10 Aplikasi Pemutar Musik Terbaik Untuk Pc Dan Laptop

Musik sudah menjadi bab dari keseharian kita. Iringan lagu selalu menemani setiap kegiatan kita dari mulai mencar ilmu sampai bekerja. Jika dulu orang mendengarkan lagu hanya dari radio, walkman, CD player atau radio tape, sekarang ini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik tanpa harus memakai media-media tersebut.

Seiring kemajuan teknologi, alat pemutar musik sekarang bisa dipasang di PC, laptop atau ponsel bakir. Sekarang ini sudah banyak aplikasi pemutar musik untuk PC, sesuatu yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh media lama. Berikut ini adalah kumpulan aplikasi pemutar musik PC yang mampu kau pilih, termasuk di antaranya layanan streaming musik terkenal.

1. VLC

VLC

* sumber: www.youtube.com

Aplikasi ini lebih dikenal untuk memainkan film atau acara TV. VLC merupakan salah satu pemutar media terbaik untuk Windows 10 pada tahun 2019. Perangkat lunak ini juga memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan orang akan musik.

Dengan VLC, pengguna mampu dengan mudah menciptakan playlist dari koleksi musik yang ada di PC dan memainkannya. Aplikasi ini juga menyediakan sejumlah layanan radio online yang dapat diakses dengan mudah oleh pengguna.

VLC sudah dikenal mempunyai equaliser atau penyeimbang bunyi bawaan dilengkapi dengan fitur manajemen audio canggih lainnya. Alasan orang menyukai VLC yakni alasannya aplikasi ini mampu memutar hampir setiap format audio dan video yang ada.

Ketersediaan aplikasi untuk hampir semua platform populer menciptakan VLC jadi salah satu perangkat lunak pemutar musik gratis terbaik. Platform yang mendukung VLC di antaranya Windows, macOS, Linux, Android, Chrome OS, Apple TV, Windows Phone.

2. Spotify

Spotify

* sumber: websetnet.net

Mungkin Spotify merupakan layanan musik streaming paling terkenal untuk ketika ini, dan sekarang aplikasi ini juga tersedia melalui Microsoft Store. Spotify merupakan aplikasi desktop yang sama seperti yang lainnya, dengan pelengkap bonus update tanpa batas melalui Store.

Jika pengguna akan memakai Spotify, maka lebih baik untuk mendapatkan aplikasi tersebut dari Store. Pengguna tidak hanya akan mendapatkan terusan ke katalog konten Spotify yang banyak, tapi pengguna juga mampu menggunakannya untuk memutar konten yang disimpan secara lokal.

Aplikasi Spotify sendiri benar-benar gratis untuk digunakan. Namun, jika pengguna ingin terbebas dari iklan yang selalu muncul berulang-ulang, pilihlah edisi premium dengan membayar biaya yang sudah ditentukan jumlahnya.

3. MusicBee

MusicBee

* sumber: www.head-fi.org

MusicBee merupakan aplikasi pemutar musik gratis yang dibuat untuk pecinta musik yang serius. Aplikasi ini juga memperlihatkan banyak fitur yang diharapkan untuk mengelola dan menikmati koleksi musik seberapa besar pun jumlahnya. Bahkan perpustakaan musiknya mampu memuat hingga 500.000 lagu.

Aplikasi pemutar musik gratis ini dirancang untuk memaksimalkan perangkat keras PC pengguna, termasuk top-end soundcard dan pengaturan surround-sound, dengan upmixing untuk bunyi stereo. Pemutaran berkelanjutan menghilangkan jeda di antara trek.

Pemutar musik gratis ini mendukung hampir semua format audio yang ada dan mengonversi file ialah kemudahan yang ditawarkan aplikasi ini, dengan preset untuk perangkat pemutaran yang berbeda. Namun, untuk encoding MP3 pengguna harus mengunduh codec LAME.

Jika semua itu belum cukup, tersedia aplikasi Android untuk mengendalikan MusicBee dari jarak jauh, dan pemberian untuk plugin WinAmp. Pengguna tidak akan menemukan pemutar musik gratis yang lebih komprehensif, dan meskipun bukan open source, aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk digunakan.

4. Foobar2000

Foobar2000

* sumber: download.komputerswiat.pl

Tidak diragukan lagi jikalau Foobar2000 merupakan perangkat lunak pemutar musik untuk para penggemar sejati. Aplikasi ini merupakan pemutar musik canggih yang bekerja dengan baik di aneka macam platform dan telah dibentuk dengan lengkap. Foobar2000 juga yakni aplikasi yang berlisensi gratis.

Foobar2000 mendukung sejumlah besar format audio, termasuk beberapa tipe format yang sangat tidak terang. Layout Foobar2000 mampu dimodifikasi, yang berarti mampu diubahsuaikan dengan selera penggunanya. Bahkan Foobar2000 mendukung plugin pihak ketiga untuk memperluas kemampuannya

Salah satu plugin pihak ketiga tersebut yaitu scrobbler musik LastFM. Tak diragukan lagi jikalau aplikasi ini memang mempunyai fungsi yang lebih banyak dan jika pengguna tidak menyukai tampilan default yang sederhana, mereka bisa dengan mudah mengubah warna atau mengunduh skin baru.

5. MediaMonkey

MediaMonkey

* sumber: www.softpedia.com

MediaMonkey merupakan perangkat lunak pemutar musik gratis lainnya yang mampu membantu pengguna membereskan koleksi musik yang kacau. Ketika melihat penampilannya untuk pertama kali, aplikasi ini telihat seperti versi WMP yang didesain ulang tapi dengan fitur jauh lebih banyak.

Selain mendukung banyak sekali format audio, MediaMonekey juga mampu secara otomatis menandai file audio, membantu pengguna menyinkronkan file dengan perangkat juga streaming audio melalui network pengguna.

Selain itu, MediaMonkey juga mampu menkopi CD dan memindahkannya ke dalam DVD dan CD, mengonversi format audio, mengelola volume secara otomatis, dan masih banyak lagi. Pemutar audio untuk Windows ini mempunyai jukebox khusus yang dapat memutar koleksi lagu pilihan pengguna.

Umumnya MediaMonkey merupakan aplikasi musik untuk Windows, tapi juga tersedia dalam bentuk aplikasi Android dan iOS yang bertindak sebagai remote control nirkabel. Tersedia versi premium untuk pemutar musik gratis ini yang bernama MediaMonkey Gold yang dilengkapi dengan fitur komplemen.

6. AIMP

AIMP

* sumber: twodarkspirals.wordpress.com

AIMP, seperti semua pemutar musik gratis terbaik, membuat pengorganisasian lagu menjadi sangat gampang. Aplikasi ini bisa membantu pengguna bahkan jika koleksi musik mereka terdiri dari berbagai jenis trek dengan berbagai format dan lokasi, dengan metadata yang tidak lengkap atau hilang.

Perpustakaan AIMP dapat dibuat memakai file dari banyak direktori dan hasil penyalinan dari CD, dengan penomoran trek otomatis dan pengisian tag untuk membantu pengguna menerima perpustakaan yang lebih baik. AIMP mendukung sejumlah besar format, dan enkoder pelengkap tersedia sebagai add-on.

Sebagian besar ekstensi pemutar musik adalah visualisasi perhiasan dan skin yang, meskipun keren, kegunaan praktisnya sedikit. Sebaliknya, plugin AIMP meliputi beberapa fungsi kasatmata. Yang menjadi sorotannya ialah ekstensi YouTube.

Ekstensi YouTube ini memungkinkan pengguna menciptakan playlist dari banyak video, add-on untuk streaming musik dari SoundCloud, dan ekstensi untuk mengontrol pemutar dari jarak jauh. Aplikasi ini juga dilengkapi beberapa perangkat bawaan yang tidak biasa.

Beberapa di antara perangkat itu, termasuk fungsi jam alarm yang mulai diputar pada waktu tertentu, pengaturan wind-down yang mematikan PC di selesai playlist, dan penghilang suara untuk membuat trek karaoke sendiri.

7. Clementine

Clementine

* sumber: www.filecroco.com

Clementine merupakan aplikasi pemutar musik yang komprehensif yang mendukung radio musik internet dalam antarmuka yang mudah dan nyaman yang terinspirasi oleh aplikasi pemutar musik usang, Amarok.

Bahkan aplikasi ini memungkinkan pemutaran musik yang telah diunggah oleh pengguna ke layanan cloud mirip Dropbox, Google, OneDrive, dan Box. Jika pengguna memiliki perpustakaan yang kacau tanpa tag, sumbangan bawaan untuk layanan penandaan MusicBrainz memudahkan mengatur semuanya.

Selain itu, aplikasi ini juga mendukung untuk mencari dan mengunduh podcast secara lokal. Clementine merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang suka menciptakan podcast mingguan dan menikmati banyak stasiun radio internet.

8. Dopamine

Dopamine

* sumber: www.neowin.net

Dopamine merupakan aplikasi pemutar audio open-source untuk Windows. Aplikasi ini terlihat mirip aplikasi UWP buatan Microsoft, yang berbeda dengan kenyataannya alasannya adalah aplikasi ini tidak dibuat oleh Microsoft dan juga tidak tersedia di Store.

Setelah final melakukan instalasi Dopamine yang cepat tersebut, apa yang akan dilihat dan dirasakan pengguna sudah cukup untuk menempatkan aplikasi ini di antara aplikasi pemutar musik terbaik dan gratis lainnya.

Dopamine mendukung sejumlah besar format audio, termasuk MP4, OGG, WMA, M4A, FLAC, AAC, APE, WAV, dan OPUS. Aplikasi pemutar musik ini mungkin sedikit ketinggalan dalam hal set fitur, tapi pengguna dapat memanfaatkan aneka macam hal mirip penandaan meta otomatis.

Aplikasi ini juga bisa menampilkan lirik secara real-time, scrobbling last.fm, dan lain-lain. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Dopamine mengharuskan pengguna untuk menjalankan Windows 10 di komputer mereka.

9. Groove Music

Groove Music

* sumber: www.windowscentral.com

Groove Music mengalami peluncuran yang tak begitu mulus, yang agak setengah hati menggantikan Windows Media Player, tapi peningkatan santunan dari waktu ke waktu telah mengubah aplikasi musik yang sederhana dan intuitif ini menjadi perangkat lunak yang patut dipertimbangkan.

Aplikasi ini mendukung unduhan di hingga empat perangkat dan mampu menyinkronkan musik antara iOS, Windows, Android, dan Xbox, yang menciptakan pengguna bisa mendengarkan musik di mana pun mereka inginkan.

Untuk pengguna yang menyimpan sebagian besar musik mereka di OneDrive atau di komputer Windows mereka dan tidak melakukan terlalu banyak hal kecuali memainkan musik tersebut, maka Musik Groove layak untuk dicoba. Tertarik untuk mencobanya?

10. Windows Media Player

Windows Media Player

* sumber: www.freewarefiles.com

WMP masih menjadikannya salah satu perangkat lunak pemutar audio terbaik dan gratis untuk OS Windows, bahkan pada Windows 10 dikarenakan kesederhanaan dan akomodasi penggunaan yang ditawarkan. Jika tidak menyukai tampilan default aplikasi ini, ada banyak skin kustom untuk WMP.

Aplikasi ini mendukung banyak sekali format file audio, dan WMP juga mampu memainkan beberapa format video dan format gambar. Pengguna mampu mengelola perpustakaan lagu mereka secara efisien, membuat playlist, meng-copy musik, memasukkan koleksi musik pada CD atau DVD.

Pemutar musik gratis ini juga bisa mengimpor metadata dari internet. Pengguna bisa menyinkronkan perpustakaan musik mereka dengan banyak sekali jenis perangkat portabel memakai Windows Media Player. Dan seperti halnya iTunes, WMP juga memungkinkan pengguna untuk mengembangkan perpustakaan dengan orang lain.

Bagi kamu penyuka musik, tak ada hari tanpa mendengarkan musik. Musik melengkapi kegiatanmu sehari-hari. Daftar aplikasi pemutar musik untuk PC tadi bisa menjadi rujukan untuk kau yang masih mencari aplikasi yang tepat dan pas untuk PC-mu.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online