10 Game Seperti Minecraft Yang Mampu Kau Coba Mainkan

Siapa yang tidak mengenal Minecraft? Di kalangan gamer, hampir dipastikan banyak yang tahu soal gim ini. Sebuah video game sandbox yang diciptakan oleh orang Swedia bernama Markus Persson ini cukup populer, bahkan semakin terkenal seiring dengan banyaknya Youtuber gaming yang memainkan  Minecraft.

Dengan menggunakan blok-blok yang berbeda kamu dapat membuat sesuatu dalam model 3D atau tiga dimensi. Hal ini tentu saja sangat membutuhkan kreativitasmu untuk melakukannya. Selain hal tadi, dalam Minecraft juga kamu mampu melakukan hal-hal lain semacam eksplorasi, mengumpulkan sumber daya, hingga pertempuran.

Game yang dirilis pada tanggal 18 November 2011 ini mampu dimainkan secara mandiri atau multipemain. Saat ini Minecraft dikembangkan oleh Mojang, sebuah perusahaan pengembang dan penerebit video game asal Swedia yang ditemukan oleh si pencipta Minecraft itu sendiri. Minecraft mampu dimainkan di banyak platform baik dalam versi PC atau mobile.

Lalu apakah ada game lain yang mirip dengan Minecraft? Tentu saja ada, bahkan jumlah cukup banyak. Nah, bila kamu ingin mengetahui hal-hal tersebut maka ketika ini Carisinyal akan membahas 10 game yang mirip dengan Minecraft yang dilansir dari www.pointsprizes.com.

10 Game Mirip Minecraft

1. Terraria

Terraria

Seperti halnya Minecraft, Terraria merupakan sebuah game sandbox yang bergenre aksi-petualangan. Banyak orang mengatakan bila Terraria ialah versi 2D atau dua dimensi dari Minecraft. Walau pun demikian, game ini memperlihatkan pengalaman selain membangun, membuat keterampilan, dan pertarungan.

Terraria ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Re-Logic, sebuah pengembang dan penerbit game lepas (independent) yang berbasis di Indiana, Amerika Serikat. Game ini diperkenalkan ke publik pada tanggal 22 Mei 2011, kurang lebih setengah tahun lebih awal sebelum perilisan Minecraft.

Dalam dunia Terraria, untuk bertahan hidup kau perlu menggali, membangun kawasan tinggal dan melawan musuhmu. Bahkan kau juga bisa membangun kotamu sendiri, melawan para zombie dan makhluk-makhluk sejenisnya.

Per September 2018, Terraria sudah terjual hingga 25 juta kopi. Seperti halnya Minecraft, game ini juga dapat dimainkan di banyak platform baik di PC atau mobile. Bagaimana, apa kau tertarik bermain Minecraft versi dua dimensi ini? Unduh game-nya di sini.

2. Portal Knights

Game mirip Minecraft selanjutnya yakni Portal Knights. Game sandbox model tiga dimensi ini dirilis pada tahun 2016 dan mempunyai genre yang sama dengan Terraria, yakni aksi-petualangan. Saat ini Portal Knights hanya tersedia di platform Microsoft Windows, Xbox One, PlayStation 4, Nintendo Switch, Android, dan iOS.

Saat kau memulai game Portal Knights, kau akan dihadapkan ke dalam beberapa pilihan. Kamu bisa menjadi seorang pejuang, ranger, atau penyihir, dan mencari portal yang mampu membawamu ke pulau-pulau terapung lainnya.

Di awal-awal pulau terapung yang kamu datangi mungkin kecil-kecil, namun seiring berjalannya waktu dan levelmu naik maka pulau-pulau tersebut akan semakin besar. Kamu mampu menciptakan benda-benda yang diperlukan seperti senjata, baju besi, tongkat, dan busur.

Portal Knights ini terlihat sangat seperti dengan Minecraft, hanya saja dirasa lebih lembut, kartunis, dan lebih hidup. Tertarik memainkannya? Langsung saja pasang di PC atau smartphone-mu. Unduh game-nya kini di sini!

3. Don’t Starve

Dont Starve

Don’t Starve yaitu game seperti Minecraft ketiga yang juga merupakan game dunia terbuka bergenre aksi-petualangan yang diatur di dunia yang dibentuk secara acak di mana tugas utama kau ialah untuk bertahan hidup. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Don’t Starve kira-kira berarti ‘Jangan Kelaparan’.

Dalam game Don’t Starve, kamu perlu mengeksplorasi dunia, mencari sumber daya, dan menemukan masakan agar tidak kelaparan.  Hal itu dilakukan biar kamu dapat bertahan hidup di animo dingin yang keras ketika malam mulai semakin panjang dan lama, dan masakan lebih sulit ditemukan.

Don’t Starve dikenalkan pada 23 April 2013 dan mampu dimainkan dibanyak platform. Selain itu, kau bisa memainkannya secara mampu berdiri diatas kaki sendiri dan juga multipemain. Game ini bisa kau download di sini.

4. Roblox

Roblox

Di urutan keempat game seperti Minecraft ada Roblox. Fokus utama pada game ini yakni membangun objek menggunakan blok virtual. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa banyak orang membandingkan Roblox dengan Minecraft.

Di Roblox, kau mampu membuat duniamu sendiri atau masuk dan bermain di ribuan dunia lain yang tersedia yang telah dibentuk oleh para pemain lain. Game ini telah dirilis pada tanggal 27 Agustus 2006 dan hingga ketika ini Roblox kira-kira mempunyai 70 juta pengguna aktif setiap bulannya. Unduh Roblox di sini.

5. WorldCraft : 3D Build & Craft

WorldCraft

Bisa dikatakan kalau game WorldCraft : 3D Build & Craft ini ialah sebuah kloning dari Minecraft dalam versi mobile. Dalam game ini, kamu dapat menjelajahi dunia pemain lain atau membangun duniamu sendiri. Sangat-sangat seperti dengan game-game di atas, bukan?

Dalam WorldCraft : 3D Build & Craft kau mempunyai sumber daya tidak terbatas yang mampu dipakai untuk membuat objek sebanyak yang diinginkan. Kamu mampu memilih mode kreatif yang bisa memberimu banyak kebebasan untuk berpetualang atau menggunakan mode bertahan hidup yang jauh lebih menantang. Unduh gamenya di sini.

6. Fortresscraft Evolved

Fortresscraft Evolved

Fortresscraft Evolved yaitu sebuah video game yang dikembangkan Projector Games, sebuah pengembang game Indie dari Inggris. Game ini dirilis pada 8 April 2011 dan tersedia untuk platform Xbox 360. Disebutkan bahwa aspek desain game ini terinspirasi dari game Minecraft dan game sejenis lainnya.

Game Fortresscraft Evolved ini cukup unik dimainkan sebab mempunyai perpaduan yang menarik dari crafting, eksplorasi, pertempuran, logistik, bentang alam Voxel, tower defense, dan jalur perakitan. Walau pun cukup gampang untuk masuk ke dalam game ini, namun bukan berarti akan mudah juga untuk menguasainya.

7. Cube World

Cube World

Game mirip Minecraft yang ketujuh yaitu Cube World. Game yang tersedia untuk platform Microsoft Windows ini dirilis pada 2 Juli 2013 (untuk versi Alpha). Game ini mengusung konsep kombinasi sandbox dan RPG atau Role-Playing Game (Permainan Peran dalam bahasa Indonesia).

Game ini berfokus pada crafting dan pengembangan huruf yang diatur di dunia yang berbeda yang berselimutkan blok. Kamu mampu melakukan banyak penyesuaian pada karaktermu, mirip memodifikasi armor mereka dan aspek lain dari tampilan mereka. Unduh Cube World di sini.

8. StarForge

StarForge

Video game ini dirilis sekitar empat tahun lalu oleh CodeHatch untuk platform Microsoft Windows. Game StarForge mempunyai inti pertahanan hidup, crafting dan fiksi-ilmiah. Kamu harus mengumpulkan sumber daya untuk membangun sesuatu ketika kamu mencoba untuk bertahan hidup di planet asing.

Game Sandbox berbasis Voxel ini juga memungkinkanmu untuk berkolaborasi dengan sahabat dan mempertahankan basis bersama. Walau pun StarForge mirip dengan Minecraft, ada satu hal yang membedakannya dari Minecraft, yaitu banyaknya aksi tembak-menembak di permainan ini. Unduh StarForge di sini.

9. Ark: Survival Evolved

Ark

Di urutan sembilan game seperti Minecraft ada Ark: Survival Evolved. Ini ialah sebuah game bergenre aksi-petualangan dan survival (bertahan hidup) yang dikembangkan Studio Wildcard.

Dalam game Ark: Survival Evolved,  kau akan masuk ke dalam dunia di mana dinosaurus-dinosaurus pemakan daging hidup. Kamu tidak mempunyai apa pun di sana, termasuk kawasan berlindung atau sesuatu untuk melawan mereka. Kaprikornus, untuk bertahan hidup kau harus membangun hal tersebut sendiri. Dapatkan Ark di sini.

10. The Forest

The Forest

Daftar terakhir game seperti Minecraft adalah The Forest. Jika di game Ark kau harus berpetualang ke planet ajaib, maka lain hal dengan game The Forest. Pada game The Forest,  kamu akan berada di hutan belantara sebab kecelakaan pesawat. Keadaan tersebut akan memaksamu untuk membangun daerah berlindung dan menciptakan senjata sendiri. Hal itu dilakukan supaya kau mampu bertahan hidup dan juga dapat melawan serangan suku kanibal di malam hari.

Cukup menakutkan, bukan? Sayangnya, dikala artikel ini dibentuk,  game The Forest hanya tersedia untuk platform Microsoft Windows dan PlayStation 4 (untuk PS 4 sendiri tersedia mulai 6 November 2018).

Nah itulah 10 game seperti Minecraft yang mampu kamu coba mainkan. Walau pun terlihat seperti, namun kamu mungkin akan menerima pengalaman yang berbeda dikala memainkan berbagai gim di daftar tersebut.

Oh yah, Minecraft ini masuk kategori game sadbox berbasis open world. Jika kamu ingin memainkan gim yang juga berbasis open world yang mirip-mirip dengan Minecraft, kamu bisa membaca artikel 10 Game Open World Terbaik yang Wajib Dimainkan di Android.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online