10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik Di Android Dan Ios

Ketika berada di keramaian atau pun di dalam ruangan, sering kali kita mendengar beberapa lagu yang diputar. Entah itu melalui smartphone, televisi, radio dan media lainnya. Saat Anda tertarik dengan lagu tersebut karena terkesan dengan liriknya, atau sebab lagunya easy listening, niscaya menciptakan diri ingin tau mencari tahu judul dan penyanyi lagu itu, kan?

Cukup menyebalkan bila lagu yang dimaksud tak kunjung ketemu. Nadanya stuck di otak, tapi kita tak pernah tahu lagu siapa itu. Akhirnya malah jadi rasa penasaran yang berkepanjangan, deh. Untungnya, di abad digital yang semakin canggih ini terdapat beragam aplikasi yang mendukung untuk menemukan lagu.

Anda dapat mencari lagu-lagu dengan gampang hanya melalui aplikasi yang terdapat pada smartphone. Anda bisa memperoleh isu lengkap dengan cepat dan akurat mulai dari judul, nama dan biografi penyanyi, sampai track atau pun lirik lagu yang dimaksud.

Dengan memakai beberapa aplikasi pendeteksi lagu ini, Anda cukup mendekatkan smartphone pada sumber lagu, menulis sepenggal lirik yang teringat, atau bahkan berdehem menyanyikan melodi lagunya, mau itu lagu lokal atau pun ajaib.

Terlebih, secara keseluruhan, aplikasi pendeteksi lagu dirancang ringan dan mampu diperoleh secara gratis. Berikut adalah beberapa aplikasi pendeteksi lagu yang bisa Anda gunakan melalui smartphone dari Carisinyal.

1. Shazam

Jika aplikasi pendeteksi lagu lain secara umum dapat diperoleh di Android, Shazam yang telah diunduh lebih dari 100 juta orang ini mampu digunakan melalui Android, Mac, Windows maupun IOS. Lebih serba guna dan pengertian, ya? Padahal, aplikasi yang dirilis pada tahun 2002 ini dikembangkan oleh Apple Inc., loh.

Yang disukai dari Shazam yaitu ukurannya yang kompatibel, serta cara penggunaan yang cukup gampang. Hanya dengan mendekatkan smartphone ke sumber bunyi, Anda bisa mencari lagu dalam keadaan online atau pun offline!

Sejauh ini, Shazam dikenal cukup baik dalam mendeteksi lagu secara otomatis mau itu lagu lokal atau pun abnormal. Infomasi mulai dari judul, penyanyi, bahkan background lagu yang Anda cari akan ditampilkan.

Shazam juga menjadi salah patokan chart selain YouTube, Apple Music dan Spotify ketika lagu gres keluar. Setiap kali orang mencari tahu wacana lagu tersebut akan dimasukkan ke grafik, contohnya “Song ‘Inner Child’ by BTS Taehyung is heating up on the Shazam charts right now”. Tertarik menggunakan aplikasi ini? Klik link ini untuk Android dan link ini untuk iOS.

2. SoundHound

Aplikasi pendeteksi lagu yang dirilis pada tahun 2005 milik SoundHound Inc. ini telah dipakai lebih dari 100 juta orang. Aplikasi asal Amerika yang mempunyai nama serupa dengan pengembangnya, SoundHound, didesain sangat kompatibel dari ukuran maupun sistem operasi.

Selain dikenal akurat dan cepat dalam mendeteksi lagu, user mampu memakai aplikasi ini untuk mencari berita terkait lagu yang dicari hanya dengan cuilan lirik yang teringat saja, walaupun itu acak. Dapatkan aplikasinya di sini.

3. Musixmatch

Aplikasi Musix Match diciptakan oleh pengembang asal Italia dengan nama yang serupa dan dirilis pada tahun 2010. Musixmatch menghadirkan aplikasi pendeteksi lagu dengan ukuran yang bervariasi dan mampu diperoleh pada sistem operasi iOS, Windows, maupun Android 4.1 ke atas. Aplikasi Musix Match juga dikenal luas dapat ditemukan di platform musik, seperti Joox atau Spotify.

Aplikasi ini mampu mendeteksi lagu dan menampilkan berita seputar lagu, penyanyi, bahkan juga liriknya sekaligus. Selain itu, Musix Match juga mengusung user interface yang ringan dan menarik, sehingga sangat pantas kalau aplikasi pendeteksi lagu tersebut telah diunduh lebih dari 50 juta orang.

4. Genius

Selain memiliki website dan sering kali muncul di beberapa platform musik, Genius Media Group, Inc juga merilis aplikasi pendeteksi lagu dengan nama yang sama, adalah Genius. Aplikasi besutan perusahaan asal Amerika yang rilis pada tahun 2009 ini sangat kompatibel, mulai dari ukuran hingga sistem operasi alasannya adalah mampu menyesuaikan.

Genius selalu mengusung user interface yang ringan dan cepat namun tetap menarik. Aplikasi pendeteksi lagu ini juga mampu mencari berita terkait lagu maupun penyanyi dengan dilengkapi video musik atau lagu yang dirilis secara resmi. Sehingga, dapat langsung Anda dengarkan sehabis lagu yang dicari tamat dideteksi. Makara, masuk akal saja bila aplikasi Genius ini sudah diunduh lebih dari 5 juta orang.

Jika Anda tertarik dan ingin mendeteksi lagu favorit Anda, bisa langsung unduh aplikasinya secara gratis di Android melalui link ini dan iOS di link ini.

5. Music Recognition

Music Recognition sedikit berbeda dari aplikasi pendeteksi lagu yang lain. Aplikasi yang diproduksi oleh Beatfind Music Recognition ini tidak hanya mendeteksi judul dan biografi penyanyi, tapi juga track lainnya dari penyanyi tersebut. Aplikasi yang dirancang ringan dengan ukuran 3.2 MB ini cukup mudah digunakan dan dapat menemukan lagu dengan cepat.

Jadi, pantas saja kalau Music Recognition telah diunduh oleh lebih dari 1 juta orang. Apa jika Anda ingin memperolehnya, aplikasi ini mampu ditemukan pada smartphone yang mendukung sistem operasi Android 4.2 ke atas. Tenang saja, aplikasi ini gratis, kok! Unduh di sini.

6. HOUND Voice Search & Assistant

Sukses diunduh lebih dari 1 juta orang, HOUND Voice Search & Assistant yang dikembangkan oleh SoundHound Inc. ini mengusung user interface yang menarik. Selain itu, aplikasi pendeteksi lagu yang mempunyai ukuran 38 MB ini memakai cara kerja yang seperti dengan Google Assistant maupun Siri dalam mendekteksi lagu.

Perbedaannya, HOUND tidak sekedar mencari berita seputar judul atau penyanyinya saja, tapi juga memberi kebebasan pengguna untuk menuliskan biografi atau sosok dari penyanyi yang sedang dicari. Aplikasi HOUND Voice Search & Assistant dapat Anda peroleh melalui smartphone yang mendukung sistem operasi Android 5.0 ke atas, unduh di sini. Untuk pengguna iPhone, bisa dapatkan aplikasinya di sini.

7. MusicID

Gravity Mobile, Inc memproduksi aplikasi pendeteksi lagu berjulukan MusicID yang ukurannya hanya 33 MB saja. Dengan menggunakan aplikasi MusicID yang telah dipakai 500 ribu orang ini, Anda bisa mengetahui judul lagu yang ingin dicari tahu, lengkap dengan nama penyanyinya.

Aplikasi MusicID yang dapat Anda unduh dengan smartphone pengguna sistem operasi Android 4.4 ke atas ini sudah didukung dengan fitur explore yang  memudahkan Anda untuk mencari tahu info lebih lengkap mengenai penyanyi maupun lagu tersebut. Caranya cukup mudah, hanya dengan mendekatkan smartphone ke sumber suara dan tunggu sampai alhasil keluar.

8. Music Detector

Dirancang oleh Music Recognition App sebagai aplikasi pendeteksi lagu yang ringan, aplikasi yang berukuran 7.2 MB ini sangat cepat dan akurat dalam mendeteksi lagu yang diperdengarkan dari sumber apa pun.

Music Detector disebut-sebut bisa menampilkan isu terkait judul maupun penyanyi dari lagu yang dicari dalam hitungan detik. Sebanyak lebih dari 500 ribu orang sudah mencobanya! Aplikasi Music Detector ini dapat diperoleh pada smartphone dengan sistem operasi Android 4.2 ke atas.

9. Google Assistant

Seperti yang sudah diketahui secara umum, Google Assistant dikembangkan oleh Google. Aplikasi yang dirilis pada tahun 2016 ini memberi banyak pemberian bagi penggunanya, tidak terkecuali mendeteksi lagu. Cukup dengan bertanya pada Google Assistant dan dengarkan cuplikan lagu yang dicari, maka isu yang Anda harapkan mengenai judul atau pun penyanyi akan tampil.

Selain itu juga, Google Assistant akan menghubungkan link menuju platform musik atau pun YouTube semoga lagu tersebut dapat pribadi Anda dengarkan dengan gampang. Google Assistant lebih versatile dari Siri alasannya Google ada di semua ponsel Android, sedangkan Siri hanya ada di iPhone saja.

10. Siri

Jika aplikasi pendeteksi lagu lainnya dikembangkan oleh beragam developer, Siri merupakan aplikasi bawaan bagi pengguna IOS sejak tahun 2011. Siri juga mampu dimanfaatkan untuk mencari isu seputar lagu, mau itu judul atau pun penyanyinya.

Cara menggunakannya cukup gampang, hanya dengan bertanya pada Siri menggunakan bahasa Inggris, seperti “Siri, what song is this?”, nanti Siri akan mendengarkan sedikit cuplikan lagu yang dimaksud.

Jika sudah ditemukan, Siri akan menampilan isu lengkap mengenai lagu tersebut dan link yang mampu menghubungkan Anda dengan Apple Music. Sehingga, Anda dapat eksklusif membeli dan menikmati lagu tersebut tanpa harus mencari ulang lagi.

Jadi, kini Anda tidak perlu pusing lagi mengidentifikasi lagu favoritmu. Kesepuluh aplikasi tadi siap membantu mencari info seputar lagu apapun yang ingin diketahui. Pernah mencoba salah satu aplikasinya? Atau, gundah caranya mengetahui judul lagu? Jika ingin tahu, bisa baca artikel ini.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online