10 Channel Youtube Indonesia Yang Inspiratif Dan Mendidik

Di periode digital kini, berguru dan mendapat wawasan tidak harus didapatkan di sekolah saja. Nyatanya, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih kau mampu menambah pengetahuan dan wawasan lewat YouTube yang mempunyai aneka macam macam channel, mulai dari kecantikan, gaming, review film, lelucon, sampai konten yang mendidik.

Nah, channel YouTube yang mendidik ini tentunya bisa menambah wawasan dan keilmuan kau, bahkan tidak menutup kemungkinan kau juga bisa ikut terinspirasi. Di bawah ini adalah beberapa channel YouTube inspiratif yang menyediakan banyak konten yang mendidik.

1. Sisi Terang

Sisi Terang

Pertama ada channel YouTube Sisi Terang. Dengan lebih dari dua juta subscribers, terusan YouTube yang satu ini menunjukkan banyak konten pendidikan yang dapat memperkaya pengetahuan dan wawasan kau. Channel ini secara konsisten mengunggah tiga sampai empat video per harinya.

Dengan grafik gerak yang ciamik serta skill editing yang baik mampu menciptakan siapa saja jadi betah ketika menyaksikan video dari Sisi Terang. Beberapa topik konten Sisi Terang antara lain mirip tips, trik, pengetahuan ihwal dasar bahari, menjawab pertanyaan yang unik, teka-teki, do’s and don’t’s, pengetahuan tentang psikolog, zodiak, sampai binatang.

2. Clarin Hayes

Clairin Hayes

Kali ini ada channel YouTube yang anggun untuk kesehatan, khususnya bagi wanita, adalah Clarin Hayes. Sebagai seorang dokter, nampaknya Clarin tidak mau menyimpan sendiri ilmunya. Dirinya juga membagikan pengetahuan yang dimilikinya lewat jalan masuk YouTube miliknya.

Beberapa konten yang diangkat pun sangat bekerjasama dengan kehidupan, seperti wacana kesehatan, seks, kecantikan, mental health, hoax di dunia kedokteran, sampai diet. Clarin juga menjawab pertanyaan-pertanyaan tabu, salah satunya ihwal keperawanan. Dengan pembawaan yang ringan, konten-konten miliknya bisa dipahami oleh banyak orang.

3. Zenius Education

Zenius Education

Sebagai penggerak startup teknologi pendidikan di Indonesia, Zenius Education juga memiliki channel YouTube. Berbagai konten yang disajikan di saluran YouTube Zenius Education cocok bagi para pelajar di semua level pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengan Atas, sampai persiapan ujian nasional dan perguruan tinggi tinggi.

Tidak hanya wacana pendidikan saja, namun saluran YouTube dengan lebih dari 180 ribu subscriber ini juga menunjukkan konten yang inspiratif. Salah satunya yaitu cerita dari para sosok yang mampu membuatmu lebih semangat dalam mengejar impian. Ini baru namanya kecanggihan teknologi di bidang pendidikan. Ada manfaatnya, bukan?

4. Quipper

Quipper

Tidak hanya Zenius Education saja, tapi perusahaan teknologi edukasi Quipper juga memiliki channel YouTube, lho. Dengan jumlah subscriber mencapai 390 ribu, Quipper menyuguhkan aneka macam konten pendidikan yang menarik.

Selain itu, Quipper juga menawarkan tips dan trik untuk berguru sampai persiapan ujian nasional. Bahkan, video di channel YouTube Quipper dijawab langsung dengan ahlinya, sehingga pembahasannya mampu membuatmu jadi lebih memahami bahan.

5. Kok Bisa?

Kok Bisa

Pasti kamu sudah tidak aneh lagi dengan saluran YouTube pendidikan yang satu ini. Kok Bisa? yakni salah satu channel YouTube populer yang sudah mengantongi lebih dari dua juta subscriber. Buat kau yang mudah bosen mencar ilmu, coba deh tonton konten dari Kok Bisa?.

Dengan grafik gerak yang keren dan pembawaan yang ringan, Kok Bisa? mampu menciptakan pelajaran yang kerap dianggap sulit dimengerti seperti sains, matematika, dan fisika menjadi lebih gampang dipahami. Selain edukasi, Kok Bisa? membahas banyak topik unik lainnya, mirip tentang monster laut, pemanasan global, pemilu, hingga mesin waktu.

6. Nussa Official

Nussa Official

Nussa Official yaitu kanal YouTube animasi karya anak bangsa yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik, khususnya bagi belum dewasa. Pasalnya, konten di Nussa Official mampu membahas aneka macam topik dari aneka macam macam sudut pandang lalu dikemas dengan cara yang menarik.

Contoh pembelajaran yang disajikan dalam konten video Nussa Official yakni wacana kurun dalam Islam, berdzikir, olahraga, sampai mengajak anak-anak untuk menyukai sayuran. Karena sangat terkenal, kabarnya channel yang sudah memiliki lebih dari lima juta subscriber ini diangkat ke layar lebar, lho!

7. Gita Savitri Devi

Gita Savitri Devi

Sebagai lulusan dari Universitas Free di Berlin, Jerman, Gita Savitri Devi membagikan pengalamannya lewat terusan YouTube miliknya. Di sana ia menceritakan wacana kehidupan asam bagus saat berada di Jerman.

Tidak hanya itu saja, Gita juga menunjukkan konten yang inspiratif, seperti wacana mental health, body positivity, fake news, critical thinking, sampai hal-hal tabu seperti seks. Ya, hal itu sangat memperlihatkan dampak positif dan mendidik untuk para penontonnya!

8. Hujan Tanda Tanya

Hujan Tanda Tanya

Pengetahuan tentang sains, teknologi, sampai tips dan trik di channel YouTube Hujan Tanda Tanya dikemas dengan cara yang ringan. Ditambah dengan motion grafik yang keren abis dapat menciptakan kamu menambah pengetahuan lebih.

Saluran YouTube Hujan Tanda Tanya membahas berbagai macam topik, seperti tips untuk interview, perang di luar angkasa, cara membuat CV yang menarik, teori konspirasi insan di bulan, hingga metode berpikir.

9. Daunnet Films – Anjas Maradita

Daunnet Films

Channel YouTube Daunnet Films – Anjas Maradita ini hadir untuk memperlihatkan kau solusi yang berhubungan dengan dunia digital. Memiliki ratusan ribu pelanggan, channel ini kerap menawarkan ilmu seputar tutorial menggunakan Adobe Premiere, aplikasi yang dipakai untuk mengedit video.

Tidak hanya aplikasi untuk di komputer atau laptop saja, tetapi Daunnet Films – Anjas Maradita juga memperlihatkan tutorial untuk aplikasi mobile. Kamu mampu berguru jadi YouTuber lewat channel ini.

10. Satu Persen – Indonesia Life School

Satu Persen

Lewat channel YouTube Satu Persen – Indonesia Life School, kau mampu menerima ilmu dan wawasan yang bermanfaat. Konten-konten dalam kanal YouTube yang satu ini sangat bersahabat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, seperti cara menghadapi hal negatif di dalam diri, tips menciptakan tujuan, video motivasi, cara mendapatkan kekurangan diri, mengatasi rasa takut, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa channel YouTube Indonesia yang inspiratif dan mendidik. Kini kamu bisa menghabiskan waktu luangmu dengan menonton kanal YouTube yang mendidik untuk mendapat ilmu dan wawasan baru.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online