10 Brand Proyektor Terbaik Untuk Aneka Macam Kebutuhan

Kalian sedang resah mencari home projector untuk menonton film, bermain game atau menonton TV di layar yang lebih besar? Atau kalian ingin proyektor yang mampu digunakan untuk keperluan profesional seperti untuk bisnis, ruang kelas, ataupun untuk ruang konferensi?

Kalian tidak perlu khawatir alasannya kami sudah merangkum 10 rekomendasi merk proyektor terbaik untuk kalian. Mulai dari proyektor yang mampu menunjang tampilan presentasi sampai proyektor 4K yang mampu menciptakan kalian dapat menikmati sensasi menonton seperti di bioskop. Penasaran apa saja? Yuk, kita simak pembahasannya!

1. Cheerlux CL760

Cheerlux CL760

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

CL 760 dari brand Cheerlux ini merupakan proyektor LCD yang mampu digunakan untuk kebutuhan entertainment mirip home theater atau bermain games hingga kebutuhan profesional mirip di ruang meeting dan ruang kelas kecil.

Resolusi bawaan dari proyektor ini ialah 720p, namun dapat mendukung 1080p. Dilengkapi juga dengan tingkat kecerahan hingga 3200 lumens, proyektor ini juga memiliki fitur built in stereo speaker. Namun, kalian tetap dapat menggunakan speaker eksternal alasannya dia juga dilengkapi dengan port untuk audio.

Selain port untuk audio, proyektor ini juga dilengkapi dengan slot untuk USB, HDMI, VGA, serta infrared receiver. Poin menarik lainnya yaitu proyektor ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar Rp 2 jutaan.

2. Unic UC46

Unic UC46

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Unic UC46 merupakan proyektor LED dengan resolusi bawaan 800 x 480 piksel, namun mampu mendukung resolusi sampai 1080p. Sehingga, kualitas gambar atau video yang ditampilkan cukup baik.

Selain itu, Unic UC46 juga dilengkapi dengan tingkat keterangan yang mencapai 1200 lumens, sehingga baik untuk digunakan sebagai perangkat multimedia di rumah dan presentasi untuk ruangan kecil.

Proyektor ini menyediakan fitur speaker bawaan. Juga terdapat beberapa macam slot untuk USB, HDMI, VGA, audio, dan Sekolah Dasar card. Lalu, terdapat juga port USB yang mampu dipakai untuk men-charge smartphone. Selain melalui kabel, proyektor ini dapat eksklusif dihubungkan melalui Bluetooth dan juga WiFi.

Meskipun mempunyai fitur yang lengkap, proyektor ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 1 jutaan. Maka tak heran, Unic UC46 menjadi salah satu proyektor terbaik di kelasnya.

3. Epson EB-X400 XGA 3LCD Projector

Epson EB-X400 XGA 3LCD Projector

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Epson EB-X400 ini merupakan proyektor LCD yang ideal untuk dipakai di ruang meeting, huddle room sampai ruang kelas. Proyektor ini bisa untuk memproyeksikan media dengan jelas dan jernih alasannya dilengkapi dengan tingkat keterangan mencapai 3.300 lumens dan kontras rasio 15.000:1.

Proyektor ini memiliki resolusi XGA, namun dapat menampilkan hingga resolusi WUXGA. Kualitas gambar yang ditampilkan tetap tajam dan jernih. Untuk koneksi melalui kabel, proyektor ini menyediakan slot untuk HDMI, VGA dan juga USB.

Selain itu, terdapat juga konektivitas melalui WiFi, sehingga memudahkan untuk menghubungkan smartphone atau perangkat lainnya ke proyektor ini. Lalu terdapat juga fitur Multi-PC Projection Moderator Function, di mana satu PC bertindak sebagai host moderator yang mampu mengontrol media dari empat PC atau perangkat lainnya untuk ditampilkan dalam proyektor.

Terdapat juga fitur split screen, di mana kalian dapat menampilkan media dari dua sumber berbeda dalam satu layar. Fitur-fitur yang mereka sediakan membuat presentasi menjadi mudah dan nyaman. Maka tak heran, proyektor ini menjadi salah satu proyektor terbaik untuk keperluan kantor atau bisnis.

Ditambah lagi, harga yang mereka patok untuk proyektor ini tidaklah terlalu mahal. Epson EB-X400 XGA 3LCD Projector mampu dibeli dengan harga sekitar Rp 5-6 jutaan.

4. Asus ZenBeam 2

Asus ZenBeam 2

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jika kalian sedang mencari proyektor portabel dengan desain yang sleek, bisa jadi Asus ZenBeam S2 adalah jawaban yang tepat untuk kalian. Karena proyektor Asus ini sangat mungil sampai muat di telapak tangan dan bobotnya pun hanya mencapai 497 gram.

Tidak hanya itu, proyektor ini dilengkapi dengan 500 lumens light dan juga 720p native resolution yang bisa memproyeksikan gambar yang tajam dan jelas pada dinding dari jarak dari 1 hingga 3 meter. Asus ZenBeam S2 juga dilengkapi dengan 2D Keystone Correction & Auto Focus, sehingga dia mampu menyesuaikan fokus gambar secara otomatis serta mengoreksi distorsi.

Proyektor LED portabel ini juga menyediakan slot untuk kabel HDMI dan USB-C. Terdapat juga output USB-A 5V/1A yang membuat kalian mampu men-charge smartphone.

Selain itu, proyektor ini dapat dikoneksikan juga melalui WiFi. Sehingga, kalian dapat memproyeksikan konten streaming eksklusif pada proyektor ini. Lalu, dia juga dilengkapi dengan daya baterai hingga 6000 mAh yang dapat digunakan selama kurang lebih 3,5 jam tanpa power supply.

Dalam proyektor ini juga terdapat built-in speaker dari Asus SonicMaster Technology. Namun, proyektor ini tetap menyediakan slot untuk speaker eksternal. Asus ZenBeam 2 ini bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp 7-8 jutaan.

5. Viewsonic M1+

Viewsonic M1+

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi selanjutnya masih tiba dari proyektor LED portabel, yakni ViewSonic M1+. Ia dilengkapi dengan resolusi bawaan 854 x 480, brightness hingga 300 lumens serta bobot ringan, yakni 750 gram. Sehingga, ViewSonic M1+ ideal untuk penggunaan home entertainment maupun kegiatan outdoor seperti camping.

Proyektor ini juga sudah mengintegrasikan smart stand sehingga pengaturannya mampu diputar sampai 360 derajat. Proyektor ini juga menyediakan beberapa port untuk menghubungkan proyektor dengan perangkat lain, mirip port USB tipe A dan C, HDMI serta terdapat slot untuk microSD. Dan tentunya proyektor ini jugadapat dikoneksikan juga melalui jaringan WiFi.

Bukan hanya itu, ViewSonic M1+ juga dilengkapi dengan Harman Kardon Bluetooth speakers, yang dapat menyediakan kualitas audio yang jernih. Terdapat juga baterai tanam yang diklaim dapat dipakai selama kurang lebih 6 jam. Jika kalian tertarik dengan proyektor LED portabel dari ViewSonic ini, kalian bisa membelinya dengan harga Rp 5,5 jutaan.

6. Infocus IN118HDA

Infocus IN118HDA

Cek Harga di Lazada

Kalian sedang mencari proyektor mungil yang cocok untuk keperluan presentasi bisnis? Infocus IN118HDA bisa menjadi solusi untuk kalian. Dikemas dengan native resolution 1080p dan 3000 lumens, proyektor ini dapat memproyeksikan detail dan teks kecil dengan terperinci.

Selain itu, terdapat juga 4 GB internal memory sehingga kamu tetap dapat memproyeksikan data presentasi tanpa memakai PC. Selain itu, Infocus IN118HDA juga kompatibel untuk memproyeksikan video atau gambar 3D.

Untuk slot penghubung, Infocus menyediakan port untuk kabel HDMI, VGA, USB-A Multimedia, USB-A, WiFi dan juga untuk audio. Ia juga sudah dilengkapi dengan built-in speaker, namun sayangnya suara yang dihasilkan terlalu lembut. Makara, kalau kalian membutuhkan bunyi yang lebih keras dan jernih, sebaiknya gunakan speaker eksternal.

7. LG Minibeam LED Projector (PW1500)

LG Minibeam LED Projector (PW1500)

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

LG Minibeam LED Projector (PH550) ini dilengkapi dengan resolusi bawaan 1280 x 720 dan dengan tingkat kecerahan hingga 550 lumens. Lalu, contrast ratio proyektor ini mencapai 100.000:1 dan mampu menampilkan ukuran layar sampai 100 inci.

Terdapat juga fitur Bluetooth Sound Out, di mana kalian mampu menghubungkan proyektor dengan Bluetooth speaker. Lalu, fitur WiFi memudahkan kalian untuk mirroring dengan smartphone, tablet maupun laptop. Dan dalam proyektor ini sudah tertanam baterai yang dapat tahan dipakai sampai 2,5 jam.

Untuk konektivitas kabel, proyektor ini menyediakan port untuk HDMI MHL, USB, RGB, audio 3.5mm serta AV. Proyektor ini juga memiliki fitur tuner TV, sehingga kalian dapat menonton program TV secara pribadi. Tidak hanya itu, ia juga kompatibel untuk konten-konten 3D.

Ukurannya yang kecil dan bobotnya yang ringan membuat proyektor ini gampang untuk dibawa bepergian. Proyektor LG Minibeam LED Projector (PH550) ini ditawarkan dengan harga sekitar Rp 7 jutaan.

8. ViewSonic PA503S HDMI Projector

ViewSonic PA503S HDMI Projector

Cek Harga di Shopee

Rekomendasi proyektor lainnya tiba dari ViewSonic PA503S. Proyektor ini dilengkapi dengan 3600 ANSI lumens dan kontras rasio 22.000:1. Sehingga, proyektor ini mampu memproyeksikan konten dengan terperinci meskipun pencahayaan dari ruangan tidak begitu mendukung.

Selain itu, SuperColor Technology yang terdapat pada proyektor ini mampu memastikan bahwa warna yang ditampilkan persis mirip warna aslinya. Terdapat lima present mode, yakni brightest mode, presentation mode, standard mode, photo mode serta movie mode yang mampu kalian sesuaikan dengan kebutuhan kalian.

Proyektor View Sonic ini juga kompatibel untuk menayangkan konten 3D dengan pertolongan dari 3D Blu-Ray players yang mampu dihubungkan dengan kabel HDMI. Selain HDMI, tersedia juga slot untuk audio input serta output, VGA, RS232 jack dan USB tipe B.

Fitur serta kualitas gambar yang ditawarkan oleh proyektor ini membuat ViewSonic PA503S menjadi salah satu proyektor terbaik untuk ruang kelas dan ruang meeting. Proyektor ini juga ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. yaitu sekitar Rp 6 jutaan.

9. NEC MC331XG

NEC MC331XG

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

NEC MC331XG ini merupakan proyektor LCD yang dilengkapi dengan resolusi XGA atau 1024 x 768 dan kontras rasio 15.000:1. NEC MC331XG juga dilengkapi dengan 3300 ANSI lumens, sehingga dapat digunakan untuk ruang pertemuan, ruang kelas ataupun ruang konferensi dengan ambient light yang cukup besar lengan berkuasa.

Tersedia juga beberapa port untuk HDMI, VGA, USB-B, LAN dan juga untuk audio input maupun output. Selain itu, proyektor ini mampu mendukung konten 3D dan dilengkapi dengan fitur built-in speaker 16W. Daya tarik lainnya adalah proyektor sudah mendukung wireless, sehingga kalian dapat menampilkan gambar tanpa kabel dengan dukungan perangkat wireless dongle.

Proyektor dar NEC ini dijual dengan harga sekitar Rp 11 jutaan dan sudah termasuk wireless dongle atau wireless LAN card. NEC MC331XG merupakan salah satu brand proyektor terbaik untuk penggunaan ruangan yang cukup besar.

10. BenQ W2700

BenQ W2700

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi terakhir datang dari proyektor dengan resolusi 4K, ialah BenQ W2700. Proyektor ini memakai teknologi DPL (Digital Light Processing), Cinematic Color serta dilengkapi juga dengan fitur HDR (High Dynamic Range).

Karenanya, performa visual yang dihasilkan dari proyektor ini jauh lebih jernih, tajam, hingga detail-detailnya pun terlihat sangat jelas. Sehingga, ia mampu menampilkan kualitas video yang dapat disetarakan dengan bioskop.

Proyektor ini menyediakan beberapa port seperti untuk HDMI, USB tipe A, mini USB, dan juga slot untuk audio. Selain itu, beliau juga dilengkapi dengan speaker bawaan dengan teknologi CinemaMaster Audio+2, sehingga bunyi yang dihasilkan keras dan jenih untuk ukuran proyektor.

Jika kalian sedang berburu proyektor 4K untuk menikmati sensasi menonton film dengan kualitas visual yang kurang lebih seperti dengan bioskop, maka BenQ W2700 ini layak untuk dimasukan wishlist kalian. Harga proyektor ini berada di kisaran Rp 35 juta.

Nah, itu ia 10 rekomendasi merk proyektor terbaik yang mampu kalian pilih sesuai dengan kebutuhan, spesifikasi dan tentunya budget kalian. Untuk gosip harga terbaru, silahkan klik tombol cek harga yang tersedia.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online