10 Game Rts Terbaik Dan Paling Menantang Di Pc Dan Laptop

Real Time Strategy (RTS) yaitu sebuah genre permainan perang yang berfokus dalam membangun kekuatan negara. Aspek pembangunan tersebut kemudian dapat dikembangkan lagi, seperti mengatur pertahanan, pengumpulan sumber daya, pengaturan pasukan tempur, dan diplomasi.

Strategi perang begitu diperhatikan sedemikian rupa, sehingga game RTS mempunyai daya tarik dalam industri gaming. Permainan dengan sistem strategi mirip ini mempunyai andil besar dalam perkembangan dunia game.

Konsep RTS lalu mempunyai turunan genre game baru yang kini sedang digandrungi oleh gamer milenial, adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA). Walaupun sedikit tersingkirkan dengan hadirnya sub-genre game tersebut, game RTS tetap menjadi sebuah permainan legendaris bagi para gamer veteran.

Jika kamu ingin mencoba memainkan game bergaya Real Time Strategy di PC, kali ini Carisinyal akan menunjukkan rekomendasi beberapa gamenya untukmu. Mari kita simak sama-sama ulasannya di bawah ini.

1. Company of Heroes II

Company of Heroes II

* sumber: www.imdb.com

Melanjutkan dari seri pertamanya, Company of Heroes 2 tetap menceritakan suasana pertempuran saat Perang Dunia II. Bukan hanya Jerman saja yang terlibat dalam konfrontasi, namun tantangan bakal semakin seru dengan hadirnya negara superpower, yakni Uni Soviet.

Kamu nantinya akan berhadapan dengan Soviet Red Army dalam bermacam-macam kampanye Eastern Front selama kurun Perang Dunia tersebut. Suasana peperangan akan semakin menegangkan dikala harus berada dalam cuaca hambar bersalju.

Kamu harus menjaga setiap pasukan tetap hangat semoga tidak meninggal kedinginan. Kamu bisa menyalakan api unggun untuk menjaga suhu prajuritmu. Namun, resikonya yaitu pihak musuh mampu mengetahui eksistensi semua pasukanmu, dan planning penyergapan ke markas lawan akan gagal.

2. Stronghold Crusader

Stronghold Crusader

* sumber: www.mobygames.com

Dalam game ini, kau harus membangun sebuah istana dengan membangun dinding pertahanan yang berpengaruh. Menara-menara mampu dipakai sebagai pengawas akan datangnya serangan musuh.

Di dalam kerajaan yang kau kelola nantinya, kamu akan mengendalikan warga kota serta pasukan tempur. Kamu harus menjaga wilayah kekuasaanmu sebisa mungkin dari ancaman peperangan yang akan terjadi.

Selain pilihan multiplayer, terdapat empat mode lainnya dalam permainan ini. Mode pertama adalah Crusader yang merupakan kampanye utama yang terdiri dari 50 misi.

Historical Campaigns yakni mode kedua yang membawamu ke dalam jejak sejarah Perang Salib. Mode ketiga yakni Castle Builder. Di sini kamu diharuskan membangun kerajaan sendiri di wilayah yang sudah tersedia dalam peta.

Yang terakhir ialah Custom Scenario. Di sini kamu mampu menciptakan peta wilayah sendiri yang nantinya bisa dimainkan sebagai lokasi untuk berperang melawan kerajaan lain.

3. The Battle For The Middle Earth II

The Battle For The Middle Earth II

* sumber: www.amped-ux.com

The Battle For Middle Earth II menyajikan sebuah pertempuran yang didasarkan dari dongeng film The Lord of The Rings. Arena pertarungan akan dikemas ke dalam sebuah game lewat mekanisme Real Time Strategy (RTS).

Dalam game ini, para pemain diberikan dua pilihan mode kampanye permainan dengan tugas yang berbeda-beda. Kedua opsi yang mampu kau pilih yaitu mode Good Campaign dan Evil Campaign.

Dalam Good Campaign, kau mampu mengatur semua pasukan peri, insan, kurcaci untuk memerangi kekuatan dari pasukan jahat milik Sauron.

Sementara di Evil Campaign, kamu akan mengendalikan prajurit-prajurit jahat goblin dan nazgul dalam mengalahkan mereka yang berada di pihak kebaikan. Selanjutnya, lokasi pertempuran sendiri akan mengambil kawasan di wilayah utara Middle Earth.

4. Age of Empires III

Ages of Empires III

* sumber: www.mobygames.com

Kehidupan dan peperangan dikala periode kolonialisme menjadi latar waktu dalam game yang satu ini. Masih mempertahankan tema dasarnya, kamu harus menyebarkan salah satu wilayah koloni dari bangsa Eropa, Asia atau Amerika.

Kamu mampu memulainya dari daerah dengan permukiman sederhana, kemudian dikembangkan menjadi sebuah kerajaan besar yang berisikan penduduknya beserta pasukan tempur.

Untuk membuat kekuatan dari kawasan yang telah dipilih, kau mampu menjelajahi peta dan mulai mengumpulkan sumber daya. Sumber daya itu nantinya akan dipakai untuk membangun unit bangunan dan segala kontruksi kekuatan lainnya.

Agar level pengalaman semakin tinggi, kau mampu melakukan kegiatan produktif seperti mengkonstruksi bangunan, melatih prajurit, dan membunuh pasukan musuh.

5. Total War: Warhammer

Total War Warhammer

* sumber: www.g4less.com

Warhammer merupakan sebuah game yang memperlihatkan peperangan fantasi di antara bangsa manusia, vampir, greenskins dan kurcaci. Setiap dari mereka memiliki ambisi dalam memperluas jangkauan kekuasaannya.

Maka dari itu, keempat bangsa tersebut akan bertempur satu sama lain untuk menguasai wilayah yang berada di sekitarnya. Nantinya, pertempuran bakal terjadi begitu epik dan brutal.

Setiap ras dari bangsa-bangsa tersebut mempunyai musuh abadinya masing-masing. Dalam game ini, manusia mempunyai tujuan utama dengan berperang dengan vampir yang selalu meneror.

Sedangkan bangsa kurcaci akan bertempur habis-habisan melawan orc dan goblin yang berasal dari bangsa greenskins. Jangan lupa mencoba game ini untuk menerima sensasi peperangan yang menegangkan.

6. Command & Conquer: Generals Zero Hour

Command & Conquer Generals Zero Hour

* sumber: oldisgoldgames.com

China, Amerika Serikat dan Global Liberation Army (GLA) yakni tiga fraksi yang beradu perang dalam game yang satu ini. Benang merah dongeng tentunya akan diambil melalui sudut pandang ketiga fraksi tersebut.

Dalam mode Campaign, China dan Amerika sekarang telah menjadi sekutu. Keduanya lalu akan berseteru melawan serangan dari GLA yang tengah mengacau lewat senjata biologi dan kimia.

Command & Conquer: Generals Zero Hour merupakan salah satu game RTS klasik yang tidak terlalu rumit dalam prosedur permainannya. Layaknya mirip game RTS pada umumnya, kamu diharuskan untuk mengumpulkan sumber daya sebanyak mungkin.

Nantinya, sumber daya yang berhasil didapatkan akan dipakai untuk membangun markas dan unit yang dibutuhkan dalam memenangkan pertempuran.

7. World In Conflict

World In Conflict

* sumber: freegogpcgames.com

World in Conflict mempunyai dua pilihan mode permainan, yaitu campaign dan multiplayer. Campaign memiliki jalan dongeng cukup panjang dengan menampilkan 14 skenario.

Mode multiplayer mampu dimainkan secara online dengan para pemain lainnya. Game yang satu ini mempunyai latar waktu di tahun 1989. Uni Soviet kini telah berhasil menyerang Amerika Serikat dan melaksanakan invasi peperangan di benua Eropa.

Pasukan di dalam permainan World in Conflict ini cukup lengkap, dan kau dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan di medan pertempuran.

Pasukan tersebut mampu terdiri dari pasukan khusus mirip anti-tank, pesawat tempur, tank ringan hingga berat dan prajurit infantri. Selama perjalanan menuju peperangan, kau pun dapat mengumpulkan sumber daya untuk kebutuhan kekuatan bala tentaramu.

8. Empire: Total War

Empire Total War

* sumber: www.hienzo.com

Saat memainkan game ini, kau akan dibawa ke dalam suasana perang pada awal kurun ke-19. Dengan berlatar waktu seperti itu, kau mampu menentukan sebuah fraksi untuk mendominasi wilayah Eropa, Afrika Utara, Amerika maupun Hindia.

Agar mampu melakukan ekspansi di benua tersebut, kamu bisa menggunakan strategi jitu dengan mengirimkan pasukan militer untuk melaksanakan pertempuran di daratan dan lautan.

Kamu mampu berbagi kekuatan ekonomi, politik, agama, dan koloni sebagai bentuk konfrontasi untuk memperluas wilayah kekuasaan. Nantinya, kamu mampu memproduksi tentara dan angkatan laut untuk mengambil dan membela wilayah jajahan lewat cara militer.

Selain itu, kau pun mampu mengadopsi acara politik terhadap fraksi lain untuk menawarkan serangan dengan cara-cara yang lebih diplomatis.

9. Battle Realms

Battle Realms

* sumber: www.moddb.com

Game ini bercerita wacana empat klan, adalah Wolf, Dragon Serphent dan Lotus yang berada dalam satu negara. Klan Lotus menjadi pihak yang jahat alasannya ingin menguasai negara yang terdapat dalam game Battle Realms ini.

Klan tersebut mempunyai prajurit-prajurit yang sangat kuat. Walaupun begitu, ketiga klan lainnya pun masih akan berperang satu sama lain untuk mempertahankan wilayahnya masing-masing.

Battle Realms memiliki sistem permainan yang bernama Yin dan Yang. Elemen tersebut dapat dimiliki oleh semua prajurit dari setiap klan sehabis melakukan pertempuran.

Selain digunakan untuk meningkatkan kekuatan prajurit, Yin Yang diharapkan untuk menciptakan pahlawan sebagai prajurit yang paling tangguh dari tiap-tiap klan. Para pendekar tersebut nantinya bisa diciptakan melalui bangunan suci yang disebut Keep.

10. Halo Wars 2

Halo Wars 2

* sumber: www.wallpaperflare.com

Sekuel kedua dari game Halo Wars ini menunjukkan mode multiplayer yang mampu dimainkan secara online hingga dengan enam pemain. Selain itu juga, terdapat 13 misi menantang dan seru tentunya yang bisa kau mainkan.

Pasukan alien yang disebut Banished akan tetap menjadi lawan tangguh yang harus kau hadapi. Namun, kali ini mereka akan dipimpin oleh seorang jenderal perang yang berpengaruh berjulukan Atriox.

Halo Wars 2 masih menghadirkan abjad usang, seperti Captain Cutters, Profesor Anders, dan seluruh awak pesawat Spirit of Fire. Game yang satu ini juga menambahkan abjad baru bernama Isabel.

Ia adalah asisten virtual yang memiliki kecerdasan Artificial Intelligence (AI) logistik. Peran karakter tersebut cukup penting. Ia nantinya bisa memandu pasukanmu dalam mempersiapkan peperangan melawan alien.

Nah, itulah rekomendasi 10 game bergaya Real Time Strategy yang bisa kamu mainkan di PC. Semuanya memiliki tingkat keseruan dan level menantang yang berbeda-beda. Maka dari itu, jangan sampai lupa untuk mencoba memainkannya.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online