10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris Dengan Mudah

Hampir setiap orang sudah mengenal perangkat printer. Ya, printer merupakan sebuah teknologi di mana akan memudahkan Anda untuk mencetak apapun baik berupa dokumen ataupun foto. Bahkan, printer bukan hanya sekedar menampilkan warna hitam-putih saja, alasannya adalah sekarang printer pun semakin canggih dengan berbagai fungsi. Misalnya, bisa melaksanakan fotokopi hingga mencetak gambar berwarna.

Namun sayangnya, terkadang ada saja masalah yang timbul saat memakai printer. Salah satu dilema yang sering dialami ialah hadirnya garis pada hasil cetakan printer. Tentu saja permasalahan tersebut cukup mengganggu. Tapi hening saja, di Carisinyal kini ada 10 cara mengatasi hasil print bergaris dengan mudah dan aman. Cari tahu selengkapnya di artikel ini hingga selesai.

10 Cara Mengatasi Hasil Print Bergaris

1. Periksa dan Bersihkan Encoder

Periksa dan Bersihkan Encoder

Pada bagian belakang cartridge ada sebuah benda panjang seperti mika, itulah yang disebut dengan Encoder. Nah, benda yang satu ini punya fungsi sebagai sensor. Karenanya, Encoder ini juga punya pengaruh penting terhadap hasil print Anda, terlebih jika Encoder ini sudah kotor.

Maka itu, periksa Encoder pada printer telebih dahulu. Jika Encoder-nya mulai kotor, maka lakukanlah pembersihan pada Encoder. Lantas bagaimana cara membersihkan Encoder? Praktis, cukup seka dengan tisu secara perlahan dan bersihkan abu-bubuk yang menempel pada Encoder.

Setelah itu, coba print ulang dan lihatlah akibatnya, pasti jauh lebih baik dibandingkan dikala Encoder dalam keadaan kotor. Selain menyeka dengan tisu, Anda juga mampu melepas Encoder dan merendamnya di dalam air hangat. Selanjutnya, tunggulah Encoder sampai kering, lalu pasang Encoder seperti semula.

2. Periksa dan Bersihkan Cartridge

cara mengatasi hasil print bergaris Periksa dan Bersihkan Cartridge

* sumber: aipmc.org

Cara mengatasi hasil print bergaris lainnya yaitu dengan cek Cartridge pada printer. Sudah menjadi diam-diam umum kalau hasil print sangat berpengaruh pada kawasan penyimpanan tinta printer ini. Oleh alhasil, coba Anda cek Cartridge terlebih dahulu, apakah tinta printer menggumpal atau tidak.

Jika tinta dalam Cartridge menggumpal, berarti itulah penyebab timbulnya hasil print bergaris. Untuk mengatasinya, cobalah lepas Cartridge dan rendam head Cartridge-nya dengan air hangat. Ingat, hanya head-nya saja, tidak perlu merendam kesuluruhan bab Cartridge. Setelah direndam, barulah Anda bisa memasangnya kembali, tapi tunggu hingga head tersebut kering, ya.

3. Bersihkan Tinta di Dalam Cartridge

* sumber: www.wikihow.com

Masih ada cara mengatasi hasil print bergaris dengan mudah, namun cara ini harus mengosongkan tinta di dalam Cartridge printer Anda. Caranya, Anda bisa menyedot semua tinta di dalam Cartridge menggunakan suntikan yang lazim digunakan untuk mengisi tinta. Setelah semua isi tinta kosong, barulah Anda mengisi Cartridge dengan tinta yang baru.

4. Lakukan Head Cleaning

* sumber: www.epson.eu

Namanya juga teknologi modern, tentu saja printer juga punya fitur yang akan membantu Anda untuk mengatasi permasalahan pada printer. Nah, salah satu cara mengatasi hasil print bergaris yaitu dengan mencoba melaksanakan Head Cleaning.

Head Cleaning ini sebuah fitur yang mana bisa eksklusif Anda akses melalui Control Panel >> Hardware and Sound >> Devices and Printers. Jika sudah, lanjutkan dengan mengoperasikan fitur Head Cleaning dengan pilih Cleaning / Deep Cleaning. Secara otomatis, PC / laptop Anda akan melaksanakan pencucian pada bab head dari Cartridge printer dan sekaligus melancarkan fatwa tinta lho. Praktis, kan?

5. Menggunakan Cartridge Warna

Menggunakan Cartridge Warna

* sumber: www.tedieka.com

Sudah melakukan Head Cleaning tapi hasil print masih ada garisnya? Kalau begitu, Anda mampu coba untuk mengubah pengaturannya menjadi Color Cartridge. Cara melakukannya sangat mudah, pertama Anda perlu buka Micorosoft Office dan pribadi tekan CTRL + P.

Setelah itu, klik pada hidangan properties dan dilanjutkan dengan memilih hidangan Maintenance. Lalu, pilihlah fitur Ink Cartridge Settings dan pribadi pilih Color Only. Terakhir, Anda hanya perlu klik OK. Selesai sudah, kini coba Anda melakukan print ulang, apakah masih ada garis pada hasil print?

6. Tingkatkan Kualitas Print

* sumber: www.teorikomputer.com

Tahukah Anda bahwa dengan meningkatkan kualitas cetak menjadi salah satu solusi yang cukup mujarab untuk cara mengatasi hasil print bergaris? Ya, beberapa sudah mencoba hal ini dan ternyata hasil print pun lebih baik tanpa adanya garis pada hasil cetaknya.

Maka dari itu, Carisinyal mau menyarankan untuk meningkatkan kualitas cetak print. Makara, pada saat Anda akan melakukan print, coba tingkatkan kualitasnya pada pengaturan sebelum melakukan pencetakan. Lalu, tunggulah dan lihat balasannya, pasti garis pada hasil cetak pun hilang.

Namun, ada beberapa kelemahan untuk melaksanakan cara yang ini. Pertama, waktu print-nya jadi lebih lama. Dan kelemahan kedua yaitu, penggunaan tinta yang cukup banyak sehingga berpotensi boros tinta. Tapi, selama akibatnya anggun dan rapih, rasanya dua kelemahan tadi bukanlah duduk perkara besar, ya?

7. Ganti Cartridge

* sumber: gdgtpreview.com

Cara sebelumnya disarankan untuk membersihkan Cartridge, tapi jikalau cara tersebut tidak berhasil juga, mungkin memang Cartridge pada printer Anda yang rusak. Atas dasar itulah Carisinyal menyarankan untuk mengganti Cartridge biar hasil cetak lebih anggun dan terhindar dari dilema print bergaris.

Selain itu, pergantian Cartridge juga menciptakan umur printer lebih abadi. Pasalnya, Cartridge yang rusak justru berpotensi merusak semua bab yang ada pada printer. Daripada menunggu printer rusak dan jadinya tidak mampu digunakan lagi, lebih baik Anda ganti Cartridge-nya saja. Lebih irit, kan?

8. Cek Botol Infusnya

* sumber: www.printer-jagoan.com

Khusus pemilik printer yang memakai printer infus, maka Anda bisa cek botol infus tinta ke Cartridge sebagai salah satu solusi mengatasi print bergaris. Bisa jadi, botol infus tidak mengalir dengan baik ke Cartridge sehingga menjadikan hasil cetak yang kurang memuaskan.

Oleh karenanya, cek dengan seksama pemikiran cairan tinta yang melewati botol infus dengan cara mencabut ujung selang infus. Lalu, lanjutkan dengan menyedot selang tersebut dengan memakai suntikan yang sudah dimodifikasi sampai tinta sampai pada ujung selang. Jika sudah, langsung masukan selangnya lagi ke lubang Cartridge.

9. Manfaatkan Garansi Printer

Manfaatkan Garansi Printer

Bagi Anda yang baru membeli printer tapi hasil cetaknya tidak sesuai ekspetasi, maka silakan klaim garansi printer Anda. Cobalah untuk menanyakan permasalahan pada printer ke toko ketika Anda membeli printer. Atau, Anda juga mampu langsung mengajukan klaim garansi ke pusatnya, misalnya printer Anda brand EPSON, maka kunjungilah customer service dari EPSON.

Dengan begitu, pihak toko maupun perusahaan printer mampu pribadi mengecek dan mengatasi setiap permasalahan yang ada pada printer Anda. Jadi, Anda tidak perlu khawatir printer Anda rusak, karena pasti akan ditangani baik oleh pihak garansi resminya.

10. Bawa ke Ahlinya

* sumber: techifornia.portfoliopen.com

Tapi, jikalau ternyata printer Anda sudah habis masa garansinya dan Anda ragu untuk mengotak-ngatik printer Anda, maka Anda bisa eksklusif bawa ke ahlinya. Maksudnya, Anda mampu pribadi datangi kawasan service khusus printer supaya Anda tidak perlu khawatir dengan kerusakan printer.

Itu tadi beberapa cara mengatasi hasil print bergaris. Kesepuluh cara tadi mampu Anda coba sendiri di rumah. Namun, kalau Anda ragu melakukannya maka eksklusif bawa saja ke kawasan service khusus printer. Nah, jika Anda punya pengalaman yang serupa, mampu ceritakan pengalamannya di kolom komentar, ya!

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online