10 Aplikasi Pembuat Cover Buku Agar Jadi Lebih Menarik

Hal pertama yang banyak diperhatikan oleh para pembaca potensial saat melihat sebuah buku bukan tulisannya, melainkan cover atau sampulnya. Sayangnya, sampul buku bukanlah bab dari buku yang kita tidak punya andil dalam pembuatannya. Tujuan utama sampul buku ialah untuk meyakinkan pembaca potensial untuk melirik buku yang dilihatnya.

Karenanya, membuat sampul buku yang anggun menjadi sebuah kebutuhan penting. Kebanyakan penulis jarang mempunyai kemampuan desain grafis sehingga rancang sampul akan diserahkan pada penerbit. Namun, sekarang terdapat beberapa aplikasi untuk membuat sampul buku. Jika kamu berniat menerbitkan buku sendiri dan gundah membuat sampulnya, cobalah beberapa aplikasi berikut ini.

1. Canva

Canva

* sumber: simonkjones.com

Canva merupakan aplikasi pembuat sampul buku gratis yang bisa kau jadikan pilihan. Aplikasi web ini menawarkan fasilitas kepada para penggunanya.

Aplikasi ini menawarkan berbagai macam pilihan templat sampul dan stok foto. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan satu klik saja. Kamu mampu memilih templat yang kamu inginkan dan menyesuaikan tiap templat sampul dengan font, gambar dan aset lain yang menjadi milikmu.

Yang terbaik dari Canva ialah pilihan yang disediakan dalam nuansa kontemporer dan akan menghasilkan sampul buku yang modern dan segar. Sayangnya, bila kamu menentukan templat yang sudah jadi, sampul bukumu akan sama dengan kebanyakan sampul lainnya. Makara pastikan untuk memodifikasinya.

2. PosterMyWall

PosterMyWall

* sumber: the-digital-reader.com

In yaitu aplikasi yang yang menyediakan templat sampul buku yang mampu disesuaikan dengan selera dan cita-cita pengguna dengan gampang. Yang terbaik dari PosterMyWall adalah aplikasi ini terhubung dengan Getty Images, Flickr, dan Pixabay.

Dengan terhubung ke situs sumber gambar, membuat kamu punya banyak pilihan ketika memilih sebuah gambar, mirip gambar buah-buahan, matahari terbenam, atau bangunan keren hanya cukup dengan satu klik saja.

Kamu juga mampu melihat syarat atau ketentuan untuk penggunaan gambar, jadi kau langsung tahu kalau ada batasan. Untuk mendapatkan unduhan gratis, kamu akan diberikan gambar dalam resolusi kecil, atau untuk versi berkualitas tinggi, kau harus membayar sekitar 2-5 dolar Amerika.

Kekurangan dari Poster My Wall yaitu kualitas sampul cenderung bervariasi alasannya aplikasi ini memungkinkan orang untuk membuat templat sampul buku untuk dipakai orang lain. Kamu harus menyaring dari beberapa desain amatir dan membayarnya meskipun harganya sangat murah.

3. Affinity Photo

Affinity Photo

* sumber: affinity.serif.com

Jika kamu tak punya aplikasi Photoshop untuk membuat desain sampul, Affinity Photo mungkin mampu jadi solusi tepat. Aplikasi ini memiliki hampir semua fitur yang mirip seperti Photoshop, dan, bila kau punya kemampuan dalam memakai Photoshop, kamu juga bisa mempraktekkannya dengan aplikasi ini.

Kelemahan dari aplikasi ini ada dua, ialah lebih sulit untuk memahami pada awalnya jika kamu sudah terbiasa dengan Photoshop, dan aplikasi ini tidak mengizinkan untuk ‘smart objects’. Artinya bahwa menciptakan maket 3D buku bisa jadi sangat sulit.

Kamu masih bisa membuat gambar 3D sendiri, tapi akan membuat lebih banyak pekerjaan daripada sekadar mengganti gambar templat sampul untuk kau sendiri. Sisi positifnya, aplikasi ini jauh lebih murah untuk penggunaan waktu yang lebih panjang.

4. Blurb BookWright

Blurb BookWright

* sumber: www.youtube.com

Blurb BookWright mudah dipakai sehingga memungkinkan siapa saja untuk menerbitkan buku, foto, majalah, dan novel khusus dalam format cetak atau e-book. Sebagai bonusnya, aplikasi ini sudah menyertakan nomor ISBN gratis.

Dengan aplikasi BookWright, kamu sebagai penulis bisa merancang dan menerbitkan buku cetak dan e-book dari file yang sama, pada dikala yang sama, semuanya di satu tempat. Aplikasi ini merupakan satu-satunya aplikasi gratis yang memungkinkan hal ini, memberi pengguna nilai dan fleksibilitas desain.

Tersedia juga plugin untuk Adobe Lightroom, Adobe InDesign, dan aplikasi untuk iPhone dan iPad. Plugin ini memungkinkan kau untuk mengakses dan menyunting templat sampul buku kosong di berbagai program dan perangkat.

Kelebihan dari aplikasi ini selain gratis dan intuitif untuk dipakai, juga bisa dihubungkan dengan lancar ke distribusi Amazon. Dalam waktu yang tak lama, kamu bisa membuat buku cetak atau e-book dan mulai menjualnya di Amazon.

5. GIMP

GIMP

* sumber: www.youtube.com

GIMP yakni akronim dari GNU Image Manipulation Program atau Program Manipulasi Gambar GNU. Aplikasi ini merupakan penyunting gambar lintas platform yang tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Yang paling penting adalah aplikasi ini sepenuhnya gratis.

Sebagai pengguna, kamu mampu mengubah instruksi sumber dan bahkan mendistribusikan versi ‘diperbarui’ milikmu sesudahnya. Itu berarti banyak orang sudah membuatkan plugin yang mampu kau manfaatkan, yang juga gratis.

Aplikasi ini merupakan kit yang sangat profesional, tapi bukan yang paling intuitif untuk dipakai dikarenakan aplikasi ini merupakan open source dan tidak komersial seperti pilihan lain. Kemungkinan kamu akan susah menemukan tutorialnya di YouTube.

6. PlaceIt

PlaceIt

* sumber: blog.placeit.net

Meskipun tidak secantik Canva, tapi PlaceIt menawarkan bermacam-macam pilihan templat sampul buku dengan alat yang bisa diubahsuaikan yang bisa membuatnya terlihat menonjol. Fitur terbaik aplikasi web ini ialah kau bisa memilih templat menurut genre buku yang kamu buat.

Fitur ini memberimu cara terbaik untuk memilih arah yang tepat biar sampul bukumu bisa jadi alat pemasaran yang layak. PlaceIt juga memiliki perpustakaan foto cetakan, grafik, dan ilustrasi jadi kamu bisa menerima gambar untuk sampul buku tanpa harus mencarinya di luar situs.

7. Shutterstock Editor

Shutterstock Editor

* sumber: www.marismith.com

Shutterstock Editor merupakan aplikasi tata letak untuk beragam penggunaan, sehingga memungkinkan kamu untuk menciptakan konten yang tampak profesional untuk buku cetak dan buku online. Shutterstock Editor sangat anggun untuk desainer sampul buku pemula atau penulis yang menerbitkan buku sendiri.

Editor Shutterstock memungkinkan kau untuk menentukan jutaan gambar dari perpustakaan Shutterstock dan menyesuaikan tipografi dan warna untuk menghasilkan sampul buku yang benar-benar unik dan menarik. Selain itu, ada juga templat bawaan untuk membuat berbagai media, termasuk sampul buku elektronik.

Dibandingkan dengan aplikasi pembuat sampul lainnya, seperti Affinity Publisher, InDesign, dan QuarkXPress, Shutter Editor jauh lebih intuitif dan gampang digunakan untuk pemula. Aplikasi ini juga dihosting secara online dan juga sepenuhnya gratis untuk digunakan.

8. Photoshop

Photoshop

* sumber: helpx.adobe.com

Saat memikirkan aplikasi desain grafis, orang-orang akan langsung terpikir Photoshop sebagai salah satu aplikasi terbaik untuk merancang sampul buku. Photoshop yaitu aplikasi yang sangat anggun untuk membuat apa saja, khususnya jikalau digabungkan dengan aplikasi lain di Adobe Creative Cloud suite.

Aplikasi ini tidak terlalu sulit untuk digunakan, yang mungkin cukup mengejutkan, mengingat pada dasarnya aplikasi ini merupakan standar industri. Kamu bisa memodifikasi gambar, memotong bagian-bagiannya, menggabungkan semuanya, dan menggunakan bermacam-macam font.

9. Lulu

Lulu

* sumber: merlinvan.blogspot.com

Dahulu, para pengguna Lulu harus mengunggah desain buku mereka sebagai file PDF pra-desain. Namun, Cover Wizard Lulu yang baru memungkinkan pengguna untuk membuat desain sampul buku sendiri melalui situs dengan memilih dari aneka macam tema yang dimuat sebelumnya.

Desainer bisa menghasilkan sampul yang lebih unik dengan memakai gambar sendiri. Cover Wizard diarahkan untuk menghasilkan sampul yang layak untuk buku elektronika dan buku cetak. Tetapi, kekurangannya, fleksibilitas pada wizard yang bisa sedikit membatasi penciptaan sampul buku yang kreatif.

10. QuarkXPress

QuarkXPress

* sumber: produto.mercadolivre.com.br

Aplikasi ini merupakan acara penerbitan yang orisinil. Quark XPress memiliki pengikut setia di antara desainer cetak alasannya dapat diandalkan dan tidak perlu berlangganan. Jika seorang desainer sudah pernah memakai Adobe InDesign, mungkin mereka akan lebih suka QuarkXpress.

QuarkXPress masih merupakan pilihan aplikasi yang solid untuk merancang tata letak dan sampul interior. Dengan pembaruan terkini, aplikasi ini memberikan lebih banyak fungsi untuk mendesain eBook, eMagazine, dan konten untuk web.

Kaprikornus, jikalau kau menetapkan untuk membuat buku dan menerbitkannya sendiri, ada aplikasi yang mampu membantumu membuat sampul. Sampul yang menarik merupakan salah satu alat pemasaran biar bukumu dilirik banyak pembaca.

About Faisal Pratama
Hanya Tukang Tulis Online