10 Aplikasi Photo Collage Untuk Pc & Smartphone Yang Gratis

Kamu punya banyak koleksi foto di laptop atau di HP? Cobalah buat beberapa kolase foto yang bisa kamu cetak untuk selanjutnya dijadikan hiasan di kamarmu atau kamu bagikan di media sosialmu. Sekarang ini tersedia banyak aplikasi kolase foto yang gratis, yang mampu mengubah fotomu menjadi sebuah karya seni yang menarik.

Aplikasi-aplikasi ini mampu dengan gampang kau gunakan di PC. Sebagian aplikasi ini juga bahkan tersedia untuk Android dan iPhone. Tertarik untuk membuat seni dengan koleksi fotomu sendiri? Untuk membantumu mewujudkan karya senimu, berikut yakni daftar aplikasi photo collage untuk PC yang mampu kau manfaatkan.

1. Canva

Canva

Pembuat kolase online ini merupakan pilihan yang cocok untuk dicetak ke kanvas. Selain di PC, Aplikasi berbasis web ini juga mampu dipakai di smartphone Android dan iOS.

Tak berbeda dari pembuat kolase berbasis peramban lainnya, kebanyakan template kolase foto yang disediakan oleh Canva dapat dengan bebas dipakai pengguna. Namun, ada juga desain premium yang berbayar. Desain berbayar ini ditandai dengan terang sehingga terlihat oleh pengguna yang memilihnya.

Sebelum membuat kolase, pengguna harus mendaftar terlebih dahulu dengan memilih nama pengguna dan kata sandi gres, atau masuk dengan memakai akun Facebook atau Google pengguna.

Pilih “personal use” dan pengguna akan disajikan beragam sajian, mirip, sosial media dan sampul buku. Satu-satunya kelemahan Canva yaitu pengguna tidak dapat mengatur resolusi file output (walaupun ada pilihan PDF standar atau kualitas cetak). Di luar itu, Canva merupakan pembuat kolase gratis yang benar-benar luar biasa.

2. Photo Grid

Photo Grid

* sumber: www.theandroidportal.com

Ini merupakan salah satu aplikasi pembuat kolase dan editor kolase yang paling dicari. Photo Grid merupakan editor foto canggih yang memiliki banyak imbas keren untuk semua yang kau inginkan.

Photo Grid menyediakan tata letak desain yang sempurna untuk mengembangkan di Instagram dan jejaring sosial lainnya juga. Menerapkan filter keren dan menambahkan teks untuk mempersonalisasi kolase foto milikmu dengan Photo Grid sangatlah mudah dan menyenangkan.

Pengeditan foto dan pembuatan kolase mampu dengan gampang dilakukan menggunakan Photo Grid dan kau akan menerima hasil terbaik untuk fotomu. Kamu mampu menentukan hingga sembilan foto untuk kolase, dan mampu memilih antara desain potret dan lanskap untuk tata letak terbaik untuk kolasemu.

Keunggulan lain dari Photo Grid adalah kemampuannya untuk menggabungkan beberapa foto dengan tata letak yang berbeda. Kamu bisa menerima aplikasi Photo Grid di toko aplikasi Android atau iPhone atau di situs web resmi untuk Windows dan Mac.

3. Shape Collage

Shape Collage

* sumber: www.shapecollage.com

Shape Collage merupakan platform perangkat lunak pembuat foto kolase. Sama mirip beberapa aplikasi lain, Shape Collage membantu kamu mengubah koleksi foto yang kamu miliki menjadi kolase foto yang indah dan unik dalam bentuk apa pun.

Aplikasi ini sangat memiliki kegunaan untuk menciptakan kartu, poster, wallpaper, atau bahkan membuat papan iklan atau billboards. Dengan alat dan template yang tersedia untukmu, Shape Collage merupakan alat kolase yang mudah digunakan. Pembuat kolase foto ini bisa dipakai di Windows dan Mac.

4. Phototastic Collage

Phototastic Collage

* sumber: phototastic-collage.en.softonic.com

Phototastic Collage, seperti namanya, hanya memfokuskan pada urusan kolase. Pada versi gratisnya, pengguna mampu menambahkan hingga empat foto dalam kolase. Tersedia juga beberapa template bahkan template desainer.

Saat mengedit kolase, pengguna bisa mengatur jarak, mengubah latar belakang, menambahkan bayangan, mengganti foto, mengubah desain kapan saja, dan banyak lagi. Bisa juga menambahkan teks dan stiker. Efek tersedia untuk foto individual dan foto tersebut bisa di-crop atau dipotong.

5. Pic Collage

Pic Collage

Pic Collage merupakan aplikasi pembuat kolase lengkap. Kamu bisa membuat tiga jenis kolase: grid, template, dan freestyle. Pic Collage tersedia untuk PC dan mampu mengedit foto dengan menambahkan teks, stiker, coretan, dan bahkan mengambil gambar dari pencarian web yang ada di aplikasi ini.

Yang menarik yaitu kamu mampu menciptakan kolase dengan memakai hingga 30 gambar. Kamu bisa menambahkan efek, duplikat, klip gambar, dan mengubah latar belakang masing-masing gambar. Kabar baiknya, Pic Collage tidak menambahkan watermark di hasil kolasenya.

Pic Collage memiliki semua yang kamu butuhkan untuk menciptakan kolase yang menakjubkan. Gunakan fitur pencarian web untuk menemukan foto yang tepat untuk ditambahkan pada kreasimu, berbagi hasil kolase di media umum, atau cetak hasil kolase untuk disimpan di rumah.

6. Fotor Photo Editor

Fotor Photo Editor

* sumber: www.fotor.com

Fotor Photo Editor merupakan aplikasi untuk mendesain dan mengedit secara online yang gratis. Aplikasi ini melayani kebutuhan fotografi dan kreasi gambar yang kau perlukan. Bagi kau yang memerlukan alat pengeditan foto, imbas, retouch foto, dan bahkan strategi sosmed, aplikasi ini pilihan yang cantik.

Aplikasi ini bahkan menunjukkan beauty retouch dan peningkatan HDR untuk gambar yang kau miliki, di samping template untuk membantu proses. Aplikasi untuk mendesain dan mengedit online ini mampu dipakai di komputer Windows atau Mac dan dapat ditemukan di situs web resmi.

Aplikasi ini memungkinkan kau untuk mengubah batas dari warna solid ke latar. Meskipun foto-foto memang diubah ukurannya secara otomatis, tapi bila kamu mengubah template-nya, foto tersebut akan kehilangan beberapa hal. Contohnya kamu jadi tidak bisa mengubah batas atau ukuran gambar.

7. BeFunky

BeFunky

* sumber: apkpure.com

BeFunky merupakan ruang pengeditan foto serta desain grafis. Aplikasi ini menciptakan kedua kegiatan tersebut lebih mudah untuk dilakukan oleh setiap orang yang ingin memulai melakukan pengeditan yang gampang dan menyenangkan.

Aplikasi ini mempunyai puluhan tutorial, pemrosesan batch untuk mengedit beberapa file sekaligus, vektor, grafik, template yang menarik dengan teks dan bahkan memiliki kemampuan untuk merancang wallpaper ponsel kamu sendiri,

BeFunky merupakan aplikasi pesaing yang cukup berpengaruh untuk pasar kolase foto. Kalau kau ingin men-download aplikasi editor foto online ini untuk komputer Windows atau Mac, kau dapat menemukannya di situs web resmi mereka.

8. PhotoPad

PhotoPad

* sumber: www.amazon.in

PhotoPad yang memiliki ukuran kurang dari 2 MB menggabungkan teknologi pembuat kolase dengan tugas-peran pengeditan foto lainnya. Mengklik opsi kolase akan membuka jendela terpisah yang menampung semua fungsi yang berhubungan dengan kolase.

Kamu mampu menambahkan gambar secara manual sesuai dengan grid atau memilih fitur grid secara otomatis untuk menambah koleksi gambar tanpa batas. Kamu mampu mencoba menambahkan 50+ gambar dan kolase foto tetap akan tetap mampu dibentuk tanpa harus mengalami penundaan.

Ketika melaksanakan pengeditan, walaupun kau bisa memilih orientasi dan ukuran kolase, kamu tidak dapat memutuskan ukuran khusus. Latar belakang mampu diatur ke warna solid, gambar khusus, atau ke latar belakang yang tersedia.

9. PhotoScape X

PhotoScape X

* sumber: www.malavida.com

Perangkat lunak ini sangat gampang digunakan dan mampu melakukan semua tugas pengeditan foto termasuk kemampuannya untuk membuat kolase foto. Aplikasi ini memberikan dua jenis kolase – manual dan otomatis.. Yang pertama bernama Collage sementara yang kedua disebut Combine.

Untuk menciptakan kolase, kau mampu melampirkan sampai 11 foto dalam satu bingkai. Kamu akan menerima banyak sekali jenis bingkai yang ada di sidebar kanan. Pilih bingkai yang kamu sukai dan tambahkan foto. Menariknya, kalau kamu mengubah bingkai, foto akan menyesuaikan secara otomatis.

10. Google Photos

Google Photos

* sumber: www.techradar.com

Jika kamu ingin mem-back up dan menyimpan foto dan video milikmu, salah satu opsi terbaik yang mampu kamu pilih yakni mengunggahnya ke Google Photos, yang merupakan opsi penyimpanan cloud. Aplikasi ini mampu digunakan untuk Android, iPhone, Mac, tablet, atau PC Windows, sebab terbuka untuk semua platform.

Bagi kamu yang suka kolase dan terganggu dengan efek dan goresan pena, pilihan terbaik yakni Google Photos karena aplikasi ini dapat melakukannya dengan cepat. Kamu tak perlu mengunduh apapun selama kau masih punya akun dan koleksi foto yang higienis.

Mulailah membuat projek baru, pilihlah foto-fotomu dan tunggu Google untuk menciptakan output-nya. Untuk mengedit, kamu hanya mampu merubah warna dan orientasi grid. Mungkin ini merupakan produk yang sederhana tapi kau akan menerima foto yang higienis dan menarik.

Bagaimana? Praktis bukan? Semua aplikasi yang dibahas di atas menawarkan semua akomodasi bagimu untuk menciptakan kolase foto yang unik dan menarik. Setelah membaca bahasan mengenai 10 aplikasi tersebut, mana menurutmu aplikasi photo collage yang paling mudah digunakan?

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online