10 Brand Mic Untuk Hp Yang Anggun Di Bawah 1 Jutaan

Tidak seperti kamera, mikropon bawaan sebuah ponsel yaitu bab yang rata-rata jarang diperhatikan oleh pabrikan. Hasilnya, mikropon tersebut pada umumnya tidak dapat menghasilkan kualitas audio yang baik.

Untuk penggunaan sehari-hari hal ini mungkin tidak menjadi dilema, namun beda halnya bila untuk keperluan profesional, entah itu presentasi, interview, video shooting, sound effect, vlog, podcast. Kamu membutuhkan HP dengan mikropon yang dapat mengemban amanah semoga semua aktivitas tersebut berjalan baik dan lancar.

Jika ternyata mikropon bawaan HP kau kurang bagus, maka kamu membutuhkan mikropon eksternal. Di luar sana tersedia aneka macam brand mikropon yang didesain untuk HP yang bisa kamu pilih.

Agar tidak galau menentukan produk yang sempurna, di bawah ini Carisinyal akan membahas sejumlah produk mikropon untuk HP dari berbagai merk yang ada di dunia. Berikut adalah ulasannya.

1. Mamen Mic-06

Mamen Mic-06

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mikropon dari brand asal China ini merupakan jenis mikropon shotgun yang dapat menangkap suara yang berasal dari satu arah. Mikropon ini juga dilengkapi dengan windscreen yang mampu meredam suara bising dari luar, sehingga bunyi yang dihasilkan menjadi lebih jernih. Hasilnya Mamen Mic-06 ini dapat digunakan untuk merekam film pendek, vlog, sound effect, video atau audio di mana kau ingin fokus merekam bunyi dari satu arah.

Selain itu, mikropon ini juga dikemas dengan dua jenis windshield tambahan, adalah cotton windshield dan artificial rabbit hair windshield. Keduanya berfungsi untuk meredam suara bising dari lingkungan sekitar yang tidak diinginkan dan menciptakan bunyi menjadi lebih jernih lagi. Mamen Mic-06 mampu langsung disambungkan ke smartphone, baik itu iOS atau Android, tablet, kamera DSLR dan gadget lainnya.

2. Rode SmartLav+

Rode SmartLav+

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rode SmartLav+ merupakan salah satu pilihan mikropon eksternal untuk smartphone dan tablet, baik Android ataupun iOS. Mikropon ini berbentuk clip-on, sehingga dapat dijepitkan langsung ke pakaian. Mikropon berjenis omni-directional condenser ini mampu menangkap suara dari sekitar mikropon dengan baik.

Jenis mikropon seperti ini memang nyaman untuk dipakai interview, podcast, presentasi, video YouTube, atau merekam video atau audio apapun yang membutuhkan untuk menangkap bunyi dari segala arah dengan rata. Selain itu, mikropon jenis ini juga elok untuk digunakan shooting di luar, karena ia mampu menghalau bunyi angin yang dapat mengganggu recording.

Dilengkapi dengan foam pop shield, Rode SmartLav+ ini bisa meminimalisir bunyi angin dan suara letupan udara dari aksara P,B,D,H. Rode SmartLav+ juga dilengkapi dengan kabel Kevlar yang merupakan jenis kabel yang kuat, sehingga beliau tidak gampang merenggang ataupun putus.

3. Saramonic SmartMic Condenser Microphone

Saramonic SmartMic

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Saramonic SmartMic ini merupakan condenser microphone yang sangat ringkas yang mampu digunakan eksklusif pada smartphone, tablet, atau perangkat apapun dengan TRRS microphone input. Meskipun ukurannya mini, SmartMic ini menghasilkan broadcast-quality sound yang dapat meningkatkan kualitas suara video maupun bunyi yang direkam.

Mikropon ini diklaim dapat digunakan untuk video YouTube, vlog, livestream, podcast dan lain sebagainya. Saramonic SmartMic dilengkapi dengan compact capsule yang mampu diputar, sehingga kamu mampu mengatur dari arah mana bunyi yang ingin kamu rekam.

Lalu, terdapat built-in shock mount yang mampu meminimalisir bunyi gemerisik yang tidak diinginkan. Selain bentuknya yang kecil, mikropon ini juga tidak memerlukan charging, sehingga enak dibawa kemana-mana.

4. BOYA BY-MM1 Microphone

BOYA BY-MM1

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

BY-MM1 ini merupakan jenis mikropon cardioid yang mampu meningkatkan kualitas audio dari video. Jenis mikropon ini dapat menghalau ambient noise lebih baik dari jenis omni, namun masih mampu menjangkau suara dari arah depan.

Dilengkapi dengan kabel TRS dan juga kabel output TRSS, mikropon yang ringan dan tidak perlu diisi ulang ini mampu dipakai untuk smartphone, tablet, kamera, PC, dan perangkat lainnya. Selain itu, ada juga fitur anti-shock mount yang mampu meredam vibrasi yang tidak diinginkan.

Lalu, terdapat juga furry windshield yang mampu meminimalisir bunyi angin, sehingga suara yang dihasilkan lebih jernih. Dengan demikian, mikropon ini juga dapat dipakai untuk merekam audio atau video di luar ruangan.

5. Movo PM10

Movo PM10

Cek Harga di Shopee

Rekomendasi lainnya ialah mikropon clip-on Movo PM10. Mikropon ini merupakan jenis omni-directional, yang mampu menangkap suara dari segala arah. Dilengkapi dengan kabel TRSS 3,5 mm sepanjang 1,2 meter, mikropon ini mampu pribadi dihubungkan ke ponsel ataupun tablet.

Mikropon ini dapat dipakai untuk narasi video YouTube, vlogging, interview, dan lain-lain. Selain itu, ia juga cukup ampuh untuk meredam bunyi echo. Ditambah lagi, ia dilengkapi dengan foam windscreen, yang mampu memfilter bunyi bising yang tidak diinginkan, sehingga bunyi yang dihasilkan menjadi lebih jernih lagi.

6. Audio-Technica ATR3350iS

Audio-Technica ATR3350iS

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mikropon condenser dari Audio-Technica ini dilengkapi klip yang dapat dijepit ke pakaian. Kualitas bunyi yang dihasilkan mikropon ini diklaim bagus untuk video arahan olahraga atau menari.

Mikropon omni-directional ini mampu langsung dihubungkan ke smartphone, baik Android maupun iOS, tablet, DSLR dan gadget lainnya. Audio-Technica ATR3350iS juga dilengkapi dengan foam windscreen yang dapat memfilter suara bising yang tidak diinginkan.

7. Rode VideoMic Me

Rode VideoMic Me

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Rekomendasi selanjutnya datang lagi dari merk Rode. Jika sebelumnya berbentuk clip on dengan polar pattern omni-directional, maka yang satu ini merupakan mikropon directional dengan polar pattern cardioid. Dengan demikian, ia dapat menangkap bunyi yang lebih fokus dari arah depan dan me-reject ambient noise dari arah belakang.

Rode VideoMic Me hadir dengan deluxe furry windshield untuk menghalau suara angin dan bising yang dapat mengganggu kualitas rekaman. Sehingga, mikropon ini juga dapat digunakan untuk merekam travel vlogging hingga merekam video konser. Ukurannya yang kecil dan dapat eksklusif disambungkan ke smartphone menciptakan mikropon inu praktis untuk dibawa keluar.

Tidak hanya itu, mikropon ini juga mempunyai headphone jack, sehingga kau mampu mendengarkan bunyi yang dihasilkan oleh mikropon dikala sedang merekam secara pribadi. Atau mendengarkan playback tanpa perlu repot-repot mencabut mikropon dari ponsel.

8. Dayton Audio iMM-6 iDevice Calibrated Microphone

Dayton Audio iMM-6

Dayton iMM-6 ini mempunyai desain yang sleek dan ramping, sehingga nyaman untuk digunakan. Ia juga kompatibel dengan perangkat iOS, Android maupun Windows Phone alasannya dilengkapi dengan kabel TRSS 3,5 mm. Mikropon berjenis condenser ini memiliki headphone jack, sehingga memudahkan untuk mendengar saat proses rekaman atau mendengarkan playback.

Dayton Audio iMM-6 iDevice Calibrated Microphone ini memilki pattern omni-directional di mana dia mampu menangkap suara dari banyak sekali arah dengan sempurna. Selain itu, harganya cukup terjangkau dan tetap memperlihatkan kualitas suara yang baik terlepas dari smartphone apa saja yang kamu gunakan.

9. Comica CVM-VS08

Comica CVM-VS08

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Comica CVM-VS08 merupakan jenis condenser shotgun microphone dengan cardioid polar pattern. Mikropon ini dilengkapi dengan wind screen dan wind muff, sehingga mampu dipakai untuk keperluan shooting di luar ruangan. Karena mempunyai cardioid polar pattern, mikropon ini cocok kalau kau ingin merekam suara fokus dari arah depan tanpa gangguan background noise.

Comica CVM-VS08 juga dilengkapi dengan headphone jack, sehingga kamu bisa mendengarkan suara pada saat proses rekaman sedang berlangsung ataupun mendengarkan hasil rekamannya tanpa melepas mikropon dari handphone.

10. BM-800 Professional Studio Condenser Microphone

BM-800 Professional

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Mikropon condenser BM-800 ini dikemas dengan steel mesh serta shock proof mount agar mic tetap dalam posisi stabil, sehingga meminimalisir suara gemerisik. Di dalam kemasannya juga terdapat windshield proof yang dapat menjaga mic dari bunyi bising yang mampu mengganggu proses rekaman.

Karena cukup sensitif, mikropon jenis seperti ini cocok untuk kebutuhan rekaman musik akustik, podcast, sampai vocal performance mirip cover lagu. BM-800 mempunyai kabel XLR mirip kabel mikropon pada umumnya dan di ujung kabelnya terdapat jack 3,5 mm, sehingga bisa dihubungkan ke smartphone atau laptop dengan dukungan audio splitter. Untuk kualitas bunyi yang lebih baik, kau membutuhkan alat pelengkap seperti phantom power.

Nah, itulah beberapa rekomendasi merk mic untuk HP yang mampu kau dapatkan dengan harga di bawah satu juta. Dengan aneka macam fitur yang dibawanya, mikropon-mikropon di atas tentu dapat diandalakan untuk banyak kegiatan. Untuk gosip harga terbaru, silahkan klik tombol cek harga yang tersedia.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online