10 Aplikasi Untuk Cek Ongkir Paling Terkenal Di Android

Pengecekan ongkir (ongkos kirim) kini tidak hanya mampu dilakukan di situs perusahaan ekspedisi saja, namun sudah bisa diakses melalui aplikasi di ponsel berilmu. Aplikasi-aplikasi untuk cek ongkir ini juga mendukung pengecekan aneka macam kurir, sehingga memudahkan mereka yang bergerak dalam bisnis online untuk mengetahui biaya pengiriman produk mereka.

Selain cek ongkir, pengguna aplikasi-aplikasi ini juga dapat memantau paket mereka melalui pelacakan nomor resi. Dengan demikian, mereka mampu melaksanakan banyak hal dalam satu daerah sehingga bisa membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Berikut ini Carisinyal akan membahas aplikasi-aplikasi untuk cek ongkir yang paling terkenal di Android. Para pelaku bisnis online mampu merapat ke sini dan memilih aplikasi mana yang paling cocok untuk digunakan. Berikut yakni daftarnya.

10 Aplikasi untuk Cek Ongkir Paling Populer di Android

1. RajaOngkir – Ongkos Kirim

RajaOngkir

Di urutan pertama aplikasi untuk cek ongkir yaitu RajaOngkir. Di Google PlayStore, aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari satu juta orang dan mendapatkan rating 4.1. Selain mampu melaksanakan cek ongkir, orang juga dapat melacak kiriman mereka melalui RajaOngkir.

Perusahaan logistik yang mampu dicek ongkirnya di RajaOngkir antara lain seperti: JNE, POS Indonesia, TIKI, Wahana, J&T, SiCepat, RPX, PCP, Pandu, Pahala, SAP, JET Express, 21 Express, SLIS, First Logistics, NCS, Star Cargo, NSS Express, Ninja Xpress, Lion Parcel, IDL Cargo, dan PopExpress (untuk tarif domestik).

Untuk tarif pengiriman internasional yang terbaca di RajaOngkir hanya untuk perusahaan logistik TIKI, POS Indonesia, Solusi Ekspres, JNE, dan Expedito. RajaOngkir menawarkan antarmuka pengguna yang praktis, fleksibel, dan cepat. Fitur lainnya adalah mempunyai daftar kota yang lengkap sampai ke tingkat kecamatan. Aplikasi ini terbilang ringan dan gratis untuk diunduh di sini.

2. Cek Resi dan Ongkir Kiriman

Cek Resi dan Ongkir

Selanjutnya ada aplikasi Cek Resi dan Ongkir Kiriman yang memberikan fitur menyimpan dan menghapus nomor resi. Dengan fitur ini pengguna tidak perlu menginput nomor resi yang sama berkali-kali. Jika nomor resi sudah hangus, list-nya mampu dihapus dengan cara menekannya lebih usang.

Daftar logistik yang bisa dicek ongkirnya di aplikasi ini antara lain seperti JNE, TIKI, POS, PCP, ESL, RPX, Pandu Express, Wahana, SiCepat, J&T Express, Pahala, Cahaya, First Logistics, REX, ESL, SAP Express, JET Express, Indah Logistic, dan 21 Express.

Pengecekan ongkir juga mampu dilakukan sampai tingkat kecamatan atau desa yang mencangkup seluruh wilayah Indonesia. Aplikasi ini juga mempunyai fitur barcode scanner, text scanner, dan akun backup.

Aplikasi ini sesuai namanya juga bisa untuk cek resi. Kurir yang bisa dipantau di sini yakni JNE, TIKI, POS, Wahana, Pandu Express, SiCepat, J&T Express, PCP, NEX Logistics, ARK Express, Dakota, Pahala, Rosalia Express, ESL, Ninja Xpress, First Logistics, NEX Logistics,  EMS POS indonesia, SAP Express, RPX, JET Express, Lion Parcel, Lazada Express, ARK Express, , dan REX.

Ada dua perusahaan logistik yang resinya bisa di-tracking dengan aplikasi ini, yaitu LWE (Logistics Worldwide Express) dan CHINA POST. Lebih dari 500 ribu orang sudah menggunakan aplikasi ini. Jika tertarik, aplikasi Cek Resi dan Ongkir Kiriman dapat diunduh di sini.

3. Cekresi.com – Cek Resi dan Tarif All-in-One

Cekresi

Aplikasi untuk cek ongkir ketiga adalah Cekresi.com yang menyediakan jasa cek resi untuk 31 perusahaan logistik atau ekspedisi. Hanya saja untuk cek ongkir aplikasi Cekresi.com hanya support untuk lima perusahaan saja, adalah JNE, Pos, TIKI, SiCepat dan Wahana.

Salah satu keunggulan Cekresi.com ada pada sistem pengecekan resi. Pengguna tidak perlu memilih ekspedisi dikala akan memasukan nomor resinya. Cukup masukan resi dan sistem akan eksklusif memberitahu keberadaan paketnya. Simpel bukan?

Pastikan koneksi internet dalam keadaan baik supaya ketika pengecekan ongkir dan resi tidak ada duduk perkara. Namun aplikasi Cekresi.com ada fitur di mana pengguna mampu mengecek status kiriman dan ongkir tanpa internet untuk daftar yang sudah masuk history. Download aplikasi ini di sini.

4. My JNE

My JNE

Karena JNE merupakan salah satu perusahaan ekspedisi terpopuler di Indonesia, maka pengguna jasa logistik ini pastinya sangat banyak. Pelanggan setia JNE dapat melaksanakan cek ongkir, cek resi, dan lainnya dalam aplikasi mereka yang bernama My JNE.

Pengecekan ongkir di My JNE akan dilengkapi dengan perhitungan paket yang akan dikirim. Hal itu termasuk berat, panjang, lebar, dan tinggi paket. Hal itu dimaksudkan supaya cek ongkir berjalan dengan akurat.

Paket dengan volume melebihi hukum JNE akan dihitung ke dalam berat. Kaprikornus, bisa saja paket kiriman hanya memiliki berat 1 kg tapi volumenya besar, maka bisa dihitung beberapa kilo lebih berat. Dengan demikian, pengguna JNE tidak perlu bingung-bingung menghitung berat dan volume paket mereka sendirian. Unduh aplikasi My JNE di sini.

5. J&T Express

JNT

Selanjutnya ada si merah J&T yang juga sering menjadi pilihan mengirimkan paket. Sama dengan JNE, ekspedisi ini juga mempunyai aplikasi pengecekan status kiriman dan ongkir di Play Store yang bernama J&T Express.

Aplikasi J&T Express dilengkapi dengan fitur pencarian Drop Point terdekat dengan lokasi pengguna yang menggunakan peta Google atau Google Maps. Dengan demikian, fitur ini dapat mempermudah pengguna yang ingin mengirimkan paketnya. Download aplikasi J&T Express di sini.

6. Cek Ongkir JNE, TIKI, POS & Semua Kurir

Cek Ongkir

Aplikasi untuk cek ongkir nomor enam ada Cek Ongkir JNE, TIKI, POS & Semua Kurir. Tidak dijelaskan secara rinci ekspedisi apa saja yang bisa dicek ongkirnya di aplikasi ini. Beberapa yang disebut antara lain adalah JNE, TIKI, POS Indonesia, Wahana, J&T, dan Pandu Logistik. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung cek ongkir tarif internasional.

Kurir-kurir yang didukung aplikasi cek ongkir dan resi ini adalah JNE, TIKI, POS, RPX, ESL, PCP, Pandu Express, WAHANA, SICEPAT, J&T, PAHALA, CAHAYA, SAP, JET, DSE, SLIS, FIRST, NCS, dan STAR. Aplikasi ini mampu diunduh di sini.

7. Cek Ongkir JNE, TIKI, J&T, Lion Parcel, Wahana, Pos

Cek Ongkir JNE

Aplikasi untuk cek ongkir yang ini mendukung pengecekan ongkir dan resi untuk cukup banyak ekspedisi, mirip JNE, POS, TIKI, PCP, ESL, RPX, Pandu, Wahana, SiCepat, J&T, Pahala, Cahaya, SAP Express, JET, Indah Logistic, Solusi Express, 21 Express (DSE), First, NCS, Lion Parcel dan NSS Express.

Aplikasi ini juga membawa beberapa fitur mirip filter hasil cek ongkir yang bisa menampilkan hasil ongkir kurir yang diinginkan pengguna dan juga mampu mensortir harga kurir yang paling murah.

Selain itu hasil cek ongkir juga mampu eksklusif dibagikan melalui banyak platform mirip WA, Line, BBM, Twitter, Facebook Messenger, Email, Bluetooth, Google Drive, dan lain-lain. Dengan demikian penggunanya mampu lebih gampang mengembangkan dengan orang lain yang menanyakan ongkir yang sama (cukup berkhasiat bagi seorang CS online shop nih).

Masih ada lagi fitur yang ditawarkan aplikasi untuk cek ongkir ini. Jika ingin mengunduhnya silahkan pergi ke sini.

8. Cek Ongkir JNE, TIKI, POS (All Kurir)

Cek Ongkos Kirim

Aplikasi cek ongkir ini mendukung beberapa ekspedisi mirip Cek Ongkir JNE, TIKI, POS, Wahana, Sicepat, dan masih banyak lagi. Di sini juga pengguna bisa melacak kirimannya juga. Salah satu fitur yang ditawarkannya yaitu “Resi Saya” yang berisi riwayat cek resi. Perhitungan ongkos hingga level kecamatan di seluruh destinasi kota di Indonesia. Unduh aplikasinya di sini.

9. Ongkos Kirim Lengkap: JNE, POS, J&T, TIKI

Ongkir Lengkap

Yang satu ini mendukung cek ongkir untuk ekspedisi mirip JNE, TIKI, Pos indonesia, ESL Express, RPX, PCP, serta memberikan juga cek ongkir tarif internasional. Beberapa fitur yang dibawanya yakni kurs rupiah terhadap dollar Amerika, laporan ongkir, barcode scanner, dan masih banyak lagi. Download aplikasinya kini di sini.

10. Cek Resi Cek Ongkir JNE, POS, J&T, (Semua Kurir)

Cek Resi Ongkir

Aplikasi untuk cek ongkir yang terakhir ini mendukung cek ongkos kirim beserta cek resi untuk ekspedisi JNE, Pos Indonesia, J&T, TIKI, Si Cepat, dan Wahana. Fitur-fitur yang dibawanya antara lain seperti ukuran aplikasi yang kecil serta dapat menyimpan history pencarian ongkir, dan lain-lain. Unduh aplikasinya di sini.

Itulah daftar 10 aplikasi untuk cek ongkir yang mampu dipasang di ponsel Android. Setiap aplikasi memberikan fitur yang berbeda-beda serta mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Makara, pilih aplikasi yang dirasa paling efektif dan efisien dalam cek ongkir dan lainnya.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya menjangkau lebih banyak orang. Baca juga artikel Carisinyal lainnya mengenai 10 Aplikasi untuk Bisnis Terbaik di Smartphone Android.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online