10 Game Petualangan Terbaik Di Konsol Playstation 1

Game PlayStation 1 niscaya meninggalkan banyak kenangan bagi setiap orang yang pernah memainkan konsol keluaran Sony ini. Untuk kalian yang mempunyai memori indah dengan PS1 mungkin sepakat jika banyak game bergenre petualangan dari konsol jadul ini yang begitu melegenda.

Meski kualitas grafisnya tidak sehebat sekarang, namun orisinalitas ceritanya menjadi nilai tambah yang tak mungkin dilupakan. Di bawah ini Carisinyal akan mengajak kalian untuk mengenang kembali game-game petualangan yang seru dari PS1. Semua game yang akan diulas mungkin salah satunya pernah kalian mainkan sewaktu dulu.

1. Alone in the Dark: The New Nightmare (2001)

Alone in the Dark

* sumber: www.mobygames.com

Berlatar di sebuah kawasan berjulukan Shadow Island, pemain dapat menentukan dua abjad yang akan dimainkan, yaitu Detektif Edward Carnby atau Profesor Aline Cedrac. Mereka mempunyai misi untuk memecahkan misteri tewasnya rekan Carnby yang bernama Charles Fiske di pulau tersebut.

Kampanye dari sang detektif lebih horor dan menegangkan karena harus berhadapan dengan monster Creatures of Darkness yang muncul entah dari mana. Sedangkan untuk Aline Cedrac, pemain harus memutar otak sesering mungkin alasannya petualangannya dipenuhi dengan teka-teki misterius. Keduanya pun akan sesekali bertemu di sepanjang permainan.

Monster-monster yang berbentuk bayangan hidup tersebut tidak suka dengan cahaya. Pemain mampu menggunakan senter untuk sekedar mengusir mereka. Jika ingin membunuhnya, pemain diharuskan menggunakan peluru magnesium dan peluru fosfor yang akan ditemukan dalam gameplay permainan ini.

2. Resident Evil (1996)

Resident Evil

* sumber: www.videogamex.com

Ini merupakan game pertama dari seri Resident Evil yang dirilis pada konsol PlayStation 1. Berlatar tanggal 24 July 1998, Jill Valentine dan Chris Redfield yang tergabung dalam anggota STARS tim Alpha berangkat menuju Pegunungan Arklay untuk menginvestigasi hilangnya anggota tim Bravo.

Sesampainya di sana, mereka bersama anggota tim Alpha lainnya dikejar-kejar oleh anjing liar dan harus bersembunyi di sebuah mansion. Jill, Chris, Bary, Wesker harus terperangkap di rumah besar tersebut dan mesti berhadapan dengan zombie serta monster pemakan insan lainnya.

Dalam game ini, pemain dapat memilih Jill atau Chris sebagai abjad yang akan dimainkan. Jill dapat memakai lockpick yang memungkinkannya untuk mengakses area dan item dengan gampang, serta inventaris yang cukup besar untuk menampung hingga delapan item. Chris sendiri memiliki daya tahan yang lebih kuat, namun mempunyai sedikit slot penyimpanan.

3. Alundra (1997)

Alundra

* sumber: vgboxart.com

Alundra yaitu sebuah video game yang mengusung genre action-adventure, dan dikembangkan oleh Matrix Software untuk PlayStation 1. Di wilayah Eropa, game ini dirilis dengan judul The Adventures of Alundra. Karakter utama dalam game ini tentu saja berjulukan Alundra. Ia memiliki kekuatan untuk mampu memasuki mimpi orang lain.

Diceritakan bahwa dirinya terdampar di sebuah desa bernama Inoa yang kebetulan semua warganya menderita mimpi buruk yang dapat menjadikan kematian. Dengan kemampuan yang dimilikinya, ia mulai mencoba membantu penduduk setempat dari hal tersebut.

Gameplay melibatkan eksplorasi sebebas mungkin di seluruh pulau daerah desa Inoa berada, dengan berfokus pada pemecahan puzzle, penjelajahan ruang bawah tanah, pertempuran, dan interaksi. Setiap mimpi yang dimasuki oleh Alundra selalu menyimpan twist dongeng unik menurut kepribadian dari orang-orang yang bermimpi tersebut.

4. Legacy of Kain: Soul Reaver (1999)

Legacy of Kain

* sumber: gallery.minitokyo.net

Melanjutkan dari seri sebelumnya yang berjudul Blood Omen: Legacy of Kain, dalam game ini pemain akan mengendalikan vampir berjulukan Raziel. Dirinya telah dibunuh oleh Kain, namun telah dihidupkan kembali oleh The Elder God menjadi sosok “Soul Reaver” untuk membalas dendam. Latar kawasan dari game ini pun masih tetap berada di sebuah semesta berjulukan Nosgoth.

Sistem pertarungan di permainan ini menggunakan prosedur hack and slash yang mampu menebas musuh dengan beberapa kali serang. Musuh yang akan dihadapi terbagi dalam tiga jenis, ialah pemburu vampir dari kaum insan, makhluk spektral dan bangsa vampir.

Bangsa insan dan makhluk spektral mampu terbunuh dengan cakar Raziel atau jenis senjata apapun. Namun untuk mengalahkan vampir, mereka harus ditusuk, membakarnya atau melemparkannya ke sinar matahari.

5. Final Fantasy VII (1997)

Final Fantasy VII

* sumber: samurai-gamers.com

Jalan dongeng game ini berfokus pada Cloud Strife, seorang tentara bayaran yang bergabung dengan organisasi eco-terrorist. Ia bersama kelompoknya itu berusaha menghentikan rencana megakorporasi yang ingin mengendalikan dunia dengan memakai sumber energi dari planet.

Pemain kemudian diajak berpetualang untuk mengejar seorang antagonis atau musuh besar di game ini bernama Sephiroth. Ia sendiri merupakan sosok manusia super yang memanfaatkan kekuatannya supaya mampu dilahirkan kembali untuk menjadi seorang ilahi.

Di era kejayaan PS1, Final Fantasy VII merupakan game yang sukses secara kritik maupun komersial. Game ini memenangkan banyak penghargaan untuk kategori Game of the Year, dan diakui sebagai salah satu video game yang paling berpengaruh dan terhebat sepanjang abad.

6. Tenchu: Stealth Assassins

Tenchu

* sumber: www.playstationlifestyle.net

Tenchu: Stealth Assassins ialah game ninja pertama yang menggabungkan elemen stealth sebagai aspek penting dari ninjutsu. Selain menampilkan seni bela diri tradisional Jepang, permainan ini juga menghadirkan unsur-unsur fantasi sejarah dan mitologi dari Negeri Sakura tersebut.

Permainan ini berlangsung pada zaman feodal Jepang, dan dalam game ini pemain bisa memakai salah satu dari dua ninja yang bernama Rikimaru dan Ayame. Mereka yaitu anggota Klan Azuma yang melayani Lord Gohda sebagai kepetangan belakang layar untuk membasmi semua kejahatan korupsi di daerahnya.

Penyihir iblis jahat berjulukan Lord Mei-Oh menjadi musuh yang harus dikalahkan. Ia berusaha menghancurkan Lord Gohda dengan memakai Onikage sang ksatria iblis. Pemain mesti menuntaskan setiap misi sebelum malapetaka merajalela di setiap provinsi.

7. Dino Crisis 2 (2000)

Dino Crisis 2

* sumber: duniaku.idntimes.com

Sekuel dari Dino Crisis yang pertama ini mengisahkan bahwa ternyata proyek penelitian Third Energy terus dilanjutkan dan kini dikendalikan oleh pemerintah. Proyek tersebut kemudian berhasil membangun sebuah kota bernama Edward City yang didalamnya terdapat pangkalan militer dan pusat penelitian.

Namun, kawasan tersebut tiba-tiba menghilang dari peta dan bermetamorfosis hutan rimba penuh dinosaurus. Dari sinilah pemain kembali mengendalikan karakter berjulukan Regina untuk menginvestigasi kejadian tersebut. Ia akan dibantu oleh rekannya yang berjulukan Dylan, dan melaksanakan perjalanan waktu ke periode sebelum Kota Edward menghilang.

Selama permainan berlangsung, pemain pada awalnya akan mengontrol Regina dan akan bertukar peran dengan Dylan dikala mulai menuju pertengahan game. Selain diharuskan melawan para dinosaurus, para pemain pun harus menuntaskan teka-teki di game ini untuk terus melanjutkan perjalanan di Edward City.

8. Crash Bandicoot (1996)

Crash Bandicoot

* sumber: www.konbini.com

Crash yaitu seekor binatang Bandicoot yang merupakan hasil eksperimen tak terduga dari Dr. Neo Cortex dan Dr. Nitrus Brio. Ia bertujuan mencegah rencana Brio dan Cortex untuk menguasai dunia, serta menyelamatkan pacarnya Tawna yang berevolusi akibat ulah dari dua ilmuwan abnormal tersebut.

Crash Bandicoot ialah sebuah game platform di mana pemain mengendalikan Crash untuk bisa menuntaskan banyak sekali macam level permainan. Ia bisa mengalahkan musuh dengan melompat atau memakai serangan berputar cepat.

Pemain nantinya akan diajak untuk menelusuri setiap pulau yang di dalamnya terdapat rintangan-rintangan yang harus diselesaikan. Crash bisa melindungi dirinya dengan mengumpulkan topeng aku-aku agar musuh tidak mampu menyerangnya.

9. In Cold Blood (2000)

In Cold Blood

* sumber: adventuregamers.com

In Cold Blood yaitu game petualangan yang dikembangkan oleh Revolution Software untuk PlayStation dan Microsoft Windows. Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai seorang biro MI6 bernama John Cord yang ditangkap saat bertugas dan mencoba mencari tahu siapa yang mengkhianatinya melalui serangkaian peristiwa kilas balik.

Sutradara pembuat game ini, Charles cecil, menyampaikan jikalau In Cold Blood adalah sebuah permainan yang terinspirasi dari film-film kriminal mirip Pulp Fiction dan The Usual Suspects. Game ini memakai grafis 3D dengan perspektif sudut pandang orang ketiga.

Sepanjang game ini, pemain harus mengumpulkan benda-benda tertentu untuk menuntaskan setiap teka-teki biar bisa terus melanjutkan permainan. Pemain mampu terlibat dengan beberapa abjad non pemain untuk mendapatkan petunjuk puzzle dan mempengaruhi pengembangan kisah ke depannya.

10. The Legend of Dragoon (1999)

The Legend of Dragoon

* sumber: www.supergabygames.com

Cerita game ini dimulai saat Dart, sang protagonis, sedang dalam perjalanan pulang sesudah mengejar black monster, makhluk yang membunuh orang tuanya dan menghancurkan kota kelahirannya, Neet. Ia lalu diserang seekor naga yang dikendalikan oleh Sandora, sebuah fraksi pemberontak dalam Perang Saudara Serdian.

Saat tiba di Kota Seles, dia melihat bahwa kondisinya sudah hancur oleh Sandora, dan teman era kecilnya, Shana, telah diculik oleh mereka. Ia kemudian berangkat untuk menyelamatkannya. Sepanjang permainan, pemain akan secara terencana bertemu dengan beberapa karakter yang nantinya akan bergabung selama perjalanan melawan Sandora.

Pemain nantinya akan membentuk satu kelompok pejuang dan terjebak dalam sebuah perang antara negara-negara Endiness. Game ini mempunyai grafis 3D dengan mekanisme pertarungan memakai sistem real-time commands.

Itulah daftar 10 game petualangan dari PS1 yang pastinya pernah mengisi hari-harimu sewaktu kecil dulu. Jika kalian ingin kembali bermain game PS1 dengan nuansa horor, aksi dan petualangan, jangan lupa untuk memainkan game-game yang sudah dibahas di atas.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online