10 Jenis Ram Untuk Komputer Yang Perlu Kau Ketahui

RAM atau Random Access Memory merupakan salah satu komponen penting dalam komputer. RAM mampu menyimpan data sementara dikala komputer sedang dioperasikan, dan akan hilang saat daya komputer dimatikan. Jadi, walaupun RAM ini sejenis memori, namun hanya berfungsi dikala perangkat dalam keadaan hidup saja.

RAM seringkali jadi permasalahan sebagian orang ketika ingin membeli suatu perangkat semisal ponsel atau komputer. Biasanya yang dipilih yaitu RAM dengan ukuran yang besar agar perangkat mampu bekerja lebih cepat.

Apakah RAM ini hanya sejenis saja dengan berbagai ukuran? Tentu saja tidak! Ada berbagai macam RAM berbeda yang dipakai dalam banyak perangkat elektronika, dalam hal ini yaitu komputer. Apa saja jenis RAM tersebut? Berikut ialah bahasan mengenai jenis-jenis RAM untuk komputer.

1. DRAM

DRAM

* sumber: www.flickr.com

DRAM atau Dynamic Random Access Memory ialah tipe RAM yang umum digunakan dalam komputer. Jenis memori ini biasanya digunakan untuk data atau instruksi program yang harus dijalankan oleh prosesor komputer.

DRAM menyimpan setiap bit data atau kode acara dalam sel penyimpanan yang terdiri dari kapasitor dan transistor, dan biasanya diatur dalam konfigurasi sel penyimpanan persegi panjang.

Kelebihan DRAM adalah desainnya yang sederhana, kecepatan yang baik (4,7 Mhz hingga 40 Mhz) dan biaya produksi yang rendah dibandingkan dengan jenis memori alternatif lainnya. Namun DRAM juga memiliki kelemahan, yang salah satunya yaitu konsumsi daya yang relatif tinggi dibanding yang lain.

2. SDRAM

SDRAM

* sumber: commons.wikimedia.org

SDRAM atau Synchronous Dynamic Random Access Memory yaitu DRAM yang disinkronkan dengan sistem bus bentuk memori semikonduktor DRAM yang dapat berjalan pada kecepatan yang lebih tinggi dari pada DRAM konvensional (kecepatannya berkisar antara 100 Mhz – 133 Mhz).

SDRAM ini sebenarnya menyinkronkan dirinya dengan bus CPU dan mampu berjalan pada 133 MHz, sekitar tiga kali lebih cepat daripada FPM RAM konvensional, dan sekitar dua kali lebih cepat dari EDO DRAM dan BEDO DRAM. SDRAM menggantikan EDO DRAM di banyak komputer baru.

3. RDRAM

RAMBUS-Memory

* sumber: commons.wikimedia.org

RDRAM adalah kependekan dari Rambus Dynamic Random Access Memory. Ini yakni jenis RAM yang dibentuk oleh Rambus dan merupakan jenis memori komputer tercepat yang tersedia.

SDRAM umumnya dapat mentransfer data dengan kecepatan hingga 133 MHz, sementara RDRAM standar dapat melakukannya lebih dari 1 GHz. Meskipun beberapa motherboard dapat menggunakan RDRAM sebagai memori sistem, namun kebanyakan mobo tidak sepenuhnya dapat memanfaatkan kecepatan RDRAM yang sangat cepat.

Oleh alasannya itu, RDRAM biasanya dipakai untuk memori video pada kartu grafis akselerator, untuk memori cache (terletak di CPU), dan untuk memori sistem di workstation dan server berkinerja tinggi.

4. SRAM

SRAM

* sumber: commons.wikimedia.org

Singkatan dari Static Random Access Memory, SRAM adalah jenis RAM yang menyimpan data menggunakan metode statis. Artinya SRAM ini bekerja dengan cara  statis, ialah data tetap konstan (tidak ada perubahan) selama daya listrik dipasok ke chip memori.

SRAM berbeda dengan DRAM yang menyimpan data secara dinamis dan terus-menerus perlu me-refresh data yang disimpan dalam memori. Karena SRAM menyimpan data secara statis, tipe memori mampu berjalan lebih cepat dan membutuhkan daya yang lebih kecil daripada DRAM.

SRAM ini lebih mahal untuk diproduksi daripada DRAM. Hal itu sebab memori ini dibentuk memakai struktur yang lebih kompleks. Kerumitan ini juga membatasi jumlah data yang mampu disimpan oleh satu chip. Ini berarti chip SRAM tidak dapat menyimpan data sebanyak chip DRAM.

Jika DRAM paling sering dipakai sebagai memori utama pada komputer, maka SRAM umumnya dipakai dalam aplikasi yang lebih kecil, seperti memori cache CPU dan buffer hard drive. SRAM juga dipakai dalam barang elektronik lainnya, dari yang berukuran besar sampai yang kecil seperti mainan bawah umur.

5. EDORAM

EDORAM

* sumber: commons.wikimedia.org

EDO (Extended Data Output) RAM adalah sejenis chip RAM yang meningkatkan waktu membaca dari memori pada mikroprosesor yang lebih cepat seperti Intel Pentium. EDO RAM awalnya dioptimalkan untuk Pentium 66 MHz. Untuk komputer yang lebih cepat direkomendasikan menggunakan SDRAM.

RAM jenis ini diperkenalkan pada tahun 1994 dan mulai menggantikan DRAM mode halaman cepat pada tahun 1995 dikala Intel pertama kali memperkenalkan chipset 430FX yang mendukung EDO DRAM.

6. FPM DRAM

FPM

* sumber: manteniendolaoperatividad.wordpress.com

FPM DRAM (Fast Page Mode Dynamic Random Access Memory) adalah memori dinamis dengan terusan halaman cepat yang memastikan kinerja yang lebih tinggi daripada DRAM konvensional.

Sebelum bentuk yang lebih baru dari DRAM, FPM DRAM (Fast Page Mode DRAM) ialah jenis DRAM yang paling umum dipakai dalam komputer. Mode halaman DRAM intinya mengakses barisan RAM tanpa harus terus-menerus menetapkan kembali barisan tersebut.

7. Flash RAM

Flash RAM

* sumber: en.wikipedia.org

Memori flash (flash RAM) yaitu jenis media penyimpanan non-volatil (memori yang datanya mampu ditulis dan dihapus, akan tetapi datanya tidak hilang dikala tidak mendapat daya) yang menyimpan semua data sehabis daya terputus.

Bentuk dan cara kerja memori flash hampir mirip dengan SSD daripada jenis RAM yang telah disebutkan sebelumnya. Memori flash ini digunakan dalam beberapa produk komputasi dan paling sering digunakan dalam USB flash drive, printer, mainan belum dewasa, dan masih banyak lagi.

8. SDR SDRAM

SDR_SDRAM-1

* sumber: commons.wikimedia.org

SDR SDRAM yakni istilah yang diperluas untuk SDRAM (dua jenis RAM yang sama) tetapi paling sering disebut sebagai SDRAM saja. SDR atau Single Data Rate di sini memberikan bagaimana memori yang ini memproses kode satu membaca dan satu menulis per siklus jam. Selain komputer, produk lain yang memakai jenis RAM ini yaitu video game konsol.

9. DDR SDRAM

DDR SDRAM

* sumber: www.eenewseurope.com

DDR (Double Data Rate) SDRAM beroperasi mirip halnya SDR SDRAM, hanya saja bekerja dua kali lebih cepat. DDR SDRAM bisa memproses isyarat dua baca dan dua tulis per siklus jam.

Meskipun mempunyai kesamaan dalam fungsi, DDR SDRAM mempunyai perbedaan fisik (184 pin dan satu notch pada konektor) dibandingkan dengan SDR SDRAM (168 pin dan dua notch pada konektor). DDR SDRAM juga bekerja pada tegangan standar yang lebih rendah (2,5 V dari 3,3 V).

DDR2 SDRAM ialah upgrade evolusioner dari DDR SDRAM yang bekerja lebih cepat karena mampu berjalan pada kecepatan clock yang lebih tinggi. Standar modul memori DDR bekerja di atas 200 MHz, sedangkan modul memori DDR2 standar ada di atas 533 MHz. Konsumsi daya DDR2 SDRAM yakni 1,8 V).

DDR3 SDRAM merupakan peningkatan dari DDR2 SDRAM dengan pemrosesan sinyal berkelanjutan, kapasitas memori yang lebih besar, konsumsi daya yang lebih rendah (1,5 V), dan kecepatan clock standar yang lebih tinggi (sampai 800 Mhz).

DDR4 SDRAM yakni peningkatan yang lebih tinggi lagi dari DDR3 SDRAM dengan pemrosesan sinyal yang lebih canggih, kapasitas memori yang lebih besar, bahkan konsumsi daya yang lebih rendah (1,2 V), serta kecepatan clock standar yang lebih tinggi (sampai 1600 Mhz).

DDR4 SDRAM ialah tipe RAM yang kini banyak dijual di pasaran (dikala artikel ini dibuat). Ada banyak vendor yang menjual DDR4 SDRAM ini, mulai dari yang biasa saja hingga ada vendor yang menunjukkan RAM dengan kualitas terbaik.

Banyaknya tipe DDR4 SDRAM yang dijual di pasaran sebab komputer maupun laptop terbaru umumnya kini sudah menggunakan DDR4 SDRAM. Oh yah, DDR3 SDRAM juga masih cukup banyak dijual mengingat banyak komputer dan laptop yang masih menggunakan tipe RAM ini.

10. GDDR SDRAM

GDDR SDRAM

* sumber: en.wikipedia.org

Yang terakhir adalah GDDR SDRAM atau Graphic DDR SDRAM. Ini merupakan jenis DDR SDRAM yang dirancang khusus untuk rendering grafis video atau unit pemrosesan grafis dan dipakai dalam video card atau kartu video.

Walaupun didesain sama dengan DDR SDRAM, GDDR tetap memiliki perbedaan mirip mampu meminta dan mendapatkan data pada siklus clock yang sama, sementara memori DDR tidak bisa.

GDDR juga hanya memakai lebih sedikit daya dan mengeluarkan lebih sedikit panas. Hal itu memungkinkan adanya kinerja modul yang lebih tinggi dengan sistem pendinginan yang lebih sederhana. Dan masih banyak lagi perbedaan lainnya.

Itulah 10 jenis RAM untuk perangkat komputer yang perlu kau ketahui. Selama ini mungkin sering membahas masalah RAM dalam kehidupan sehari-hari, baik RAM HP atau RAM komputer, namun pengetahuan tentang RAM hanya sebatas komponen sebuah perangkat elektronika. Nah, sekarang kau bisa mengetahui sisi lain dari RAM komputer setelah membaca artikel ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online