10 Game Moba Android Terbaik Yang Terkenal Di Indonesia

Kehadiran game MOBA di Android memang cukup digandrungi oleh banyak orang. MOBA sendiri merupakan singkatan dari multiplayer online battle arena atau arena pertarungan daring multipemain dalam bahasa Indonesia. Ini yakni jenis game pertempuran yang melibatkan banyak pemain.

Popularitas beberapa game MOBA Android yang akan dibahas di sini memang sudah tidak diragukan lagi. Saking populernya, beberapa game MOBA ini sering dijadikan sebagai e-sport atau olahraga elektronika yang melibatkan banyak penerima dari aneka macam serpihan dunia.

Bila kamu termasuk salah satu penggemar permainan jenis ini, kali ini Carisinyal telah memilih 10 game MOBA Android terbaik yang cukup populer di Indonesia. Apa saja itu? Berikut yakni daftarnya.

1. Mobile Legend: Bang Bang

mobile legends

Mobile Legend: Bang Bang merupakan salah satu game MOBA yang paling banyak digemari oleh banyak pemain. Game ini dikembangkan oleh perusahaan Moonton yang berbasis di Shanghai, Tiongkok.

Mobile Legend: Bang Bang yang dirilis pada tahun 2016 ini tidak memerlukan spesifikasi ponsel yang tinggi untuk mampu dimainkan. Meskipun demikian, kualitas grafis yang tawarkannya cukup baik.

Game dengan konsep 5V5 ini memang cukup menarik. Para pemain harus bekerja sama dengan baik menghancurkan setiap turret lawan yang berada di tiga line.

Selain itu, pihak pengembang juga menyediakan peta yang berfungsi untuk mengetahui posisi setiap lawan. Kehadiran satria-hero baru yang terus dirilis menambah keseruan game MOBA yang satu ini.

2. Arena of Valor

arena of valor

Satu game MOBA Android yang cukup terkenal lainnya berjudul Arena of Valor. Game ini diterbitkan oleh Tencent Games dan dirilis oleh Garena pada tahun 2017 untuk pengguna Android di Indonesia. Game yang satu ini memang termasuk game MOBA terlaris yang mengikuti jejak para rivalnya.

Selain mempunyai mode petualangan, Arena of Valor juga memiliki mode multiplayer 5V5 yang cukup seru untuk dimainkan. AOV sendiri memiliki banyak kesamaan dengan game League of Legends yang diterbitkan perusahaan saudara Tencent yang terlebih dahulu eksis, yakni Riot Games.

Dengan grafis yang semakin keren serta tema yang bervariasi, Arena Of Valor pun menjadi salah satu game MOBA terbaik yang mampu kau mainkan di Android.

3. Bug Heroes 2

Bug Heroes 2

Game MOBA yang satu ini memang cukup unik karena mengangkat serangga-serangga yang biasa ada di rumah sebagai abjad utama dalam game. Gameplay dari Bug Herpes 2 sendiri masih sama dengan pendahulunya. Para pemain akan melawan serangga lain yang menyerang sambil membangun benteng pertahanan serta melengkapi persenjataan.

Bug Heroes 2 memiliki tiga mode yang mampu dimainkan, adalah mission, endless, dan skirmish. Setiap mode menunjukkan sensasi permainan yang menyenangkan di mana kamu bisa melawan para pemain dari aneka macam negara. Game yang dirilis oleh Foursaken Media pada tahun 2014 ini menjadi game MOBA terkenal yang banyak digemari di Indonesia.

4. Heroes Evolved

Heroes Evolved

Heroes Evolved yakni game MOBA lain yang cukup seru untuk dimainkan. Heroes Evolved merupakan game produksi R2Games. Game MOBA ini memiliki konsep serupa dengan game pendahulunya di mana para pemain akan bertarung di tiga garis dengan masing-masing beranggotakan lima satria untuk menghancurkan turret utama yang berada di garis tengah.

Meskipun secara konsep permainan mempunyai kesamaan dengan game MOBA Android lainnya, namun game yang satu ini mempunyai tantangan yang cukup berbeda dengan adanya fitur fog of war yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. Hal tersebut tentu menjadi sebuah tantangan tersendiri yang lebih menyenangkan.

5. Vainglory

vainglory

Kemunculan Vainglory pada tahun 2014 memang mengundang antusiasme para pecinta permainan game MOBA. Pada tahun 2017, game yang pada awalnya dirilis oleh Super Evil Megacorps ini menempati posisi ke-5 sebagai game MOBA terbaik yang sangat digemari di Indonesia.

Pada awalnya game ini mengusung konsep 3V3, namun telah bermetamorfosis 5V5. Rouge Games selaku penerbit gres yang menangani Vainglory berupaya memperkuat keberadaan game yang satu ini. Secara grafis, game yang memiliki konsep 3D ini memang cukup menarik bahkan bisa dibilang cukup elok.

6. Marvel Super War

Marvel Super War

Meskipun terbilang gres, namun popularitas game MOBA Android yang satu ini memang cukup menerima perhatian dari para pecinta game MOBA. Marvel Super War sendiri merupakan game MOBA yang diproduksi oleh NetEase dan dirilis pada tahun 2019.

Sejak pertama kali muncul, game ini telah diunduh oleh lebih dari satu juta pemain. Seperti judulnya, hero-jagoan yang ditampilkan dalam game MOBA yang satu ini diambil dari superhero Marvel.

Popularitas film Marvel memang sedikit banyak membantu dari segi penjualan. Mengusung konsep 5V5, pada pemain pun mampu mencoba kemampuan superhero Marvel dikala bertarung di arena.

7. Plants War

Plants War

Game MOBA yang cukup unik ini datang dari salah satu penerbit terkenal, ialah Game Evil. Mengusung konsep yang serupa dengan League of Legends dan Dota. Game yang satu ini tampil cukup sederhana namun tetap menyenangkan untuk dimainkan.

Plants War sendiri mengangkat tumbuhan sebagai aksara dalam permainan. Game dengan konsep ceria ini juga dilengkapi dengan banyak aksara yang memiliki kemampuan yang cukup unik.

Karena tidak menggunakan banyak memori ponsel, game MOBA Android sukses menjadi salah satu game MOBA yang banyak digemari pemain dari banyak negara.

8. Heroes of Order and Chaos

Heroes of Order and Chaos

Game yang dirilis oleh Gameloft ini memang menjadi salah satu game MOBA terbaik mengikuti jejak pendahulunya, ialah League of Legends dan Dota 2. Game yang dirilis pertama kali pada tahun 2012 ini memang sukses mencuri perhatian. Heroes of Order & Chaos mempunyai mode di mana para pemain mampu bermain 3V3 atau 6V6.

Game yang dilengkapi dengan banyak huruf pahlawan dengan berbagai kemampuan uniknya ini memang mampu memikat para pemain. Mereka mampu memainkan game MOBA yang satu ini dengan berbagai tipe ponsel. Itu alasannya adalah Heroes of Order & Chaos tidak memerlukan banyak ruang untuk mampu dimainkan.

9. Extraordinary Ones

Extraordinary Ones

Bagi para pecinta anime, game MOBA yang satu ini tentu mampu menjadi pilihan yang sempurna. Game ini dirilis secara global oleh NetEase pada tahun 2019. Kehadiran Extraordinary Ones memang mampu menarik perhatian para pecinta MOBA yang ada di dunia.

Game ini memang cukup unik. Selain mengambil aksara dari tokoh anime, pengisi suara yang dipakai merupakan dubber orisinil dari animenya.

Secara keseluruhan, game MOBA ini memang mampu memuaskan para pemain. Selain alasannya adalah grafisnya yang super keren, karakter anime yang ditampilkan dalam game ini pun mampu menambah keseruan dikala bermain.

10. Onmyoji Arena

Onmyoji Arena

Onmyoji Arena merupakan salah satu game MOBA yang mempunyai kualitas grafis yang tak kalah mumpuni. Omnyoji Arena merupakan versi MOBA dari Omnyoji yang cukup mengundang perhatian sejak pertama kali dirilis oleh NetEase.

Game ini mengambil latar pada Zaman Heian. Karakter serta arena yang ditampilkan dalam game ini pun cukup memukau alasannya menampilkan kebudayaan Jepang yang kental.

Mengusung konsep 3D, secara kualitas grafis game MOBA yang banyak mengangkat karakter Shinigami ini memang cukup memukau. Sehingga tak salah bila Onmyoji Arena dianggap sebagai salah satu game MOBA Android terbaik.

Nah, itulah bahasan mengenai 10 game MOBA Android terbaik yang cukup populer di Indonesia. Jika kau punya rekomendasi lainnya, silahkan untuk berkomentar di bawah.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online