10 Cara Mengatasi Usb Not Recognized Yang Paling Gampang

Di zaman serba teknologi seperti sekarang ini, mungkin ada orang yang tidak bisa bekerja bila tidak adanya PC / laptop. Bukan hanya sekedar untuk mengetik dan internetan saja alasannya adalah kini juga banyak orang yang butuh port USB untuk banyak sekali kebutuhan pemindahan data, baik dari PC ke perangkat USB ataupun sebaliknya.

Namun sayangnya, dalam penggunaan USB di PC terkadang ada saja kendalanya, salah satunya yaitu USB Not Recognized. Tak jarang, ada orang yang bingung mengatasi permasalahan USB yang tidak mampu terbaca di PC. Apakah Anda pernah mengalami permasalahan seperti ini? Jangan galau untuk mengatasinya, alasannya adalah Carisinyal punya 10 cara mengatasi USB Not Recognized dengan gampang.

10 Cara Mengatasi USB Not Recognized

1. Unplug Power Supply

Unplug Power Supply

* sumber: jalantikus.com

Cara mengatasi USB Not Recognized pertama ialah dengan cara unplug power supply yang ada pada PC Anda. Ini berlaku untuk Anda yang menggunakan PC bukan laptop. Pada PC, ada perangkat kabel Power Supply di bab belakang CPU. Nah, Anda bisa eksklusif cabut kabel tersebut untuk mematikan komputer.

Setelah mencabut kabel Power Supply, tunggulah beberapa saat dan biarkan motherboard pada komputer “istirahat” sejenak saat dalam keadaan mati. Jika sudah beberapa menit barulah Anda bisa memasang kembali kabel Power Supply tersebut dan cobalah operasikan PC mirip semula.

2. Cabut – Pasang Kembali USB

Cabut – Pasang Kembali USB

* sumber: jalantikus.com

jika Anda menemukan permasalahan USB Not Recognized pada PC, cobalah untuk mencabut USB yang gres Anda pasang. Tunggu beberapa saat barulah Anda coba untuk memasangnya kembali. Dengan cara ini maka secara otomatis PC akan melaksanakan refresh semoga PC lebih ringan ketika digunakan.

Selain itu, Anda juga harus perhatikan port USB yang ada di PC alasannya mungkin saja port USB tersebut mengalami kerusakan atau sudah longgar sehingga sulit untuk membaca USB yang Anda pasang. Cobalah untuk mencocokan posisi antara USB dan port USB yang ada.

3. Restart Komputer

Restart Komputer

* sumber: jalantikus.com

Beranjak pada cara mengatasi USB Not Recognized yang ketiga, kali ini kami menyarankan untuk melakukan restart pada PC ataupun laptop. Ada kemungkinan, bila laptop yang Anda gunakan terlalu berat untuk membaca USB.

Kaprikornus, tidak ada salahnya bila Anda melaksanakan restart untuk me-refresh PC ataupun laptop Anda. Jangan lupa juga untuk mencabut semua USB yang terpasang pada port USB di perangkat PC terlebih dahulu biar lebih ringan dan Anda pun lebih mudah untuk menggunakan port USB-nya.

4. Pindah ke Port USB Lainnya

* sumber: www.howtogeek.com

Sebenarnya, cara yang satu ini ada sangkut pautnya dengan cara kedua di mana ada kemungkinan port USB Anda rusak sehingga terjadilah permasalahan USB Not Recognized. Biasanya pada PC atau laptop tersedia beberapa port USB. Jika Anda mendapatkan problem USB Not Recognized pada satu port USB, cobalah untuk memindahkan USB ke port lainnya.

Jika USB berfungsi dengan baik di port lainnya, berarti besar kemungkinan salah satu port USB Anda rusak. Maka dari itulah USB yang Anda colokan ke port tersebut tidak akan terbaca pada sistem komputer atau PC.

5. Periksa Kondisi USB-nya

uNiQue USB TV Tuner Star Vision

Pada cara sebelumnya ada kemungkinan jika port USB yang dimiliki mengalami kerusakan. Nah, cara yang satu ini mampu saja USB yang Anda gunakan bermasalah. Misalnya, flashdisk yang Anda gunakan mengalami error atau memang sudah rusak.

Kalau sudah begitu memang biasanya USB tidak akan terbaca di PC. Nah, untuk cara mengetahui apakah USB Anda rusak atau tidak, maka Anda bisa mencoba memakai USB lain untuk dipasang pada port USB. Jika USB lainnya terbaca di PC Anda, berarti memang ada USB Anda yang bermasalah.

6. Perbarui Device Driver

Perbarui Device Driver

* sumber: mbahpc.com

Jika kelima cara mengatasi USB Note Recognized di atas belum mampu memecahkan permasalahan Anda, mungkin Device Driver yang ada pada PC / laptop Anda belum diperbarui. Pasalnya, kalau Anda belum melaksanakan upgrade, otomatis Driver perangkat USB pun tidak dapat dioperasikan secara optimal. Beginilah cara meng-upgrade Device Driver di PC:

  • Klik Start, lalu carilah atau ketikan devmgmt.msc.
  • Kemudian, masuk pada menu Device Manager dan klik Universal Bus.
  • Carilah hidangan Unknown Device.
  • Terakhir, Anda bisa pribadi pilih Update Driver dan final.

Nah, saatnya kini Anda mencoba kembali menggunakan USB di PC / laptop. Semoga berhasil!

7. Matikan Power Management pada USB Root Hub

cara mengatasi USB Not recognized Matikan Power Management pada USB Root Hub

* sumber: mbahpc.com

Ada satu cara efektif lainnya untuk mengatasi permasalahan USB Not Recognized yakni dengan memanfaatkan USB Root Hub. Cara ini bisa Anda coba kalau Anda merasa yakin bila Port USB dalam kondisi yang baik dan tidak rusak, beginilah langkah-langkahnya:

  • Klik Start dan ketikan Device Manager.
  • Kemudian, klik Universal Serial Bus Controllers dan pribadi pilih USB Root Hub.
  • Lalu, Anda bisa pilih sajian Power Management dan hapuslah tanda checklist pada bab Allow computer to turn off this device to save power.
  • Terakhir, Anda bisa langsung klik OK yang ada pada bagian bawah.

Selesai sudah Anda mengatur power management maka Anda bisa restart komputer. Setelah itu, cobalah untuk memasang USB kembali, apakah cara ini berhasil mengatasi permasalahan USB Not Recognized?

8. Lakukan Scan for Hardware Change

* sumber: validedge.com

USB masih sama saja dan tidak bisa terbaca di PC Anda? Kalau begitu, cobalah untuk melakukan scanning untuk perangkat yang ada di PC atau laptop Anda. Cara melaksanakan pemindaian ini berkhasiat untuk mengetahui hardware mana saja yang mengalami perubahan dan secara otomatis komputer akan melakukan refresh.

Mungkin saja, perangkat hardware port USB di PC Anda mengalami perubahan sehingga Anda harus melakukan scanning terlebih dahulu. Jangan bingung untuk melakukan scanning alasannya adalah Anda mampu melakukannya dengan mudah:

  • Tekan tombol windows + R secara bersamaan pada keyboard.
  • Kemudian, Anda bisa ketikan devmmgmt.msc dan langsung klik OK.
  • Lalu, Anda mampu pilih sajian Action dan klik pada fitur Scan for hardware changes.

Selesai sudah Anda melaksanakan scanning untuk setiap perubahan hardware yang ada di PC Anda. Nah, kini Anda bisa mencoba untuk memasang USB pada port-nya lagi, apakah masih bermasalah?

9. Uninstall Hidden Devices

* sumber: www.raymond.cc

Biasanya, pada PC ada saja perangkat USB yang sudah terinstall namun tidak dipakai kembali. Dengan banyaknya USB yang terinstall ini, biasanya akan disebut Hidden Devices alasannya adalah sudah tidak dipakai dalam waktu lama.

Jika terlalu banyak Hidden Devices, biasanya akan mengalami crash atau error dan akan membuat USB Not Recognized. Maka dari itulah, Anda bisa melakukan Uninstall Hidden Devices dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Buka hidangan Device Manager dan pilihlah hidangan View.
  • Kemudian, klik pada Show hidden devices maka secara otomatis semua hidden devices akan dimunculkan.
  • Setelah itu klik kanan dan klik pada pilihan Uninstall untuk setiap hidden devices.

10. Uninstall USB Devices

Uninstall USB Devices

Cara mengatasi USB Not Recognized satu ini memang sengaja kami tempatkan di akhir alasannya dengan solusi ini maka Anda akan menghapus semua perangkat USB dari sistem yang ada di komputer. Untuk melaksanakan Uninstall USB Devices sangat gampang, Anda hanya perlu ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik hidangan Start dan pribadi pilih menu Device Manager.
  • Setelahnya, Anda bisa klik sajian Action.
  • Pada sajian Action, ada beberapa pilihan salah satunya Uninstall Device, Anda bisa langsung klik pilihan tersebut.

Selesai, semua perangkat USB sudah terhapus dan diuninstall dari sistem PC Anda. Jangan lupa untuk melakukan install USB Devices-nya kembali biar Anda bisa memasang USB lagi, ya.

Demikian tadi adalah 10 cara mengatasi USB Not Recognized dengan mudah. Anda mampu mencoba salah satunya mulai dari mencabut kabel power supply hingga melaksanakan uninstall USB Devices. Jika Anda punya solusi lainnya, mari bagikan kepada pembaca lain di kolom komentar. Semoga membantu!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online