risih ketika memakai kamera Apple iPad Pro 12.9 ini untuk jeprat-jepret foto. Coba bayangkan apa yang dipikirkan orang lain ketika sedang selfie dengan perangkat tablet berbadan lebar ini. Menggelikan, bukan?

Tapi perlu diketahui bahwa hasil bidikan kamera tablet ini tidak seburuk yang dibayangkan. Kamera utamanya ialah sensor beresolusi 12 MP dengan aperture atau bukaan f/1.8 dan fitur PDAF (Phase Detection Auto-Focus). Fitur lain yang melengkapi sektor kamera utama tablet ini adalah Quad-LED dual-tone flash dan fitur smart HDR seperti yang dimiliki oleh iPhone keluaran terbaru.

Hasil bidikan dari kamera belakang Apple iPad Pro 12.9 ini terlihat tajam dan detail yang cukup baik, terutama dikala foto diambil pada kondisi cahaya yang cukup. Karena beberapa alasan, kamera belakang tablet ini tidak mendukung Mode Portrait. Level paling tinggi untuk perekaman video dengan kamera utamanya ini ialah [email protected]/60fps.

Bagian kamera iPad Pro 12.9 (2018) adalah sebuah kamera beresolusi 7 MP ber-aperture f/2.2 dan lensa standar 32mm. Kamera depannya ini mampu memakai Mode Portrait dengan menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Fitur yang melengkapi kamera selfie tablet ini antara lain ialah Face Detection, HDR, dan panorama. Hasil foto sektor kamera depan iPad Pro 12.9 juga cukup menggembirakan.

6. Audio yang Menggelegar

iPad Pro Audio

* sumber: www.laptopmag.com

Terdapat 4 speaker yang dibenamkan dalam iPad Pro 12.9 ini. Saat digunakan untuk memutar lagu, bunyi yang dihasilkannya terdengar jelas dan keras. Dengan sistem audio seperti ini, menyetel musik melalui perangkat iPad Pro 12.9 sudah cukup untuk menciptakan ruangan tidur menggelegar.

Apple iPad Pro 12.9 (2018) ini juga terdiri dari 5 mikrofon. Hal ini sangat berguna ketika sedang melakukan panggilan FaceTime dan juga untuk mengajukan berbagai pertanyaan kepada ajun langsung Siri. Dengan mikrofon sebanyak itu, Siri mampu mendengar apa yang ditanyakan dari jarak beberapa meter (menurut hasil tes yang dilakukan Laptop Mag).

7. Ada Face IDiPad Pro Face ID

Sensor biometrik yang dipakai Apple iPad Pro 12.9 (2018) ialah pemindai wajah atau Face ID yang menggantikan sensor Fingerprint yang biasa terdapat pada tombol Home. Face ini bekerja sangat cepat. Kamera pemindainya terletak di bab atas dikala iPad dipegang secara vertikal atau tegak. Face ID ini juga dapat dipakai untuk mengotentikasi pembelian atau kata sandi.

Kekurangan Apple iPad Pro 12.9 (2018)

1. Harga Terlalu Mahal

iPad Pro Price

Bagi sebagian masyarakat di Tanah Air, harga Apple iPad Pro 12.9 (2018) ini mampu dibilang kelewat mahal! Harga terendah yang ditawarkan Apple di situs resminya ialah $999 dolar Amerika atau sekitar Rp 14 juta-an. Untuk versi Wi-Fi dan Wi-Fi plus Seluler juga dijual dengan perbedaan yang cukup besar.

Harga itu belum termasuk aksesoris yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan lebih gampang seperti Apple Pencil yang didesain ulang (seharga $129 atau sekitar Rp 1,8 jutaan) dan Smart Keyboard untuk mengetik di luar layar (seharga $179 – $199 atau sekitar Rp 2,5 – Rp 2,9 juta).

Kaprikornus, mending beli laptop spesifikasi yang kuasa atau beli iPad Pro 12.9 2018 ini? Kalau Anda yang “Sultan” sepertinya tidak akan gundah soal harga sebab “sultan” mampu beli keduanya.

2. Belum Support Fast Charging

Fast Charging

* sumber: www.pinterest.co.uk

Kendali tablet ini mampu bertahan lebih usang, namun salah satu yang menjadi kekurangannya adalah belum support-nya teknologi pengisian cepat. Untuk evaluasi bergairah yang dilakukan oleh Laptop Mag, baterai Apple iPad Pro 12.9 (2018) dapat mengisi daya sampai 20% hanya dalam waktu satu jam. Jadi, bisa dibayangkan berapa lama untuk mengisi penuh perangkat ini.

Selain itu, kabel power yang termasuk dalam paket penjualan juga terasa pendek, yakni hanya sepanjang satu meter. Namun, Apple juga menjual kabel USB-C sepanjang dua meter dengan harga yang cukup mahal, yakni $19 atau sekitar Rp Rp 270rb-an. Kaprikornus, bila ingin nyaman dikala mengisi daya, pengguna harus merogoh kocek isi dompet mereka lagi.

3. Tidak Ada Slot Memory dan Jack Audio

Kapasitas ruang penyimpanan yang diberikan Apple pada iPad Pro 12.9 (2018) memang mempunyai beberapa varian hingga 1 TB. Namun, absensi slot memori eksternal pada perangkat super cepat ini mampu jadi sebuah dilema.

Masalah ini mampu kuat bagi sebagian pengguna mereka di kemudian hari (terutama yang menentukan varian 64 GB). Selain itu, socket audio 3,5 mm juga sudah hilang dari perangkat ini.

Simpulan

Apple iPad Pro 12.9 (2018) adalah perangkat yang bisa bekerja sangat cepat. Melakukan pekerjaan dengan tablet ini mampu sangat terbantu. Hampir semua yang ditawarkan perangkat ini memang dapat memanjakan penggunanya, mirip daya tahan baterai yang bagus, teknologi Apple ProMotion yang menciptakan nyaman susukan layar, speaker yang menggelegar, dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan Apple untuk iPad Pro 12.9 2018 ini memang bisa dibilang terlalu tinggi bagi sebagian orang. Namun, itulah harga yang memang sesuai dengan nama brand besar mirip Apple. Dan mereka juga memberikan teknologi terbaik untuk perangkatnya ini.

Kalau Anda memang membutuhkan sebuah tablet serba bisa dengan kemampuan melebihi laptop, Anda bisa lirik iPad Pro 12.9 2018 ini. Produk ini sendiri bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan rentang harga Rp20 jutaan. Tertarik? Jika tertarik dengan iPad Pro 12.9 2018, silakan beli di link ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online